Manfaat Lobak Untuk Menurunkan Berat Badan

0
611
Chopping Board Food Fresh 1323646
Chopping Board Food Fresh 1323646

Manfaat Lobak Untuk Menurunkan Berat Badan

Klik Saja Sepuasnya!

Lobak adalah sayuran yang bisa ditambahkan ke semua jenis hidangan dan salad. Selain dibudidayakan untuk konsumsi sebagai makanan, lobak juga kerap digunakan sebagai obat-obatan tradisonal, seperti sakit tenggorokan, demam, dan peradangan. Lobak, biasanya berwarna putih dan merah, mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan Anda. Menambahkan lobak ke dalam menu diet Anda bisa membantu mempercepat proses penurunan berat badan. Berikut ini beberapa alasan mengapa lobak baik untuk dijadikan menu diet Anda.

Rendah kalori

Lobak memiliki kandungan kalori yang rendah. Mengganti camilan dengan lobak bisa mengurangi jumlah kalori yang masuk ke tubuh Anda. Anda bisa mengonsumsi lobak mentah atau menambahkan saus, seperti hummus, yang rendah lemak dan kalori. Setengah mangkuk lobak hanya mengandung 12 kalori.

Kaya serat

Setengah cangkir lobak mengandung 1 gram serat, yang penting untuk penurunan berat badan. Serat tidak hanya membantu menurunkan kolesterol, tetapi juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Makanan kaya serat bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan mengonsumsi lobak, Anda bisa menambahkan asupan serat ke dalam menu diet Anda.

Indeks glikemik rendah

Mengonsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik rendah, seperti lobak, dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Indeks glikemik suatu makanan didasarkan pada berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memecah dan mencerna dalam tubuh. Makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi cepat rusak dan dapat menyebabkan peningkatan gula darah secara cepat. Tubuh merespons dengan mengeluarkan lebih banyak insulin untuk menangkal gula darah yang tinggi. Terlalu banyak insulin menghambat proses pembakaran lemak dalam tubuh, dan sebenarnya dapat menyebabkan tubuh Anda menyimpan lebih banyak lemak. Mengonsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik rendah akan membantu mempertahankan gula darah yang stabil, menghindari kenaikan dan penurunan cepat insulin dan glukosa dalam aliran darah.

BACA JUGA:  All New Honda PCX Hybrid, Spesifikasi Dan Harga Terbaru (part 1)

Manfaat lobak untuk kesehatan

Selain dapat menurunkan berat badan, lobak juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan, di antaranya:

  • Melancarkan sistem pencernaan

Lobak merupakan jenis sayuran yang kaya akan kandungan serat. Mengonsumsi lobak secara rutin dapat menyehatkan sistem pencernaan, melancarkan buang air besar, dan mencegah sembelit.

  • Baik untuk penderita diabetes

Indeks glikemik lobak yang tergolong rendah membuat sayuran ini aman untuk dikonsumsi penderita diabetes dan tidak membuat kadar gula darah naik. Selain itu, lobak juga mengandung zat antosianin, yaitu sejenis antioksidan yang berguna untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas yang disebabkan oleh diabetes.

  • Menghambat pertumbuhan sel kanker

Selain kandungan antosianin, lobak juga memiliki kandungan zat isothiocyanate yang berguna untuk mencegah munculnya penyakit kanker. Sebuah penelitian bahkan mengungkapkan zat isothioocyanate bermanfaat untuk mematikan beberapa sel kanker, seperti kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker prostat.

  • Memiliki sifat antijamur

Manfaat lobak tidak berhenti sampai disitu, lobak sendiri diketahui memiliki kandungan protein antijamur alami yang bermanfaat untuk mematikan jamur Candida albicans, yaitu jamur penyebab munculnya sariawan, infeksi jamur vagina, dan kandidiasis kulit.

  • Baik untuk kesehatan jantung

Lobak ternyata juga baik untuk kesehatan jantung. Kandungan serat, nitrat, serta antioksidan di dalamnya memiliki efek yang baik untuk mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah jantung juga melebarkan dan merelaksasi pembuluh darah untuk menunjang aliran darah yang lancar. Penelitian di Korea Selatan menunjukkan bahwa pola makan tinggi serat dari sayuran seperti lobak memiliki efek baik dalam mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

BACA JUGA:  Makanan Super Sehat Namun Mudah Didapat Ini Ternyata Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here