Makanan untuk Buka Puasa yang Sebaiknya Dihindari

0
190
Makanan Untuk Buka Puasa
Makanan Untuk Buka Puasa

SPESIAL.NET – Berbeda dengan makan biasa, memilih makanan untuk buka puasa haruslah dilakukan dengan selektif. Selain harus mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk memulihkan kondisinya setelah seharian berpuasa, makanan ini juga penting untuk menjaga kesehatannya.

Seperti diketahui, saat berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan sama sekali daalam waktu yang cukup lama, yaitu selama sekitar 14 jam. Hal ini tentunya akan membuat kondisi tubuh kekurangan nutrisi dan cairan yang membuatnyaa menjadi lemas, tidak bertenaga, dan juga rentan dengan serangan penyakit.

Tips Memilih Makanan untuk Buka Puasa

Karena itulah makanan yang bergizi saat berbuka akan sangat dibutuhkan tubuh untuk memulihkan tenaganya dengan segera dan menyuplai kebutuhan tubuh terhadap nutrisi. Namun memilih makanan untuk buka puasa tak cukup hanya yang bergizi.

Makanan Untuk Buka Puasa
Makanan Untuk Buka Puasa

Apa saja yang mesti diperhatikan dalam memilih menu makanan untuk berbuka, berikut ini beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan.

1. Minum air putih yang cukup

Setelah bedug ditabuh dan adzan maghrib mengumandang sebaiknya awali dengan minum air putih secukupnya untuk membatalkan puasa. Minum air putih di awal berbuka sebaiknya jangan terlalu banyak agar tidak membuat perut menjadi kembung dan makanan sulit masuk.

2. Awali dengan cemilan manis

Setelah minum air putih lanjutkan dengan makan cemilan manis. Buah kurma sangat disarankan untuk mengawali berbuka. Selain diperintahkan Nabi Mauhammad SAW, selain mengandung banyak gula alami yang efektif untuk mengembalikan tenaga dengan cepat, buah kurma juga mengandung serat dan banyak nutrisi penting. Makan 2 atau 3 biji kurma saja cukup memberikan energi bagi kita untuk melaksanakan sholat Maghrib dengan khusuk.

BACA JUGA:  Cemilan Untuk Diet dengan Oatmeal yang Lezat

3. Pilih makanan berkarbohidrat

Untuk menu makan malam sebaiknya pilih makanan yang mengandung karbohidrat yang didapatkan dari beras (khususnya beras merah), roti atau gandum, dan kentang. Makanan dengan karbohidrat kompleks sangat baik karena mengandung serat, mineral penting, dan juga bisa menyuplai energi yang lebih stabil dan berkelanjutan agar lebih kuat saat berpuasa.

4. Pilih makanan berprotein tanpa lemak

Makanan yang mengandung protein tanpa lemak juga penting untuk tubuh. Anda bisa memilih menu makanan berprotein dari daging sapi, ayam, ikan, telur, susu, yogurt, keju, ataupun dari makanan jenis kacang-kacangan.

Makanan untuk Buka Puasa yang Harus Dihindari

Selain memilih makanan yang sangat disarankan di atas, Anda juga perlu memperhatikan makanan untuk buka puasa yang harus dihindari agar tidak merugikan diri Anda sendiri.

1. Jangan kalap saat makan berbuka puasa

Perut boleh lapar dan begitu menginginginkan segera makan banyak saat berbuka. Namun makan banyak yang dilakukan dengan kalap justru merugikan tubuh. Selaion tidak mencerminkan hakekat makna berpuasa, makan kalap saat berbuka justru bisa membuat tubuh menjadi lemas dan timbulnya gangguan pencernaan.

2. Hindari makanan pedas

Sebenarnya tidak ada larangan untuk makan makanan yang agak pedas saat berbuka. Apalagi buat kita yang senang pedas tentunya tak akan nikmat menyantap makanan tanpa rasa pedas ini. Namun karena perut kosong setelah seharian berpuasa, sebaiknya jangan makan makanan pedas saat awal berbuka. Awali terlebih dahulu dengan cemilan berat sebelum menyantap makanan pedas agar perut tidak terganggu. Selain itu jangan berlebihan kadar pedasnya.

BACA JUGA:  Resep Cemilan Sederhana dari Srikaya yang Kaya Gizi

3. Hindari makanan yang digoreng

Tak sedikit diantara kita yang senang makan cemilan gorengan saat berbuka. Padahal makanan ini sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak karena termasuk lambat saat dicerna tubuh. Terlebih buat Anda yang sedang melaksanakan program diet. Cemilan gorengan juga tinggi lemak sehingga bisa amengganggu kesehatan, terutama jika dimakan dalam jumlah banyak.

4. Hindari makanan tinggi gula

Mengawali berbuka dengan makanan manis memang sangat disarankan. Namun sebaiknya jangan terlalu berlebihan. Kalaupun ingin makan makanan manis pilih yang natural, seperti kurma, buah lainnya, ataupun madu. Sebaiknya hindari juga pemanis buatan pabrik karena bisa meningkatkan risiko penyakit dan menyebabkan lebih sering haus.

Demikianlah makanan untuk buka puasa yang sangat disarankan dan yang sebaiknya dihindari agar tubuh kuat dan sehat sehingga lebih giat dalam melaksanakan ibadah lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here