Unggul Mana Honda Forza 250 atau Yamaha XMAX 250?

0
134
Forza 250 Vs N Max
Forza 250 Vs N Max

Honda Forza 250 lahir untuk menjadi pesaing dari Yamaha XMAX 250 di Indonesia. Bagaimana tidak? Keduanya merupakan motor matic bongsor 250cc asal Jepang. Jika dilihat dari spesifikasinya kedua motor ini tidaklah terlalu berbeda. Seperti sudah menggunakan keyless, lampu dengan sistem LED dan Yamaha menggunakan sistem satu silinder.

Serupa tapi tak sama. Honda membuat Forza 250 memiliki beberapa keunggulan, begitupun Yamaha Xmax 250. Lalu apa keunggulan dari masing – masing yang dimiliki oleh kedua motor matic bongsor ini? Matic mana yang paling sesuai dengan pilihan anda? Untuk mengetahui jawabannya, kita simak ulasannya.

 

  • Desain

 

Kedua motor ini memiliki tema yang berbeda. Yamaha Xmax 250 lebih terlihat sportif dengan dominan penggunaan warna hitam. Bodi motornya pun lebih bongsor atau lebih besar. Untuk dimensi panjang nya berukuran 2.185 mm, lebar 775 mm dan tinggi 1.465 mm. Dan tinggi ukuran tempat duduk ini berukuran 795 mm.

Sedangkan di sisi lain, Honda Forza 250 memiliki dimensi yang agak lebih kecil jika dibanding dengan Yamaha Xmax 250. Honda Forza 250 memiliki ukuran panjang 2.142 mm, lebar 754 mm dan tinggi 1.472 mm. Sehingga motor ini sangat nyaman digunakan untuk meliuk – liuk di jalanan. Tinggi jok motor nya pun hanya 754 mm atau lebih rendah 15 mm dibandingkan dengan Yamaha Xmax, hal ini sukses membuat pemilik badan yang tidak terlalu tinggi tidak terlalu jinjit ketika menggunakan motor ini. Keunggulan lain dari Honda Forza 250 tampak lebih mewah dengan adanya aksen krom di berbagai sisi termasuk knalpot dan dashboard.

Bukan berarti motor buatan Honda ini tanpa kekurangan. Bobot motor yang mencapai 182 kg, lebih berat 3 kg dari Xmax. Pilihan warna pun hanya ada 3 varian, sedangkan untuk saingannya Yamaha Xmax sendiri memiliki 4 varian warna.

 

  • Fitur
BACA JUGA:  Seperti Apa Spesifikasi Dari Honda Forza 125 Terbaru?

 

Untuk masalah fitur kedua motor ini memiliki banyak kemiripan fitur. Seperti keyless, cakram depan dan belakang, panel instrumen kombinasi, lampu depan LED, bagasi yang muat dua helm, hazard, dan juga sistem pengereman ABS. Lalu ada pula power outlet untuk mengisi daya smartphone ketika berkendara.

Bedanya, Honda Forza 250 memiliki windshield yang bisa diatur secara elektrik. Honda memasang fitur alarm untuk mencegah maling. Keunggulan Yamaha Xmax 250 memiliki banyaknya kompartemen. Di bagian dashboard ada dua, di kiri dan kanan. Sedangkan kompartemen motor Honda hanya ada disebelah kiri.

 

  • Mesin

 

Pada bagian mesin, keduanya bersaing dengan ketat, Yamaha Xmax unggul distorsi, sedangkan Forza menang ditenaga. Secara spesifik, untuk mesin Xmax sanggup mengeluarkan torsi maksimal hingga 24.3 Nm pada 5.500 rpm dan tenaga 22.85 PS pada 7.000 rpm. Bandingkan dengan Forza yang hanya dapat mengeluarkan torsi 24 Nm pada 6.250 rpm dan tenaga 23.52 pada 7.500 rpm.

Kelebihan dari Yamaha Xmax, motor ini memiliki kapasitas tangki bensin yang lebih besar, kapasitasnya bisa mencapai 13 liter. Sedangkan, Honda Forza hanya 11.5 liter. Sehingga apabila anda berkendara jauh ataupun touring anda bisa melaju lebih jauh dengan Yamaha Xmax.

 

  • Harga dan Kesimpulan

 

Honda Forza memiliki kekurangan terbesar yakni harga. PT Astra Honda Motor (AHM) mengimpor langsung dari Thailand. Sehingga harganya menjadi jauh lebih mahal. Walaupun begitu, motor ini tetap pantas untuk dipilih jika melihat dari spesifikasi diatas. Terlihat Forza ini memiliki tampilan yang lebih mewah dengan fitur yang modern. Dimensi yang sedikit lebih kecil dibandingkan dengan Xmax serta jok yang tidak terlalu tinggi motor ini sangatlah mudah untuk dikendarai bahkan oleh pemula sekalipun.

Sedangkan untuk Xmax yang diproduksi di Indonesia, memiliki harga 57.8 juta. Memiliki harga yang lebih murah menjadikan motor ini memiliki daya tarik tersendiri. Motor matic ini pun sangat cocok untuk orang yang ingin memiliki kendaraan yang sportif. Yamaha Xmax sendiri lebih praktis karena memiliki banyak ruang penyimpanan. Dengan bodi yang bongsor dan juga tinggi, sehingga perlu adaptasi yang lebih untuk menggunakan motor ini terutama untuk pemula.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here