Honda CBR250RR, Salah Satu Motor Sport Terbaik Di Indonesia

0
139
Honda CBR250RR Red
Honda CBR250RR Red

Honda memiliki motor sport yang menjadi salah satu terbaik di Indonesia yakni Honda CBR250RR. Motor ini menggunakan mesin 2 silinder, sehingga performanya lebih baik dibandingkan dengan CBR250R. Teknologi dan fitur dari motor ini pun lebih canggih dibandingkan dengan pendahulunya, jadi wajar saja apabila motor Honda CBR250RR ini memiliki harga yang cukup mahal di kisaran 60 jutaan. Harganya cukup jauh jika dibandingkan dengan Yamaha R25 yang memiliki harga dibawah 60 jutaan. Meskipun begitu, kita akan sebanding dengan apa yang kita dapatkan.

Meskipun masyarakat Indonesia masih banyak yang memilih Ninja 250, padahal jika dilihat dari teknologi kalah canggih dengan Honda CBR250RR. Desain motor ini lebih sporty, dan lebih modern dibandingkan dengan para pesaingnya. Honda pun memiliki 2 varian non-ABD dan ABS yang tentu akan mempengaruhi harga dari Honda CBR250RR ini. Lalu apa yang kita dapat dari motor dengan harga diatas 60 jutaan ini mari simak ulasannya.

 

  • Dimensi dan Bodi Honda CBR250RR

 

Honda melakukan perubahan besar – besaran pada motor sport 250cc miliknya. Pasalnya Honda CBR250RR lebih berkarakter dengan sudut – sudut bodi yang tajam di setiap sisinya. Bahkan Honda CBR250RR ini memiliki desain yang lebih baik jika dibandingkan dengan Yamaha R25 ataupun Kawasaki Ninja 250 yang bersaing di pasar motor sport 250cc.

Bodinya sendiri berukuran panjang 2.060 mm, lebar 724 mm, dan tinggi 1.098 mm dengan berat mencapai 168 kg. Untuk ground clearance mencapai 145 mm. Tangki bahan bakar motor ini memiliki kapasitas 14.5 liter yang memiliki desain futuristik. Bagian belakang pun tidak kalah modern dengan dibuat meruncing untuk menambah kesan sporty Honda CBR250RR. Dari segi desain motor ini sangat bagus, sehingga membuatnya menjadi motor 250cc terbaik.

Desain fairing Honda CBR250RR terbilang revolusioner. Sehingga motor ini banyak diburu oleh masyarakat Indonesia, meskipun memiliki harga di atas 60 jutaan ternyata hal itu tidak menyurutkan konsumen untuk membeli motor ini. Kita akan mendapatkan lampu depan dan belakang dengan sistem LED. Desain headlampnya berpadu dengan tail light yang meruncing. Selain itu, Honda CBR250RR ini memiliki dua lubang knalpot yang tidak dimiliki pesaingnya.

 

  • Spesifikasi Mesin Honda CBR250RR
BACA JUGA:  Cara merawat motor terbaru All New Honda Beat eSP

 

Untuk bagian mesin Honda CBR250RR menggunakan mesin 2 silinder (parallel twin cylinder) dengan 8 katup yang berkapasitas 249.7cc. Mesin ini dipadukan dengan sistem pendingin liquid cooled yang dilengkapi auto electric fan agar suhu mesin motor tetap stabil. Honda pun sudah menggunakan sistem fuel injection untuk CBR250RR ini dan membuatnya menjadi lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Untuk performa motor ini satu tingkat diatas motor 250cc sekelasnya. Karena motor ini dapat mengeluarkan tenaga mencapai 38.7 PS pada 12.500 rpm dengan torsi maksimal berada di 23.3 Nm pada 10.000 rpm. Tidak hanya tenaganya saja yang besar, torsinya pun melimpah. Honda pun membekali motor ini dengan teknologi throttle by wire yang digabungkan dengan mode berkendara (riding mode) ini salah satu faktor yang membuat harga Honda CBR250RR ini memiliki harga yang cukup mahal.

kita bisa memilih riding mode yang terdiri dari comfort mode, sport, dan sport+. Setiap riding mode memiliki fungsinya masing – masing. Untuk menampilkan informasi tentang berkendara seperti kecepatan, sisa bahan bakar, dan perpindahan gigi telah terpasang speedometer full digital dengan desain revolusioner dan dilengkapi dengan lap timer.

 

  • Rangka dan Kaki – Kaki Honda CBR250RR

 

Rangka Honda CBR250RR bertipe truss frame yang sangat kuat untuk menopang berat dari motor ini. Ada Pula suspensi depan menggunakan upside down berdiameter besar untuk mengoptimalkan stabilitas berkendara. Hal ini menjadi daya tarik sendiri karena pasalnya para pesaing di kelasnya belum menggunakan suspensi upside down. Bagian belakang menggunakan swing arm alumunium dan monoshock pro-link.

Suspensi pro-link yang digunakan oleh Honda CBR250RR ini memiliki 5 tingkat setelan yang bisa diatur sesuai dengan selera kita. Harga motor Honda ini juga bergantung dari varian ABS dan non ABS. Kedua varian ini menggunakan rem depan hydraulic disc dengan dua piston dan rem belakang hydraulic disc satu piston.

CBR250RR sudah menggunakan ban tubeless dengan ukuran bagian depan 110/70 – 17 54S dan bagian belakang 140/70 – 17 66S.

Hadirnya Honda CBR250RR ini membuat para pesain HONDA ketar – ketir. Hal ini karena mereka tidak menyangka jika desain dan fitur dari Honda CBR250RR ini akan berubah sejauh ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here