CBR150R, Motor Sport Full Fairing Satu – Satunya Milik Honda

0
130
2019 Hodna CBR150R Indian Launch
2019 Hodna CBR150R Indian Launch

Sport full fairing satu – satunya milik Honda dengan mesin 150cc, Honda CBR150R. Motor ini menggunakan mesin DOHC generasi terbaru yang digabungkan dengan sistem transmisi manual 6 percepatan untuk mendapatkan torsi dan power yang besar. Desainnya terlihat lebih sporty dari generasi sebelumnya, belum lagi fitur – fitur yang dimilikinya. Namun sayang motor Honda CBR150R ini belum menggunakan suspensi upside down seperti yang sudah digunakan oleh All New Yamaha R15.

Untuk mendapatkan motor ini kalian harus merogoh kocek di kisaran 30 jutaan. Honda CBR150R bisa menjadi pilihan lain selain All New Yamaha R15 atau GSX-R150 yang sama – sama mengusung desain full fairing. Untuk mengetahui lebih lanjut dari Honda CBR150R, kita simak informasinya.

  • Desain dan Dimensi Honda CBR150R

Desain Honda CBR150R ini seperti motor balap. Motor ini memiliki desain bodi depan lebih rendah dan ramping dengan dimensi panjang 1.983 mm, lebar 649 mm, dan tinggi 1.038 mm. Untuk joknya tidak terlalu tinggi, yakni 787 mm. Sehingga motor ini sangat nyaman untuk dikendarai. Memiliki bodi yang ramping membuat motor ini memiliki bobot yang ringan mencapai 135 kg. Lalu untuk jarak antara roda depan hingga belakang berukuran 1.311 mm dan memiliki jarak terendah mencapai 166 mm.

Honda CBR150R menggunakan sistem pencahayaan LED yang membuat pencahayaan lebih maksimal. Lampu utamanya menjadi dua bagian dan bagian samping terpasang lampu sein. Selain itu, Honda CBR150R sudah memiliki panel meter full digital yang dapat menampilkan beragam informasi seputar berkendara. Seperti kecepatan, sisa bahan bakar, trip meter, jam digital, dll. Lalu motor ini menggunakan aeroplane fuel cap yang menunjang karakter balap dan membuat desain Honda CBR150R semakin agresif.

  • Rangka dan Kaki – Kaki Honda CBR150R
BACA JUGA:  5 Alasan Honda Vario 150 eSP Sangat Populer Di indonesia

Honda CBR150R sengaja didesain lebih ringan dengan berat berpusat di titik sentral. Hal ini dilakukan agar pengendara CBR150R bisa merasakan sensasi motor balap. Rangka Honda CBR150R menggunakan rangka truss diamond yang memberikan rigidity dan fleksibilitas yang seimbang. Selanjutnya bagian depan dilengkapi dengan rear cowl berukuran pendek dan swing arm yang digabungkan dengan suspensi pro-link untuk meningkatkan stabilitas disegala medan.

Berbeda dengan rivalnya All New Yamaha R15 yang sudah menggunakan upside down, Honda CBR150R masih menggunakan suspensi teleskopik. Untuk harga CBR150R lebih murah dibandingkan dengan All New Yamaha R15, maka wajar bila belum menggunakan upside down. Untuk kaki – kaki telah terpasang ban berukuran 100/80 – 17 52P untuk bagian depan sedangkan untuk ban belakang berukuran 130/70 – 17 62P. Keduanya sudah menggunakan ban tubeless dan membalut velg racing dengan desain yang sporty.

Karena sudah ada varian baru yang menggunakan teknologi ABS. Kedua roda motor ini menggunakan cakram hidrolik dengan desain wavy disk atau bergelombang yang berguna untuk mengurangi panas gesekan pada saat pengereman. CBR150R memiliki stang kemudi yang lebih rendah, maka hal ini membuat posisi berkendara semakin nyaman dan stabilitas lebih baik.

 

  • Performa Mesin Honda CBR150R

 

Performa Honda CBR150R yang powerfull tidak terlepas dari dukungan mesin DOHC generasi terbaru yang digabungkan dengan sistem transmisi percepatan, maka dapat menghasilkan torsi yang besar dari awal hingga menengah. Dengan mesin kapasitas 149.16cc tersebut dapat mengeluarkan tenaga sebesar 17.1 PS pada 9.000 rpm. Sedangkan untuk torsi puncaknya mencapai 14.4 Nm yang didapat pada putaran mesin 7.000 rpm.

Honda CBR150R merupakan salah satu motor paling irit di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari sistem fuel injection yang digunakan untuk mengoptimalkan sistem pembakaran. Selain itu, ada pula sistem liquid cooled dengan auto fan untuk menstabilkan suhu mesin, mesin yang digunakan menggunakan teknologi minim gesekan yang mengoptimalkan efisiensi bahan bakar dan meningkatkan performa mesin. Honda mengklaim bahwa mesin CBR150R mengadopsi DNA motoGP, sehingga jangan heran bila performa mesinnya sangat baik.

Itulah spesifikasi tentang motor fairing 150cc milik Honda yang patut anda ketahui sebelum anda membeli motor ini. Semoga informasi ini dapat membantu kalian untuk menjadi bahan pertimbangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here