3 Spot Selfie di Sekitar Taman Bersejarah Apsari Surabaya

0
755
Travelingyukcom 1
travelingyuk.com

Spesial.net – “Taman lagi, taman lagi”. Mungkin itu yang ada di benak anda ketika membaca judul artikel. Tapi tenang saja, karena selain membahas sedikit tentang taman bersejarah yang satu ini, penulis juga akan memberikan rekomendasi spot selfie yang bisa ditemukan di sekitar taman Apsari.

Tentang Taman Apsari

Advertisement

Salah satu taman yang menarik di Surabaya yaitu Taman Apsari. Taman ini memiliki luas area 5.300 meter persegi dilengkapi lebih kurang 20 jenis bunga dan tanaman. Taman Apsari berada di Jalan Pemuda dan berhadapan dengan gedung Grahadi. Taman ini terasa sejuk dan tenang meski berada di tengah kota. Di sela-sela tanaman dan bunga terdapat jogging track yang nyaman.

Yang menarik, di bagian tengah taman ini terdapat monumen patung  Gubernur Suryo yang merupakan Gubernur Jawa Timur yang pertama. Di bagian bawah monumen patung itu terdapat prasasti yang bertuliskan petikan pidato Gubernur Suryo pada tanggal 9 Nopember 1945 di Radio NIROM – Jalan Embong Malang

Dalam pidato itu, Gubernur Suryo menyerukan, ” Berulang-ulang telah kita kemukakan bahwa sikap kita ialah : Lebih baik hancur daripada dijajah kembali. Juga sekarang dalam menghadapi ultimatum pihak Inggris kita akan memegang teguh sikap ini. Kita tetap menolak ultimatum itu. ”

Taman Apsari ternyata punya latar belakang sejarah yang cukup panjang. Menurut beberapa sumber, pembangunan taman dilakukan sesuai instruksi pemerintah Belanda di era 1990-an. Mulanya taman difungsikan sebagai halaman belakang Gedung Grahadi, salah satu bangunan heritage yang masih tersisa di Kota Pahlawan.

Namun seiring berjalannya waktu, Pemerintah Belanda memutuskan untuk mengubah posisi pintu depan Gedung Grahadi. Alhasil taman pun berada di bagian depan bangunan megah tersebut dan tak pernah berubah hingga kini.

Spot Selfie Sekitar Taman Apsari

Ruang Pamer Karya Seni

Travelingyukcom
travelingyuk.com

Taman Apsari juga kerap menjadi ruang pamer para seniman lokal Surabaya. Di beberapa sudut taman pengunjung bisa menemukan sejumlah contoh karya seni instalasi dengan beragam bentuk dan corak. Kadang ada yang dihias menggunakan kalimat unik ala dialek lokal, ada juga yang memilih menggunakan material unik seperti tulang-belulang.

 

 

 

Arca Joko Dolog

Dictioid
dictio.id

Lokasi Arca Joko Dolog Sarabaya berada sekitar 200 m dari tepi Jl Gubernur Suryo, masuk melewati Jl Taman Apsari, Kota Surabaya. Arca Joko Dolog Surabaya merupakan arca peninggalan kuno satu-satunya di Kota Surabaya yang bisa ditemui, dan akan mengingatkan anda pada Arca Totok Kerot di Kediri. Hanya saja Arca Joko Dolog bukan asli berasal dari Kota Surabaya, namun dipindahkan dari Desa Kandang Gajah, Trowulan, oleh Residen De Salls pada tahun 1827.

Gedung Negara Grahadi

Radevitiqblogspotcom
radevitiq.blogspot.com

Gedung Grahadi Surabaya merupakan bangunan tua peninggalan kolonial yang telah berusia lebih dari 200 tahun, dan sampai saat itu masih tetap terlihat anggun dan terpelihara baik. Lokasi Gedung Grahadi berada di Jl. Gubernur Suryo No. 7, Surabaya, berhadapan dengan Monumen Suryo. Pagar depan terbuka dan tak ada kesulitan untuk dimasuki ke dalam halaman yang di tengahnya terdapat tiang tinggi, dengan Bendera Merah Putih berkibar di puncaknya. Beberapa tukang kebun tampak tengah membersihkan pinggiran jalan dan halaman dari rumput liar. Suasana relatif sepi pada hari normal.

==

==

SUMBER: cendananews.com, travelingyuk.com, kompasiana.com, aroengbinang.com/gedung grahadi, aroengbinang.com/candi joko dolog

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here