Kacang Merah, Makanan Kaya Serat dengan Beragam Manfaat

0
144
Beans Close Up Colors 1313643
Beans Close Up Colors 1313643

SPESIAL.NET – Kacang Merah, Makanan Kaya Serat dengan Beragam Manfaat. Kacang merah merupakan sumber makanan yang kaya akan kandungan serat, folat, magnesium, fosfor, zinc, dan kalium. Menurut penelitian North Dakot State University Extension, mengonsumsi kacang, termasuk kacang merah, dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Kacang merah juga diketahui dapat membantu mengurangi berat badan karena kandungan serat dan proteinnya yang tinggi.

Serat dan Penurunan Berat Badan

Menurut Journal of Nutrition pada tahun 2009, wanita yang mengonsumsi lebih banyak serat lebih kecil kemungkinannya menambah berat badan dibandingkan mereka yang mengonsumsi lebih sedikit serat. Makanan kaya serat memiliki kepadatan energi yang rendah, sehingga memakan banyak ruang di perut Anda tanpa memberikan banyak kalori. Makanan yang mengandung serat larut juga memperlambat pengosongan perut Anda, sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama. Satu mangkuk kacang merah mengandung 16,5 gram serat atau memenuhi sekitar 66% kebutuhan serat harian Anda.

Protein dan Penurunan Berat Badan

Kacang merah juga merupakan sumber protein yang baik. Satu mangkuk kacang merah mengandung sekitar 16,2 gram protein. Protein merupakan nutrisi yang lebih mengenyangkan ketimbang karbohidrat atau lemak. Mengonsumsi makanan kaya protein, seperti kacang merah, dapat membantu Anda makan lebih sedikit sepanjang hari sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.

Kacang Merah Untuk Menurunkan Berat Badan

BACA JUGA:  Slow-Carb Diet, Metode Diet yang Dapat Menurunkan Berat Badan Secara Cepat

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition pada Oktober 2008, orang yang rutin mengonsumsi kacang lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami obesitas, memiliki ukurang pinggang yang lebih kecil, dan berat badan yang lebih rendah daripada orang yang jarang mengonsumsi kacang. Selain itu, studi lain yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition pada Februari 2011 menemukan bahwa orang yang makan empat porsi kacang per minggu sebagai bagian dari diet rendah kalori kehilangan lebih banyak berat badan dibandingkan mereka yang tidak memasukkan kacang ke dalam menu dietnya.

Kacang Merah dan Manfaat Lainnya Untuk Kesehatan

Selain untuk menurunkan berat badan, kacang merah juga memiliki beragam manfaat lain untuk kesehatan, di antaranya:

  • Mengontrol gula darah

Meski bentuknya kecil, ternyata kacang merah adalah makanan yang sangat baik bagi penderita diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa kacang merah yang kaya akan serat dan protein, serta memiliki indeks glikemik rendah, dapat membantu penderita diabetes untuk mengendalikan kadar gula darah, mencegah penyakit metabolik, serta membantu efektivitas kerja insulin dalam tubuh. Penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi kacang merah kalengan tanpa sodium (garam) atau kacang merah rebus setiap minggunya.

  • Mencegah kanker

Kacang merah tidak hanya memiliki kandungan serat yang baik untuk kesehatan jantung, tapi juga antioksidan yang bisa mencegah pertumbuhan sel kanker. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi cukup serat dan antioksidan yang dapat diperoleh dari kacang merah, mampu mengurangi risiko terkena kanker.

  • Mencegah risiko penyakit jantung
BACA JUGA:  6 Sumber Karbohidrat Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan

Dalam 200 gram kacang merah, setidaknya mengandung 46 gram serat, melebihi jumlah serat yang Anda butuhkan per hari, yaitu antara 25 – 30 gram. Serat merupakan salah satu asupan yang penting dalam menjaga kesehatan jantung. Kacang merah juga mengandung kalium yang baik untuk jantung Anda. Kalium dapat membantu jantung berdetak dengan normal jika Anda memiliki masalah pada irama jantung. Selain itu, kalium juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Jumlah asupan kalium per hari yang disarankan adalah 4700 mg. Sedangkan di dalam 180 gram kacang merah terdapat sekitar 2500 mg kalium. Jumlah ini sudah memenuhi 72 persen kebutuhan kalium harian.

  • Baik untuk ibu hamil

Kacang merah juga baik dikonsumsi selama kehamilan, karena mengandung nutrisi penting bagi kesehatan ibu serta janin, seperti protein, asam folat, dan zat besi. Saat hamil, wanita membutuhkan zat besi dan asam folat lebih banyak. Kedua nutrisi ini diperlukan untuk pertumbuhan bayi dan plasenta.

Setelah mengetahui manfaat kacang merah untuk kesehatan, Anda bisa menambahkan kacang merah ke dalam berbagai menu makanan sehari-hari. Gunakan kacang merah sebagai pengganti makanan lain yang tinggi lemak, kalori, dan kepadatan energi. Misalnya, ganti setengah atau semua daging dalam resep favorit Anda dengan kacang merah, tambahkan kacang merah ke dalam sup sayuran daripada ayam atau daging sapi, atau tambahkan kacang bergizi ini ke salad favorit Anda untuk menambah protein.

BACA JUGA:  7 Manfaat Buah Bit, Meningkatkan Stamina Hingga Menurunkan Berat Badan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here