Roti Gandum, Pilihan Makanan Sehat Untuk Diet Anda

0
145
Baked Bakery Barley 162440
Baked Bakery Barley 162440

SPESIAL.NET – Roti Gandum, Pilihan Makanan Sehat Untuk Diet Anda. Saat Anda sedang menjalankan diet, memasukkan roti gandum ke dalam menu makanan sehari-hari adalah pilihan yang bijak. Roti gandum bisa membuat Anda kenyang lebih lama, memiliki kalori yang rendah, dan kaya akan nutrisi penting lainnya. Selain sebagai sumber karbohidrat yang cocok untuk sarapan, roti gandum yang terbuat dari biji gandum utuh juga mengandung lebih banyak serat dibanding roti tawar putih. Roti jenis ini diketahui memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh, seperti protein, antioksidan, mineral termasuk zat besi, magnesium, kalsium, fosfor, kalium, sodium, dan zinc, serta vitamin B, folat, vitamin E, dan vitamin K.

Roti Gandum Kaya Akan Serat

Roti gandum kaya akan serat, dua kali lipat lebih banyak dari roti putih, yang dapat membantu menjaga pola makan Anda. Serat dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama tanpa menambahkan jumlah kalori, sehingga Anda bisa makan lebih sedikit sepanjang hari. The 2010 Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi 14 gram serat untuk setiap 1.000 kalori yang dikonsumsi. Roti gandum biasanya mengandung 1,5 gram serat per irisan. Anda bisa mendapatkan sisanya dari buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh lainnya seperti barley dan oatmeal.

Roti Gandum Dapat Membantu Membakar Lemak Perut

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2008, memilih roti gandum daripada roti putih dapat membantu Anda membakar lemak perut lebih banyak saat diet. Para peneliti secara acak mengatakan kepada para pelaku diet untuk mengonsumsi atau menghindari sepenuhnya konsumsi biji-bijiaan. Meskipun kedua kelompok tersebut kehilangan berat badan, kelompok orang-orang yang mengonsumsi biji-bijian diketahui juga mengalami penurunan lemak perutnya.

BACA JUGA:  Manfaat Rumput Laut: Menurunkan Berat Badan Hingga Mencegah Penyakit Jantung

Kaya Nutrisi Penting Untuk Tubuh

Ketika Anda mengurangi kalori untuk menurunkan berat badan, Anda memiliki lebih sedikit kesempatan untuk mendapatkan vitamin dan mineral yang Anda butuhkan untuk kesehatan. Itulah mengapa sangat penting untuk memilih makanan dengan kepadatan nutrisi yang tinggi, yang berarti mengemas sejumlah besar nutrisi dengan kalori yang relatif sedikit. Biji-bijian utuh, seperti roti gandum, mengandung jauh lebih banyak vitamin B, vitamin E, dan nutrisi lain dari pada biji-bijian olahan. Namun, untuk mendapatkan hasil yang optimal, sertakan buah-buahan, sayuran, dan sumber protein seperti kacang-kacangan dan ikan dalam makanan Anda bersama dengan biji-bijian.

Tips Memilih Roti Gandum

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal bagi kesehatan dan penurunan berat badan, Anda harus bijak dalam memilih roti gandum yang dijual di pasaran. Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Jangan tertipu oleh tampilan roti yang berwarna kecokelatan dengan label terbuat dari gandum utuh saja. Teliti lebih lanjut bahan-bahannya. Jika bahan pertama tertulis menggunakan “tepung gandum” atau “diperkaya tepung gandum putih”, maka itu berarti bukan menggunakan gandum utuh.  Ada pula roti yang dibuat dari tepung gandum putih, kemudian ditambahkan pewarna. Anda harus berhati-hati dan teliti saat memilih.
  • Jangan terbuai oleh merek “tujuh jenis gandum”, label “100% alami”, atau yang berkesan sehat lainnya. Banyak produk roti gandum yang mengecoh seakan-akan terbuat dari gandum utuh, padahal terbuat hanya dari tepung gandum biasa, air, dan tepung gandum hitam.
  • Cermati jika produk roti gandum tertulis “rendah kalori” atau “khusus untuk diet”. Produk ini kemungkinan memiliki ukuran yang lebih kecil. Perhatikan lagi daftar komposisinya pada label kemasan.
BACA JUGA:  6 Tips dalam Menjalankan Pola Makan Clean Eating

Meskipun sehat, Anda tetap harus memperhatikan porsi roti gandum yang dikonsumsi. Untuk menambahkan nutrisi, Anda bisa mengonsumsi roti gandum dengan selai kacang, sayur-sayuran, buah-buahan, dan sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here