Kota Surabaya Memang Rajanya Nasi Sambal. Berikut Tempat Makan dan Resep Sego Sambal Surabaya.

0
203
Cookpadcom
cookpad.com

Spesial.net – Sambal memang sudah menjadi daya tarik setiap kuliner di Indonesia. Mulai dari bagian paling barat Indonesia hingga bagian paling timur Indonesia mempunyai ciri khas sambalnya masing-masing. Contohnya, pada masakan khas Padang, sambal hijau menjadi ciri khasnya. Sedangkan untuk sambal khas Surabaya memiliki ciri khas sambal cabai merah yang super pedasnya. Oleh karena itu, Kota Surabaya memang terkenal dengan kuliner yang mengundang uji nyali bagi para penantang makanan pedas. Nah, mungkin berikut beberapa tempat makan yang sego sambel atau nasi sambal yang populer di Kota Surabaya yang harus anda datangi.

Sego Sambel Mbak Yeye

Pecinta kuliner Surabaya pasti tak asing lagi dengan Sego Sambel Mbak Yeye. Letak warung ini berada di Jalan Jagir Wonokromo Wetan, Surabaya. Seporsi sego sambel khas Nusantara di sini berupa nasi hangat, lauk dan siraman sambal. Pilihan lauknya sangat banyak, mulai dari tempe goreng, telur dadar, hingga ikan pe. Untuk harganya rata-rata Rp18.000, tergantung lauk yang kamu pilih. Ingat, warung makan ini hanya buka tengah malam, yaitu mulai dari jam 9 malam hingga 4 pagi. (travelingyuk.com)

Sego Sambel Cak Yudhis

Selain Sego Sambel Mbak Yeye, ada satu lagi tempat makan yang menawarkan seporsi nasi dengan siraman sambal. Namanya Sego Sambel Cak Yudhis di Jalan Jaksa Agung Suprapto. Letaknya persis di seberang SMPN 1 Gresik. Tempat makan ini siap memanjakan lidahmu dengan seporsi nasi hangat, tempe serta sambal tomat yang warnanya merah. Tak lupa pula aneka lauk menggiurkan seperti ikan asin dan ikan pe. Hingga artikel ini ditulis, harga minimalnya Rp16.000. Sangat terjangkau untuk porsi melimpah. Berniat mampir ke sini? Ingat, warung Cak Yudhiss buka dari jam 5 sore hingga 2 pagi. (travelingyuk.com)

Tetapi teruntuk anda yang belum sempat pergi ke Surabaya, berikut adalah resep yang bisa anda coba dirubah untuk membuat sego sambel atau nasi sambal khas Surabaya. Dijamin rasanya tidak terlalu jauh dengan tempat makan sego sambel legenda di Kota Surabaya.

BACA JUGA:  23 Varian Hewan Yang Bisa Anda Lihat di Kebun Binatang Surabaya

Sego Sambel Penyetan Ikan Asap Ala Mak Yeye Surabaya

Sumber: cookpad.com/dhianislaurenc

Bahan-bahan

  • 4 ekor ikan asap

bahan tempe goreng :

  • irisan tempe sesuai selera
  • garam secukupnya
  • ketumbar secukupnya
  • bawang putih secukupnya
  • air secukupnya

Bahan Sambal :

  • 3 siungbawang putih digoreng
  • 3 siungbawang merah digoreng
  • cabe rawit sesuai selera
  • terasi udang sudah digoreng sesuai selera
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya (jika menginginkan rasa manis)
  • 1 buah tomat digoreng
  • minyak goreng untuk goreng ikan dan tempe

 

Cara Pembuatan

  1. Untuk ikan habis di cuci digoreng saja ya sampai matang kecoklatan, tiriskan.
  2. Untuk tempe, masukan semua bahan di 1 mangkok rendam 5 menit tempenya, digoreng hingga matang, tiriskan.
  3. Untuk sambal, ulek smua bahan pastikan bawang merah, putih dan tomat sudah digoreng ya. ulek semuanya lalu panaskan minyak goreng setelah minyak panas siramkan ke sambal, jangan banyak2 ya hanya supaya sambal matang kena minyak panas aja. ato boleh pakai 2 sdm minyak panas. kalo sudah penyet tempe nya di sambal siap dimakan dg nasi hangat tanpa antri.

Nah, bagaimana artikel ini cukup membantu? Jika iya bisa klik link di bawah untuk mengetahui lebih banyak tentang topik-topik keren lainnya.

==

Beberapa info menarik tentang Surabaya

BACA JUGA:  Menu Veitnam Drip Coffee Ala Ijen Cafe Surabaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here