Honda CB150R Exmotion Naked Bike Rasa Eropa

0
175
Honda Cb150r Exmotion4260
Honda Cb150r Exmotion4260

Honda kembali merilis motor 150cc yang merupakan versi produksi dari motor  konsep Honda 150SS yang belum lama ini telah diperkenalkan pada ajang pameran otomotif. Di Bagian depan terlihat beberapa desain Honda 150SS, sehingga membuat Honda CB150R ExMotion terlihat berbeda dari motor sport 150cc di kelasnya. Honda pun membekali mesin DOHC terbaru yang diklaim lebih bertenaga dan telah lulus uji emisi Eropa.

Motor ini dipasarkan di Thailand terlebih dahulu dengan tiga varian berbeda, yaitu standar, scrambler cafe, dan street cafe. Honda pun melengkapi motor ini dengan fitur ABS untuk tipe tertinggi dengan harga yang lebih mahal. Masih banyak fitur dari motor ini. Untuk itu mari kita lihat detail dari motor ini.

 

  • Performa Mesin Honda CB150R ExMotion

 

Honda CB150 ExMotion ini memiliki spesifikasi yang bagus. Motor ini menggunakan mesin DOHC 4-valve yang bertenaga dibandingkan dengan mesin CB150R Streetfire. Mesinnya memiliki kapasitas 149cc dan dilengkapi dengan teknologi molybdenum-coated piston serta sistem pendingin water cooling. Meskipun kapasitas mesin kecil, tapi sudah menggunakan teknologi PGM-FI dan knalpot underbelly yang telah lulus uji standar emisi Eropa yakni Euro 4.

Honda CB150 ExMotion menggunakan transmisi manual 6 percepatan yang yang akan membuat motor ini menjadi semakin responsif dan akan menambah kecepatan akselerasi. Lalu, koplingnya menggunakan kopling tipe multiple wet clutch stacked. Dengan komponen itu semua membuat Honda CB150R ExMotion dapat melaju dengan cepat meninggalkan motor 150cc sekelasnya. Tapi sayang harga Honda CB150R ExMotion ini memiliki harga yang cukup mahal.

 

  • Sistem Pengereman Honda CB150R ExMotion
BACA JUGA:  5 Alasan Honda Vario 150 eSP Sangat Populer Di indonesia

 

Motor ini lebih mahal jika dibandingkan dengan CB150R Streetfire ataupun CBR150R full fairing. Yang membuat motor ini mahal karena desain, fitur dan mesinnya yang sangat canggih, Honda CB150R ExMotion memiliki desain yang lebih stylish dan berotot. Meskipun memiliki bodi yang bongsor motor ini memiliki bobot hanya 123 kg untuk tipe standar, dan tipe ABS 125 kg.

Honda memasarkan motor ini dengan varian ABS dan Non ABS yang membuat harganya menjadi beda. Tidak hanya itu, Honda memasarkan edisi khusus yang telah dimodifikasi dengan konsep cafe racer, scrambler, dan moriwaki edition. Semuanya memiliki harga yang berbeda, dan untuk ukuran motor sekelas 150cc motor ini tergolong terlalu mahal.

 

  • Desain dan Dimensi Honda CB150R ExMotion

 

karena memiliki desain yang berkelas seperti oge, maka wajar bila harga motor ini mahal. Motor ini memiliki desain dengan ukuran panjang 1.973 mm, lebar 822 mm, dan tinggi 1.053 mm. Ternyata motor ini memiliki rangka dengan titik berat di bagian tengah, sehingga membuat motor ini lebih ringan dan mudah digunakan. Joknya pun tidak terlalu tinggi dan memiliki jok penumpang yang terpisah.

Tinggi jok Honda CB150R ExMotion adalah 795 mm dan memiliki jarak ke tanah mencapai 139 mm. Sedangkan untuk jarak sumbu rodanya 1.296 mm. Di Bagian depan ada tangki yang memiliki kapasitas menampung bensin 8.5 liter. Untuk menambah kesan macho, CB150R ExMotion menggunakan headlamp bulat dengan teknologi LED, agar pencahayaan semakin maksimal.

 

  • Suspensi Honda CB150R ExMotion
BACA JUGA:  Inilah Motor Matic Bongsor Terbaru Milik Honda, Forza 250 (part 2)

 

Bagian lampu sein menempel dengan bagian speedometer yang sudah menggunakan full digital. Yang dapat menampilkan berbagai macam informasi secara detail. Di Bagian bawah terpasang engine guard untuk melindungi mesin dan kerikil. Lanjut dibagian belakang terpasang tail light dan lampu belakang LED.

Tak hanya itu, motor ini juga memiliki suspensi upside down 41mm yang dibuat oleh showa. Dan ternyata suspensi ini pun digunakan oleh Honda X-ADV 750. Yang menariknya lagi, CBR150R ExMotion menggunakan rem ABS G-sensor layaknya CBR1000RR.

 

  • Ban dan Rem Honda CB150R ExMotion

 

Honda CB150R ExMotion dibagian belakang menggunakan swing arm yang ringan dan juga monoshock. Lalu, untuk pengereman Honda menawarkan varian ABS dan non ABS yang sama – sama menggunakan rem cakram depan dan belakang dengan diameter 296 mm dengan dilengkapi 4 kaliper. Sedangkan di belakang menggunakan cakram dengan diameter 220 mm.

Selanjutnya untuk harga, Honda CB150R ExMotion tipe standar di kisaran 39 jutaan. Lalu untuk varian ABS dihargai 43 jutaan, sedangkan untuk varian special edition memiliki harga 55 jutaan untuk model street cafe yang dilengkapi dengan ABS yang hanya ada 500 unit. Selain itu, Honda memasarkan varian scramble cafe yang hanya ada 1000 unit dengan harga 47 jutaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here