Susu Almond dan Susu Skim? Mana yang Lebih Cocok Untuk Menurunkan Berat Badan?

0
152
Almonds Beverage Blur 1484553
Almonds Beverage Blur 1484553

SPESIAL.NET – Susu Almond dan Susu Skim? Mana yang Lebih Cocok Untuk Menurunkan Berat Badan? Susu almond merupakan alternatif pengganti susu sapi. Namun, kedua jenis susu ini memiliki nutrisi yang berbeda. Susu almond dan susu tanpa lemak atau susu skim memiliki keunggulannya masing-masing, khususnya dalam hal menurunkan berat badan. Susu almond memiliki kalori yang lebih rendah, namun susu skim memiliki kandungan protein yang lebih tinggi.

Apapun pilihan makanan dan minuman dalam menu diet Anda, Anda harus membakar kalori lebih banyak daripada yang masuk ke dalam tubuh. Susu almond dan susu skim memiliki satu kekurangan dalam hal penurunan berat badan, yaitu merupakan sumber kalori cair. Menurut Harvard School of Public Health, cairan umumnya tidak membantu Anda merasa kenyang. Jadi Anda mengonsumsi kalori tanpa merasa kenyang. Cobalah mendapatkan sebagian besar cairan untuk menghidrasi tubuh dari cairan bebas kalori, seperti air putih.

Manfaat Susu Almond

Meskipun susu almond mengandung kalori, tetapi jumlahnya lebih rendah daripada susu skim, yang memberikan manfaat bagi penurunan berat badan. Secangkir susu almond tanpa pemanis hanya mengandung 39 kalori, dibandingkan dengan secangkir susu skim yang mengandung 91 kalori. Jika Anda minum segelas susu setiap hari, beralihlah ke susu almond tanpa pemanis, maka Anda akan menghemat hampir 19.000 kalori sepanjang tahun. Itu setara dengan lebih dari 5 pon lemak yang akan Anda hilangkan, tanpa melakukan penyesuaian lain terhadap asupan kalori atau diet Anda. Namun, hindari susu almond yang mengandung pemanis karena mengandung kalori yang lebih tinggi. Satu cangkir susu almond rasa vanilla, misalnya, mengandung 91 kalori, sama seperti jumlah kalori dalam susu skim.

BACA JUGA:  5 Camilan Tinggi Serat Untuk Anda yang Sedang Diet

Manfaat Susu Skim

Susu skim memiliki keunggulan penurunan berat badan dibandingkan susu almond dalam hal kandungan proteinnya. Satu cangkir susu skim mengandung 9 gram protein, sedangkan susu almond mengandung kurang dari 2 gram protein per cangkirnya.  Fungsi utama protein adalah membentuk semua sel dan jaringan tubuh. Tapi di samping itu, protein juga punya manfaat lain yaitu membantu meningkatkan proses metabolisme termasuk pembakaran lemak. Selain itu, protein bekerja membantu membakar lemak karena dia memberi asupan energi untuk otot. Ada juga beberapa bukti yang menghubungkan konsumsi susu dengan kehilangan lemak. Sebuah studi yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition pada 2015 mengamati hasil beberapa studi sebelumnya untuk menentukan apakah ada hubungan antara asupan susu dan berat badan. Setelah mempelajari hasil 41 studi, para peneliti menemukan bahwa pelaku diet yang mengonsumsi tiga porsi susu per hari tidak menurunkan berat badan, namun mereka berhasil menghilangkan lemak tubuh.

Selain itu, susu skim dan produk turunannya, seperti yoghurt, ternyata memiliki dampak baik untuk mencegah penyakit diabetes tipe 2. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi susu rendah lemak memiliki penurunan risiko sebanyak 32 persen untuk terkena diabetes. Hal ini dikarenakan susu rendah lemak dapat membantu mencegah melonjaknya kadar gula darah, penyebab penyakit diabetes.

Tips Memilih Susu Untuk Program Diet Anda

BACA JUGA:  Hati-Hati! 5 Kebiasaan di Pagi Hari Ini Bisa Membuat Anda Gemuk

Susu skim dan susu almond dapat masuk ke dalam menu diet selama Anda masih mendapatkan sebagian besar cairan dari air putih. Saat Anda berbelanja susu almond, pilih yang diperkaya dengan kalsium. Susu skim menyediakan sekitar sepertiga kalsium harian Anda per porsi, jadi jika Anda menggantinya dengan susu almond, Anda dapat memilih yang memiliki kadar kalsium serupa. Hindari membeli susu almond yang diperkaya dengan rasa karena kandungan gula justru bisa membuat berat badan Anda naik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here