Raja Motor Bebek Indonesia Honda Supra X 125 FI 2019 (Full review)

0
217
Gambar Honda Supra X Helm In
Gambar Honda Supra X Helm In

Honda Supra X 125 FI bisa dibilang motor ini merupakan motor legendaris di Indonesia. Motor ini merupakan pionir kelahiran motor berteknologi injeksi. Meskipun bukan yang pertama, akan tetapi Honda Supra X 125 mengusung teknologi canggih yang membuat sistem pembakaran bahan bakar menjadi lebih irit. Teknologi fuel injection yang diberi nama PGM-FI ini juga mampu membuat kemampuan mesin semakin meningkat, sehingga akselerasi semakin maksimal. Berkat teknologi injeksi ini, Honda Supra X 125 menjadi motor bebek terlaris di Indonesia.

Untuk mengetahui tentang spesifikasi si raja bebek Indonesia kita akan bahas tuntas di bawah ini.

 

  • Spesifikasi Performa Mesin

 

Sebagai rajanya motor bebek, Honda Supra X 125 FI memberikan kehematan dalam urusan bahan bakar yang sangat irit. Honda Supra X 125 FI ini mampu menempuh jarak 57.2 km dengan satu liter bensin saat dengan pengujian Euro 3. Sedangkan jika menggunakan Euro 2 mencapai 61.8 km/liter, sehingga untuk masalah irit motor ini dapat menandingi motor matic Honda, seperti All New Honda Beat ataupun All New Honda Scoopy. Kelebihan ini terjadi karena adanya teknologi Fuel Injection (PGM-FI) sehingga pembakaran bahan bakar menjadi optimal dan performa mesin semakin bertenaga.

Sistem bahan bakar injeksi Honda ini sudah teruji kehebatannya. Sejak dahulu Honda Supra X 125 FI ini dikenal sebagai motor yang irit dan handal. Apalagi motor ini pun mengusung mesin SOHC berpendingin udara dengan kapasitas mesin 124.89 cc yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 10.1 PS pada putaran 8.000 rpm dan torsi mencapai 9.3 Nm pada putaran 4.000 rpm. Tenaga dan torsi ini dihubungkan melalui sistem transmisi manual 4 percepatan dengan rotasi perpindahan gigi N-1-2-3-4-N.

 

  • Spesifikasi Desain dan Dimensi
BACA JUGA:  Kelebihan Yang Ada Pada Motor All New Honda Scoopy 2019

 

Beda dengan Yamaha MX king 150 ataupun Honda Supra GTR 150, motor ini tidak dibekali kopling manual. Maka Honda Supra X 125 FI bisa juga digunakan oleh wanita yang terbiasa dengan motor matic. Jika melihat desain dari motor ini juga sangat baik, karena terlihat sangat elegan dan modern ditambah dengan hadirnya lampu senja dan lampu sein ganda yang memiliki garis reflektor tajam yang eksklusif dan stylish. Tapi sayangnya motor ini belum menggunakan sistem lampu LED seperti yang terpasang di Honda Supra GTR 150 ataupun motor populer lainnya yang dibanderol lebih mahal dari Supra X 125 FI 2019.

Beruntung motor ini pada bagian belakang telah terpasang lampu belakang dengan desain tajam dan modern yang telah dilengkapi lampu LED agar tampilan menjadi lebih modern. Selain itu, ada pula bagasi yang cukup besar untuk menyimpan barang bawaan dengan kapasita bagasi 7 liter. Sedangkan untuk kapasitas tangki bensin motor ini memiliki kapasitas 4 liter. Dan ternyata motor ini memiliki fitur power charger yang dapat digunakan untuk mengisi baterai smartphone atau gadget lainnya. Untuk posisi power charger sendiri berada dibawah jok, sehingga smartphone dapat disimpan di bagasi saat berpergian.          

          Untuk mesinnya motor ini memiliki panjang 1.918 mm, dan tinggi 1.101 mm. Untuk bobotnya sendiri mencapai 106 kg untuk tipe CW dan 103 KG untuk tipe SW. Untuk Honda Supra X 125 FI memiliki 2 varian yang berbeda yaitu yang menggunakan velg racing dan velg jeruji, sehingga hal ini dapat membuat harga tiap varian berbeda untuk tipe varian velg racing dibanderol 18 jutaan sedangkan untuk tipe velg jeruji 17 jutaan.

 

  • Spesifikasi Rem dan Kaki – kaki
BACA JUGA:  Kelebihan Dan Kekurangan Vario 110 eSP terbaru

 

Motor bebek honda memiliki jarak terendah mencapai 136.5 mm dan jarak sumbu roda depan hingga ke belakang mencapai 1.235 mm. Untuk pengereman motor ini menggunakan double cakram depan dan belakang agar pengereman menjadi maksimal. Tapi sayangnya motor bebek Honda ini belum menggunakan ban tubeless dan masih menggunakan ban standar.

Soal suspensi, Honda Supra X 125 FI menggunakan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang dengan lengan ayun suspensi ganda yang akan membuat nyaman saat melewati jalan berlubang. Sekedar informasi untuk tipe motor velg jeruji bagian rem belakang menggunakan rem tromol sehingga harganya lebih murah. Terakhir untuk menambah keamanan motor ini dilengkapi dengan auto secure key shutter yang digabungkan dengan seat openers, sehingga menjadi lebih praktis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here