Honda CRF250L, Trail Modern Dikelasnya

0
134
19 Honda CRF450L Still
19 Honda CRF450L Still

Honda memiliki beberapa motor trail, dan salah satu motor trail milik Honda di kelas 250cc adalah Honda CRF250L. Motor ini memiliki desain lekukan bodi yang tajam, namun tetap ramping. Honda CRF250L ini lebih ramping dibandingkan dengan CRF250 Rally yang belum lama ini telah dipasarkan di Indonesia dengan harganya yang berada di kisaran 60 jutaan. Mesin yang digunakan pun sama persis dengan yang digunakan oleh CRF250 Rally, jadi jangan heran apabila motor ini memiliki harga yang cukup mahal karena ini merupakan motor trail premium.

Honda CRF250L ini akan bersaing dengan Kawasaki KLX 250. Tapi ada beberapa kelebihan dari Honda CRF250L ini yaitu fitur – fitur yang tidak di Kawasaki KLX 250. Keduanya sudah menggunakan suspensi upside down dengan kapasitas mesin yang sama. Lalu seperti apa detail dari motor Honda CRF250L ini, mari simak ulasannya.

 

  • Desain dan Dimensi Honda CRF250L

 

Honda CRF250L memiliki desain yang aerodinamis dengan panjang 2.195 mm, lebar 815 mm, dan tinggi 1.195 mm. Bodinya terlihat lebih baik jika dibandingkan dengan Kawasaki KLX 250, karena di bagian depan lebih lancip dipadukan dengan suspensi upside down berwarna emas. Di Bagian belakang terpasang knalpot yang tercover dengan bodi belakang, sehingga untuk yang dibonceng aman tidak akan terkena panas knalpot.

Jarak sumbu depan hingga belakang sepanjang 1.445 mm. Lalu, motor ini memiliki ground clearance 254 mm. Dibagian depan juga terpasang tangki bahan bakar dengan kapasitas 7.8 liter. Meskipun ukurang tangki bensinnya tidak besar. Tetapi motor Honda CRF250L terbilang irit, karena motor ini dapat mencapai 33.3 km dengan satu liter bensin. Itu berarti motor ini dapat menempuh jarak 250 km ketika bensin diisi penuh.

 

  • Spesifikasi Mesin Honda CRF250L
BACA JUGA:  Honda Vario Memiliki Warna Baru

 

Mesin Honda CRF250L ini menggunakan mesin satu silinder dengan kapasitas 249cc sama persis dengan CRF250 Rally. Mesinnya menggunakan teknologi DOHC yang akan menghasilkan torsi yang besar, sehingga akan membuat nyaman ketika digunakan trail. Untuk menjaga suhu mesin agar tetap stabil motor ini pun menggunakan sistem liquid cooled dan tidak lupa juga motor ini menggunakan teknologi PGM-FI agar mesin menjadi responsif dan bertenaga.

Honda CRF250L dapat mengeluarkan tenaga mencapai 18.2 kw pada 8.500 rpm. Dan torsi puncaknya mencapai 22.6 Nm pada 6.750 rpm. Tenaga ini tersalurkan dengan sistem manual dengan 6 percepatan agar motor semakin responsif. Untuk bagian speedometer sendiri motor ini sudah menggunakan full digital yang modern untuk motor trail di kelasnya. Sehingga wajar bila harga motor ini pun terbilang cukup mahal.

 

  • Rangka dan Kaki – Kaki Honda CRF250L

 

Lanjut ke bagian kaki – kaki, Honda CRF250L sudah menggunakan suspensi upside down dengan diameter 43 mm. Untuk suspensi upside down menggunakan produk showa yang memiliki kualitas yang sangat baik. Dengan menggunakan upside down motor ini akan lebih stabil ketika melewati jalanan off-road. Bahkan, motor ini pun dapat digunakan untuk mengikuti ajang balapan motocross dengan sedikit modifikasi.

Pindah kebagian belakang, Honda CRF250L menggunakan suspensi belakang pro – link dan monoshock buatan showa. Untuk menambah kestabilan motor, Honda menggunakan rem depan tipe floating wave disk dengan diameter 256 mm dengan piston ganda. Lalu untuk bagian belakang, menggunakan rem wave disk berdiameter 220 mm dengan satu piston. Sistem pengeremannya pun sudah menggunakan ABS sehingga penggunaannya lebih maksimal.

Yang menarik, motor ini bisa mematikan ABS pada roda belakang untuk mengoptimalkan kemampuan off – road Honda CRF250L. Untuk ukuran ban sama persis dengan yang digunakan oleh CRF250 Rally, yang dimana ban depan lebih besar dibandingkan dengan ban belakang.

Berbicara tentang harga motor ini memiliki harga yang cukup mahal untuk motor sekela motor trail. Untuk mendapat motor ini kita harus merogoh kocek sebesar 76 jutaan harga ini terbilang mahal karena belum dipasarkan di Indonesia. Mungkin jika sudah dipasarkan di Indonesia ada kemungkinan harganya menjadi sedikit turun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here