Atur Menu Diet Ini Untuk Hasil yang Efektif

0
147
Menu Diet
Menu Diet

SPESIAL.NET – Mengatur menu diet yang tepat bukan saja akan mampu menurunkan berat badan secara efektif namun juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Diet juga bukan hanya mengurangi asupan kalori secara kontinyu namun juga perlu dilakukan dengan sejumlah tindakan lain agar hasilnya cepat didapat.

Sebenarnya ada banyak nasehat yang sudah diberikan para ahli tentang cara mengatur pola makan untuk menurunkan berat badan. Semua nasehat itu bertumpu pada dua poin penting yang sebaiknya anda perhatikan. Pertama, bagaimana tubuh anda mendapatkan asupan minimal yang dibutuhkan secara tepat. Kedua, melakukan aktivitas yang membakar lemak untuk mempercepat menurunkan berat badan berlebih yang anda alami.

4 Menu Diet Penting yang Wajib Anda Perhatikan

Salah satu faktor penting jika anda ingin melakukan diet adalah niat yang sungguh-sungguh untuk mendapatkan hasilnya. Tanpa kesungguhan, sebagus apapun rencana anda menurunkan berat badan berlebih tentunya tak akan mampu memberikan hasil seperti yang anda harapkan.

Nah, berikut ini daftar menu diet penting yang wajib anda perhatikan dan laksanakan agar memberikan hasil yang cepat dan efektif.

1. Pilih makanan berkarbohidrat sehat

Banyak penelitian yang memperlihatkan bahwa orang yang makan gandum umumnya memiliki jantung yang lebih sehat. Anda bisa membuat menu diet sehat dengan mencampurkan gandum dengan makanan yang dari biji-bijian.

Menu makanan beras merah, gandum, quinoa, atau millet bisa ditambah dengan biji-bijian akan membuat diet anda menyenangkan dan menyehatkan. Selain lezat, menu diet semacam ini juga sangat baik untuk kesehatan tubuh anda karena mengandung antioksidan dan rendah kalori, dan melindungi tubuh terhadap gangguan jantung koroner, diabetes, maupun kanker.

2. Masukan protein dalam menu diet anda

Diet adalah mengatur asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, khususnya dengan mengurangi kalori. Namun dalam proses diet ini sebaiknya perhatikan agar protein tetap menjadi menu yang harus anda konsumsi. Diet yang dilakukan secara membabi buta dengan menahan atau menjauhi makan justru bisa membuat tubuh lemas dan merugikan kesehatan.

BACA JUGA:  Ciri-Ciri Diabetes yang Membedakan Jenis Kering dan Basah

Makanan yang mengandung protein merupakan sumber energi yang sangat dibutuhkan tubuh. Makanan sumber protein yang sangat penting antara lain ikan segar, ayam, telur, kacang-kacangan, dan tahu. Jika asupan protein berkurang, maka bisa melemahkan sistem pernapasan dan jantung, menurunkan kekebalan tubuh, mengurangi massa otot, dan menghambat pertumbuhan.

3. Jangan lupakan serat makanan

Serat makanan sangat penting untuk keberhasilan program diet sehat rendah kalori anda. Makanan berserat akan membantu anda agar selalu merasa kenyang dan mengurangi keinginan untuk makan atau ngemil. Serat juga bermanfaat untuk menjaga gula darah anda agar tetap stabil maupun meningkatkan sistem pencernaan.

Sumber serat makanan antara lain bisa dipeorleh dari sayuran, biji-bijian, buah-buahan, dan berbagai jenis makanan nabati lainnya. Idealnya, tubuh membutuhkan setidaknya sekitar 20-30 gram serat per hari untuk diet yang sehat.

4. Jauhi garam berlebih

Menjauhi garam bukan berarti anda tidak boleh makan garam. Hanya saja dalam mengatur menu diet yang berhasil anda tidak boleh mengkonsumsi garam melebihi 2.300 mg per hari yang setara dengan satu sendok teh garam.

Selain itu anda sebaiknya menjauhi makanan kemasan, makanan yang diproses, ataupun makanan cepat saji dan dari restoran. Makanan olahan instan, seperti makanan kaleng ataupun makanan beku lainnya umumnya memiliki kandungan sodium yang cukup tinggi.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan dalam 3mengatur menu diet anda agar memberikan hasil yang cepat dan efektif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here