Putih Telur dan Beragam Manfaatnya Untuk Kesehatan: Mencerahkan Wajah Hingga Menurunkan Berat Badan

0
109
Bowl Close Up Cooking 1266004
Bowl Close Up Cooking 1266004

SPESIAL.NET – Putih Telur dan Beragam Manfaatnya Untuk Kesehatan: Mencerahkan Wajah Hingga Menurunkan Berat Badan. Putih telur (telur tanpa kuning telur) cukup populer di kalangan orang-orang yang sedang menjalankan proses penurunan berat badan. Dikenal sebagai superfood, telur diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan. Tetapi karena kandungan lemak dan kalorinya, kuning telur seringkali dibuang dari menu diet. Hal ini mungkin karena keyakinan bahwa kuning telur dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan dapat berkontribusi pada peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Kadar kolesterol tinggi juga bisa berbahaya bagi penderita penyakit jantung. Putih telur, di sisi lain, rendah kolesterol dan kaya nutrisi dan vitamin esensial. Putih telur juga aman dikonsumsi untuk penderita penyakit jantung. Selain rendah lemak dan kalori, putih telur juga tinggi protein, yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga bisa mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Nutrisi Putih Telur

Menurut U.S. Department of Agriculture, putih telur besar memiliki sekitar 17 kalori, kurang dari 1 gram karbohidrat, kurang dari 1 gram gula, dan sekitar 3,5 gram protein. Putih telur tidak mengandung kolesterol dan juga lemak. Sebaliknya, kuning telur memiliki sekitar 55 kalori, 4,5 gram lemak, 0,5 gram karbohidrat, kurang dari 1 gram gula, 185 miligram kolesterol, dan 2,7 gram protein. Dari sudut pandang penurunan berat badan, putih telur lebih unggul daripada kuning telur karena kurang padat energi. The Centers for Disease Control and Prevention menjelaskan bahwa makanan yang memiliki kepadatan energi rendah sering kali memiliki kadar air yang tinggi dan kandungan kalori yang rendah.

BACA JUGA:  Jamur, Makanan Pengganti Daging Untuk Diet Sehat Anda

Putih Telur Untuk Menurunkan Berat Badan

Diet tinggi protein dan rendah karbohidrat bisa menjadi cara yang efektif untuk menurunkan berat badan dalam jangka pendek. Selain putih telur, makanan lain dengan kandungan protein yang tinggi di antaranya daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian dan produk susu rendah lemak atau tanpa lemak.

Bagaimana putih telur secara efektif membantu menurunkan berat badan? Jawabannya ada hubungannya dengan kandungan proteinnya yang tinggi. Makanan yang memiliki jumlah protein tanpa lemak yang tinggi cenderung lebih memuaskan dan cepat membuat kenyang daripada makanan dengan jumlah karbohidrat atau lemak yang tinggi, sehingga mereka dapat mengurangi rasa lapar dan membantu Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori. Makanan yang tinggi serat, seperti oatmeal, memiliki beberapa sifat yang sama dan juga kondusif untuk menurunkan berat badan.

Manfaat Lain Putih Telur

Selain menurunkan berat badan, rutin mengonsumsi putih telur juga bisa memberikan manfaat lain bagi kesehatan, di antaranya:

  • Asupan untuk pertumbuhan otot

Putih telur mengandung protein yang tinggi. Protein merupakan komponen yang penting dalam membentuk dan memperbaiki jaringan tubuh. Bagi orang-orang yang menjalani latihan kekuatan atau olahraga secara rutin, asupan protein dan karbohidrat yang cukup sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan otot.

  • Berpotensi menurunkan tekanan darah

Khasiat putih telur diduga juga dapat menurunkan tekanan darah. Menurut penelitian, senyawa peptida RVPSL yang ditemukan pada putih telur memiliki efektivitas yang sama dengan obat captopril dalam menurunkan tekanan darah. RVPSL bekerja dengan menghalangi kinerja enzim pengubah angiotensin (angiotensin converting enzyme/ACE). Enzim ini merupakan enzim yang diproduksi oleh tubuh dan mampu meningkatkan tekanan darah. Hanya saja, penelitian ini baru dilakukan sebatas pada tikus dan masih membutuhkan pembuktian lebih lanjut untuk mengetahui potensi yang sama bagi manusia.

  • Membersihkan wajah
BACA JUGA:  5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Diet Anda Gagal dan Cara Mengatasinya

Khasiat putih telur juga bisa diterapkan pada tubuh bagian luar, seperti wajah. Putih telur yang dikombinasikan dengan lemon bisa dijadikan masker yang dipercaya efektif mencerahkan dan mengencangkan kulit, serta membuat pori-pori tampak mengecil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here