Makanan Buat Buka Puasa Wanita yang Sedang Hamil

0
134
Makanan Buat Buka Puasa
Makanan Buat Buka Puasa

SPESIAL.NET – Merencanakan menu makanan buat buka puasa terutama untuk Anda yang sedang hamil membutuhkan perhatian khusus. Ini tentunya berbeda dengan makanan untuk orang yang tidak hamil. Apalagi wanita hamil harus memperhatikan makanan untuk dua orang sekaligus, termasuk janin yang sedang dikandunngnya.

Memang tidak ada kewajiban bagi seorang wanita yang edang hamil untuk menjalankan puasa di bulan Ramadhan. Banyak ulama yang menyatakan kondisi ibu hamil seperti orang yang sedang sakit atau sedang dalam perjalanan yang tidak ada kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa. Sebaliknya, juga tak ada larangan dari kalangan medis terhadap wanita hamil yang ingin menjalankan puasa Ramadhan.

Makanan Buat Buka Puasa
Makanan Buat Buka Puasa

Sejumlah patokan yang sering disampaikan dokter bagi wanita hamil yang ingin berpuasa adaah penambahan berat badannya saat awal kehamilan. Jika penambahan berat badannya rendah atau di bawah 4 kg memang disarankan agar tidak berpuasa karena dikhawatirkan bisa mengganggu perkembangan janin. Namun jika lebih dari itu tak ada larangan untuk berpuasa.

Manfaat Puasa Bagi Wanita Hamil

Puasa bagi wanita hamil ternyata memberikan banyak manfaat. Berikut ini manfaat puasa bagi wanita hamil:

  1. Untuk Mengatasi Morning Sickness

Ibu hamil biasanya ditandai dengan gejala Morning Sickness, yaitu rasa mual hingga muntah yang umumnya dialami pada pagi hari. Meningkatnya asam lambung pada ibu hamil yang menyebabkan gejala ini. Dengan berpuasa, Anda bisa mengatur menu makanan yang seimbang sehingga terhindari dari gejala ini.

BACA JUGA:  6 Alasan Berat Badan Anda Tidak Turun Ketika Menjalankan Diet Rendah Karbohidrat

2. Untuk Membakar Lemak Tubuh

Tak sedikit wanita hamil yang mengalami obesitas akibat menumpuknya lemak dalam tubuh. Selain buruk untuk kesehatan, kegemukan yang berlebihan juga meningkatkan risiko saat melahirkan anaknya. Dengan berpuasa, obesitas bisa dicegah agar tubuh lebih seimbang berat badannya.

3. Mengatasi Kolesterol Tinggi dan Kadar Gula Darah

Berpuasa bagi wanita hamil ternyata juga mampu menekan kolesterol tinggi serta mengatur kadar gula dalam darah. Manfaat berpuasa bagi wanita hamil tak ubahnya seperti melaksanakan diet untuk menjaga kesehatannya agar tidak mengganggu pertumbuhan janin. Anda juga bisa makanan buat buka puasa untuk mengendalikan kadar gula dalam darah.

4. Untuk Detoksifikasi

Cara paling ampuh melakukan detoksifikasi adalah dengan berpuasa. Begitu pun bagi wanita hamil sangat disarankan melaksanakan berpuasa untuk membuang racun dalam tubuh. Detoksifikasi sangat baik untuk janin agar tumbuh optimal dan sehat hingga persalinan.

Menu Makanan Buat Buka Puasa Ibu Hamil

Agar manfaat puasa bagi ibu hamil memberikanmanfaat yang optimal, diperlukan perencanaan menu makanan buat buka puasa yang bernutrisi seimbang. Berikut ini beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan ibu hamil dalam mempersiapkan makanan untuk berbuka.

  1. Kebutuhan air bagi wanita hamil jauh lebih besar ketimbang orang yang tidak hamil. Karena itu perhatikan kebutuhan air minum agar Anda tidak mengalami dehidrasi. Minumlah air putih yang cukup saat membatalkan puasa, setelah taraweh, maupun saat sahur setidaknya sebanyak 1,5 hingga 2 liter.
  2. Untuk mengawali berbuka puasa sebaiknya makan beberapa butir kurma yang manis dan kaya serat. Kandungan gula alaminya yang tinggi dari kurma sangat berguna untuk mengembalikan tenaga dengan segera. Kurma juag diketahui mengandung nutrisi yang lengkap seperti kalsium, kalium, magnesium, seng, hingga tembaga.
  3. Untuk makan beratnya pilihlah lauk yang mengandung nutrisi lengkap, berserat, mengandung protein yang tinggi, dan lemak sehat. Selain protein hewani, ibu hamil sangat disarankan untuk menkonsumsi makanan protein nabati, khususnya dari jenis kacang-kacangan dan sayuran yang sangat baik untuk perkembangan janin di dalam kandungan.
  4. Untuk cemilannya, jika dirasa lapar, ibu hamil bisa membuat makanan cemilan yang kaya nutrisi, dari bahan sayuran, buah, ataupun ikan laut.
  5. Selain makanan buat buka puasa yang sangat disarankan, ibu hamil juga harus menghindari beragam makanan yang terlarang, seperti makanan berlemak, gorengan, makanan yang terlalu pedas, terlalu banyak garam, serta minuman yang mengandung kafein.
BACA JUGA:  Spirulina, Makanan Super yang Kaya Nutrisi dan Baik Untuk Kesehatan

Demikianlah makanan buat buka puasa wanita yang sedang hamil, baik yang disarankan maupun yang terlarang yang semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here