Menu Ramadhan dan Tips Penting yang Wajib Diketahui

0
127
Menu Ramadhan
Menu Ramadhan

SPESIAL.NET – Bagaimana sih mempersiapkan menu Ramadhan yang sehat tapi juga tidak ribet? Menu apa saja yang cocok dan tepat untuk berbuka maupun untuk sahur agar puasa dan ibadah anak-anak maupun anggota keluarga kita bisa optimal tanpa lesu dan loyo?

Pertanyaan semacam ini selalu berulang setiap datangnya bulan suci Ramadhan. Bulan penuh berkah ini menjadi momentum yang begitu ditunggu umat Islam di seluruh dunia. Terlebih buat ibu-ibu rumah tangga yang telah memiliki anak tentunya mempersiapkan menu Ramadhan menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan.

Selain memberikan aktivitas sambil menunggu waku berbuka, mempersiapkan menu berbuka juga memberikan banyak manfaat. Selain kebanggaan sebagai ibu yang memiliki anak-anak dan keluarga yang taat berpuasa dan rajin ibadah, peran ibu dalam mempersiapkan makanan berbuka dan sahur juga amat penting. Dari menu makanan inilah anak-anak akan kuat berpuasa seharian sekaligus tidak loyo dalam melaksanakan berbagai ibadah yang nilai pahalanya berlipat ganda.

Tips Penting Mempersiapkan Menu Ramadhan

Menyiapkan makanan untuk berbuka maupun sahur amatlah berbeda dengan makanan harian di luar Ramadhan. Bahkan karakteristik makanan yang dibutukan saat berbuka maupun saat sahur juga berlainan. Seorang ibu yang baik tentunya perlu memahami kebutuhan asupan pada kedua momentum tersebut.

Menu Ramadhan
Menu Ramadhan

Nah, berikut ini beberapa tips penting dalam mempersiapkan menu Ramadhan yang sebaiknya diketahui.

BACA JUGA:  Oleh-Oleh Keripik Buah yang Makin Manis dan Renyah Saja

1. Fungsi makanan untuk mengembalikan energi dengan cepat

Setelah hampir 14 jam berpuasa dan tidak mendapat asupan apapun tentunya kondisi tubuh sangat lemas. Karena itu makanan untuk berbuka yang disediakan harus mampu mengembalikan tenaga dan energi tubuh dengan cepat.

2. Memberikan cairan yang hilang selama berpuasa

Menu berbuka juga perlu mengandung banyak cairan dengan tujuan untuk memberikan cairan yang hilang selama berpuasa. Asupan cairan ini juga penting untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

3. Makanan yang tidak memberatkan pencernaan

Setelah berpuasa, maka makanan berbuka tidak boleh yang terlalu berat atau padat karena justru bisa memberatkan pencernaan tubuh. Banyak ahli gizi yang menyarankan agar saat berbuka jangan langsung makan berat (nasi) melainkan didahului dengan cemilan ringan terlebih dahulu.

Daftar Menu Ramadhan Terbaik dan Favorit

Dengan memperhatikan beberapa tips di atas, maka berikut ini daftar menu ramadhan terbaik dan favorit yang bisa Anda siapkan dan sajikan untuk anak-anak dan keluarga tercinta.

Air Putih

Tubuh sebagian besar tersusun air air dan cairan. Karena itulah menu berbuka paling penting adalah dengan minum air putih terlebih dahulu. Air putih sangat dibutuhkan tubuh setelah seharian berpuasa dan kekurangan cairan serta meningkatkan fungsi metabolisme tubuh.

Buah Kurma

Buah kurma sangat disunnahkan dan diperintahkan oleh Rasulullah SAW sebaagai menu makanan saat berbuka. Selain kaya dengan kandungan gulanya, kurma juga mengandung nutrisi penting yang mampu mengembalikan tenaga dengan cepat setelah seharian berpuasa. Karena itu usahakan untuk memulai setiap kali berbuka dengan makan 2 atau 3 biji buah kurma.

BACA JUGA:  Resep Masakan untuk Buka Puasa dari Tahu dan Tempe yang Bergizi

Minuman Buah

Buah-buahan juga sangat baik untuk memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Buah diketahui kaya dengan vitamin, mineral, dan serat yang sangat baik untuk mengembalikan tenaga dengan cepat. Namun agar asupan nutrisinya beragam dan lengkap, pilihlah beragam jenis buah berwarna, seperti melon, pepaya, nangka, dan lainnya. Anda bisa mengolah buah-buahan tersebut menjadi es sop buah, salad buah, ataupun dibuat koktail buah. Selain untuk berbuka, minuman buah ataupun makan buah juga baik sebagai penutup saat sahur.

Masakan Sayuran

Setelah cukup dengan makanan cemilan, selanjutnya Anda juga perlu menyiapkan masakan pendamping nasi dengan olahan dari bahan sayuran. Sop sayur, pecel, sayur lodeh sangat baik untuk menu masakan berbuka maupun untuk sahur. Anda bisa membuat variasi berbagai masakan sayuran agar tidakmembosankan sekaligus agar asupan nutrisinya lebih lengkap.

Masakan Daging dan Hewani

Masakan lain yang juga perlu disiapkan sebagai menu Ramadhan adalah bahan bakanan dari daging, ikan, ataupun produk hewani lainnya. Ayam goreng, opor ayam, gulai sapi, ataupun rendang bisa melengkapi menu berbuka maupun sahur Anda. Begitu juga tumis sayur daging juga merupakan kreasi untuk mengkombinasikan sayuran dan daging.

Demikianlah sejumalh tips penting yang wajib diketahui dalam mempersiapkan menu Ramadhan yang sehat, bergizi, namun simpel buat keluarga Anda dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here