Tips Mengonsumsi Kentang Goreng Bagi yang Sedang Menjalankan Diet

0
178
Blur Close Up Crispy 1893555
Blur Close Up Crispy 1893555

SPESIAL.NET – Tips Mengonsumsi Kentang Goreng Bagi yang Sedang Menjalankan Diet. Kentang goreng adalah makanan yang disukai banyak orang. Sayangnya, makanan lezat ini mengandung kalori yang tinggi. Hampir semua metode diet melarang konsumsi kentang goreng agar program diet bisa berjalan dengan baik. Bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan, mengucapkan selamat tinggal pada kentang goreng mungkin adalah hal yang cukup sulit. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Anda tetap bisa mengonsumsi makanan lezat satu ini dan juga menurunkan berat badan.

Kentang memang mengandung beragam nutrisi. Namun, kentang goreng dianjurkan untuk dikonsumsi secara terbatas. Bahkan, porsi sedang kentang goreng di restoran siap saji umumnya mengandung 300-400 kalori. Dalam sebuah studi diungkap, kentang goreng merupakan makanan tinggi kalori dan sangat berkaitan dengan penambahan berat badan. Selain mengandung kalori yang tinggi, satu porsi sedang kentang goreng di restoran siap saji mengandung sekitar 300-500 miligram sodium atau garam.

Salah satu kunci untuk menurunkan berat badan adalah mengatur jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Rata-rata wanita memerlukan asupan sebanyak 2000 kalori per harinya, sedangkan pria rata-rata membutuhkan asupan sebanyak 2500 kalori per hari. Untuk menurunkan berat badan, idealnya Anda hanya perlu mengurangi 500 kalori setiap hari. Sehingga, wanita membutuhkan 1500 kalori dan pria membutuhkan 2000 kalori per hari untuk menurunkan berat badan.

BACA JUGA:  7 Alasan Pentingnya Mengonsumsi Bayam Setiap Hari

Cara mengolah kentang untuk konsumsi saat diet

Untuk mengatur jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh, Anda harus bijak dalam mengolah makanan. Anda tetap bisa mengonsumsi kentang saat diet asalkan diolah dengan benar. Berikut ini beberapa cara pengolahan kentang untuk Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan.

  • Makan dengan kulitnya

Jika Anda ingin mengonsumsi kentang sebagai sumber karbohidrat dalam diet penurunan berat badan, sebaiknya makan kentang dengan kulitnya. Jangan kupas kulit kentang karena di dalam kulit kentang itulah terdapat serat yang membantu Anda mengontrol nafsu makan dan melancarkan pencernaan.

  • Memanggang kentang

Sebenarnya Anda lebih dianjurkan untuk memanggang kentang dibandingkan menggoreng. Hal itu karena memanggang kentang akan memberikan lebih banyak manfaat dengan memangkas kalori dan lemak. Cara ini juga dapat membantu kondisi tidak nyaman pada perut, termasuk akibat asam lambung yang dapat dipicu oleh makanan berminyak dan berlemak.

  • Makan kentang yang sudah dingin

Kentang yang dimakan dalam keadaan panas memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi dibandingkan kentang yang sudah dingin. Sehingga, mendinginkan kentang terlebih dahulu sebelum Anda memakannya, seperti hidangan salad kentang, dapat membantu dalam menurunkan indeks glikemik kentang.

  • Menggunakan minyak zaitun

Jika kentang goreng selama ini menggunakan minyak yang mengandung banyak lemak dan kalori, coba mengganti dengan minyak zaitun yang baik untuk kesehatan jantung. Caranya, oleskan dua sendok makan minyak zaitun pada kentang sebelum dipanggang.

  • Mengoleskan kaldu sayuran atau putih telur
BACA JUGA:  Hati-Hati! 5 Kebiasaan di Pagi Hari Ini Bisa Membuat Anda Gemuk

Jika Anda ingin mengurangi lebih banyak lagi kalori, cobalah memanggang kentang tanpa menggunakan minyak sama sekali. Akan tetapi, Anda bisa menggantinya dengan mengoleskan kaldu dari sayuran atau putih telur yang sudah dikocok. Kemudian, panggang selama beberapa menit hingga tampak kecokelatan.

  • Mengganti garam dengan rempah-rempah

Jika Anda membuat kentang panggang di rumah, Anda juga bisa mengganti garam dengan beragam rempah-rempah untuk memperkaya rasa pengganti kentang goreng, seperti menggunakan bawang putih, paprika, jintan, dan lain-lain.

Bagi Anda pecinta kentang goreng, mengolah cara memasak kentang bisa menjadi solusi untuk tetap dapat menikmatinya dan menurunkan berat badan. Selain itu, perhatikan juga konsumsi makanan lain yang tinggi serat, seperti sayuran dan buah-buahan. Jangan lupa selingi diet Anda dengan olahraga secara rutin untuk membantu mempercepat proses penurunan berat badan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here