Tips Sehat dengan Makanan yang Cocok untuk Buka Puasa

0
118
Makanan Yang Cocok Untuk Buka Puasa
Makanan Yang Cocok Untuk Buka Puasa

SPESIAL.NET – Pada dasarnya makanan yang cocok untuk buka puasa bisa dikatakan tak ada batasannya kecuali diri kita sendiri. Anda bisa melahap apa saja makanan yang disediakan untuk membatalkan puasa dan berbuka. Dari sekedar minum air putih, minuman botol, makan permen, ataupun makan cemilan.

Pemahaman terhadap apa saja yang masuk ke dalam tubuh akan sangat bermanfaat agar kita lebih selektif dalam mengkonsumsi makanan. Banyaknya jensi penyakit mematikan dan datang secara tiba-tiba dan mendadak lebih banyak disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Dengan pemahaman yang proporsional, maka diharapkan kita pun bisa memilih makanan sehat, termasuk untuk berbuka puasa.

6 Jenis Makanan yang Cocok untuk Buka Puasa

Untuk memberikan pencerahan buat anda, berikut dijelaskan apa saja jenis makanan yang cocok untuk buka puasa.

Makanan Yang Cocok Untuk Buka Puasa
Makanan Yang Cocok Untuk Buka Puasa

1. Air Putih

Saat berpuasa tubuh tidak mendapat asupan apapun, baik dari minuman maupun makanan. Efek yang paling terasa saat berpuasa adalah kondisi dehidrasi atau kekurangan cairan. Hal ini terjadi karena sebagian besar tubuh manusia tersusun atas cairan. Kurangnya cairan tubuh bukan saja akan menyebabkan terjadinya dehidrasi namun juga dapat mengganggu kerja organ tubuh lainnya.

Karena itulah saat berbuka sebaiknya minum air putih yang cukup untuk memenuhi kebutuhaan tubuh terhadap cairan. Namun agar tidak kembung sebaiknya minum air putih dilakukan secara bertahap.

BACA JUGA:  Resep Camilan Sederhana dan Murah dari Ubi Jalar

2. Buah Kurma

Buah kurma merupakan jenis makanan yang disebutkan Rasulullah SAW agar kita makan saat berbuka puasa. Sebagai umat yang mengikuti sunnah dan teladan Rasul-Nya tentunya kita pun harus mengikuti contoh tersebut. Yang menarik, hasil riset juga memperlihatkan tingginya manfaat buah kurma dalam memenuhi kebutuhan tubuh yang lemas setelah seharian berpuasa.

Selain kandungan gula alaminya dan nutrisinya yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan tubuh, kurma juga kaya serat. Karena itulah buah kurma menjadi makanan wajib yang harus selalu ada saat berbuka puasa.

3. Buah-buahan

Buah-buahan adalah makanan alami yang mengandung banyak nutrisi, vitamin,, dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh, khususnya untuk orang yang berpuasa. Dengan makan buah—buahan yang segar, manis, dan mengandung banyak serat akan bisa memberikan asupan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh setelah seharian berpuasa sekaligus mengembalikan energi dengan cepat.

Selain kaya kandungan seratnya, buah juga mengandung banyak air yang baik untuk berbuka puasa. Beberapa jensi buah yang sangat baik dikonsumsi saat berbuka antara lain pepaya, pisang, nangka, melon, dan lainnya.

4. Sayur-sayuran

Sayuran juga merupakan jenis makanan yang cocok untuk buka puasa. Selain mengandung banyak nutrisi dan mineral yang diperlukan tubuh, kanndungan gizi sayuran juga mudah larut dan mampu mengembalikan tenaga dengan cepat. Sayuran yang sangat disarankan untuk menu berbuka adalah jenis sayuran hijau dan berwarna, seperti bayam, kangkung, brokoli, wortel, dan lainnya.

BACA JUGA:  Kuaci Rebo, Cemilan Aneka Rasa dan Bergizi

5. Kacang-kacangan

Bahan makanan dari kacang-kacangan juga sangat baik dan ccok untuk menu berbuka puasa. Kacang hijau atau kacang merah bisa dibuat bubur untuk berbuka puasa. Sedangkan kacang panjang, kacang kapri, jagung, ataupun kacang tanah bisa dibuat sayuran yang nikmat dan menyegarkan. Selain mengandung tinggi gizinya, variasi menu dengan kacang-kacangan akan memberikan asupan nutrisi yang lengkap untuk tubuh.

6. Protein Hewani

Makanan yang cocok untuk buka puasa lainnya adalah makanan hewani, seperti ikan dan telur ayam. Protein hewani ini memberikan nutrisi yang mudah diserap tubuh.

Berbeda dengan daginng ayam atau sapi, ikan dan telur ayam lebih mudah dicerna tubuh. Apalagi saat berbuka dimana pencernaan tidak bekerja seharian kaarena berpuasa sebaiknya jangan makan makanan berat di awal berbuka agar tidak membuat kaget perut.

Demikianlah berbagai jenis makanan yang cocok untuk buka puasa yang bisa Anda pilih untuk disajikan buat keluarga tercinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here