Tips Mengolah Chia Seed Untuk Mendapatkan Manfaat Penurunan Berat Badan

0
108
Close Up Dry Herb 938699
Close Up Dry Herb 938699

SPESIAL.NET – Tips Mengolah Chia Seed Untuk Mendapatkan Manfaat Penurunan Berat Badan. Chia seed merupakan makanan yang populer karena harganya yang relatif terjangkau, bergizi tinggi, dan bisa dicampur di berbagai hidangan. Chia seed dipercaya memiliki beberapa manfaat kesehatan, dan salah satunya adalah membantu menurunkan berat badan. Bentuknya yang kecil akan mengembang setelah beberapa saat direndam di dalam air, dan akan lebih mengembang lagi setelah chia seed berada di dalam perut. Ditambah dengan kandungan serat tak larutnya, chia seed dapat membuat orang yang mengonsumsinya dapat merasakan kenyang lebih lama. Anda dapat menambahkan chia seed pada oatmeal, salad, smoothies, dan yogurt.

Chia Seed Untuk Menurunkan Berat Badan

Chia seed kaya akan kandungan serat. Satu ons chia seed mengandung sekitar 10 gram serat. Chia seed bisa menyumbang jumlah yang signifikan terhadap asupan serat harian Anda, yang berkisar 21 hingga 38 gram setiap harinya. Mengonsumsi makanan yang kaya serat adalah salah satu cara yang efektif untuk menurunkan berat badan. Seperti yang tertulis dalam buku The Aztec Diet, Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi 4 hingga 8 sendok makan chia seed sepanjang hari untuk menghindari kemungkinan makan secara berlebihan.

Selain menurunkan berat badan, chia seed juga memiliki dampak yang baik untuk kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi chia seed dapat melindungi jantung dari pengerasan pembuluh darah dan penyakit jantung. Selain itu, chia seed juga dapat mencegah lonjakan gula darah di dalam tubuh sehingga menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

BACA JUGA:  Putih Telur dan Beragam Manfaatnya Untuk Kesehatan: Mencerahkan Wajah Hingga Menurunkan Berat Badan

Cara Pengolahan Chia Seed dalam Menu Diet

Untuk mendapatkan hasil yang optimal dari chia seed, Anda bisa menambahkannya pada menu makan sehari-hari. Berikut ini beberapa cara pengolahan chia seed ke dalam makanan Anda.

  • Campurkan dalam minuman detoks

Untuk nutrisi tambahan, masukkan beberapa chia seed ke dalam air detoks favorit Anda. Jika Anda mencari sesuatu yang agak manis, buat ramuan dengan menggabungkan 1 cangkir air dengan 1 sendok makan biji chia, 2 sendok makan lemon segar atau jus jeruk nipis, dan 2 sendok teh madu. Diamkan semalaman sebelum dikonsumsi.

  • Taburkan pada potongan buah

Anda bisa membuat camilan yang enak dengan mengiris buah favorit Anda, seperti apel atau pir yang dioles selai kacang. Untuk membuatnya semakin renyah, taburkan chia seed di atasnya. Camilan kaya serat ini cocok untuk Anda yang merasa lapar di sela waktu makan.

  • Tambahkan dalam salad favorit

Buat salad yang terdiri dari buah-buahan dan sayuran segar untuk sarapan. Anda bisa menambahkan minyak zaitun untuk memperkaya rasa. Tambahkan juga chia seed agar Anda memiliki energi hingga siang hari.

  • Campurkan dalam puding

Selain sebagai topping, chia seed juga bisa dijadikan bahan utama suatu makanan. Buat puding chia yang sehat dengan mencampurkan chia seed ke dalam susu almond tanpa pemanis sampai campuran mengental, sekitar 3 hingga 5 menit. Anda bisa membuatnya manis dengan menambahkan pisang, kayu manis, atau potongan stroberi.

  • Tambahkan pada smoothies
BACA JUGA:  Tips Mengonsumsi Kentang Goreng Bagi yang Sedang Menjalankan Diet

Smoothies bisa menjadi salah satu camilan sehat ketika Anda sedang berdiet. Campuran susu atau yohurt, buah-buahan, dan chia seed adalah kombinasi yang tepat untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

  • Campuran popcorn

Bosan dengan rasa popcorn yang biasa? Coba tambahkan parutan kulit jeruk nipis, satu sendok makan chia seed, dan satu sendok teh garam di atas popcorn dan aduk hingga tercampur rata.

Selain dengan mengonsumsi chia seed, untuk mendapatkan hasil penurunan berat badan yang optimal dan jangka panjang, Anda juga harus menerapkan pola makan yang sehat dan juga melakukan olahraga secara teratur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here