Pilih Produk Susu yang Tepat Untuk Menurunkan Berat Badan

0
111
Nikolai Chernichenko 699335 Unsplash
Nikolai Chernichenko 699335 Unsplash

SPESIAL.NET – Pilih Produk Susu yang Tepat Untuk Menurunkan Berat Badan. Produk susu termasuk bagian penting dari diet sehat, dan pedoman USDA ChooseMyPlate merekomendasikan agar pria dan wanita mengonsumsi 3 cangkir susu setiap hari. Susu, termasuk yang berasal dari tumbuhan seperti susu kedelai atau susu almond, harus masuk dalam asupan harian Anda. Susu tanpa lemak dan tanpa pemanis dapat bekerja dalam diet penurunan berat badan, dan berbagai jenis susu memiliki kelebihan penurunan berat badan yang berbeda.

Pilihan Susu Rendah Kalori yang Sehat

Saat Anda mencoba menurunkan berat badan, penting bagi Anda untuk membuat defisit kalori, suatu keadaan di mana Anda membakar lebih banyak kalori setiap hari daripada yang Anda konsumsi. Untuk mengurangi 1 hingga 2 pon dalam seminggu, Anda harus mengurangi 500-100 kalori dalam seharinya.

Beberapa jenis susu lebih baik daripada yang lain untuk menjaga kalori yang masuk ke tubuh rendah. Jika Anda meminum susu sapi, pastikan untuk memilih yang tidak mengandung lemak. Susu tanpa lemak hanya memiliki 83 kalori per cangkir, sedangkan susu yang mengandung 2% lemak memiliki 122 kalori,  dan satu cangkir susu murni memiliki 150 kalori. Jika Anda meminum susu alternatif, seperti susu kedelai atau susu almond, pilih yang tidak diberi pemanis. Susu kedelai yang diberi gula memiliki 130 kalori per cangkir, sedangkan susu kedelai tanpa pemanis hanya memiliki 80 kalori. Susu almond yang diberi gula memiliki 91 kalori per cangkir, sedangkan yang tanpa pemanis hanya memiliki 30 kalori.

BACA JUGA:  Tips Makan di Malam Hari Untuk Menurunkan Berat Badan

Susu Tinggi Protein

Beberapa sumber susu berkalori tinggi, seperti susu sapi dan susu kedelai, ternyata memiliki manfaat juga untuk penurunan berat badan karena kandungan proteinnya yang tinggi. Secangkir susu tanpa lemak mengandung sekitar 8 gram protein dan susu kedelai menawarkan 7 hingga 8 gram protein. Tubuh Anda membakar kalori hanya dengan mencerna makanan kaya protein, dan protein juga meningkatkan rasa kenyang, yang berarti Anda akan merasa lebih kenyang setelah mengonsumsinya.

Susu almond, walaupun rendah kalori, hanya mengandung 1 gram protein per cangkir, jadi Anda akan merasa cepat lapar setelah meminumnya. Anda bisa mengonsumsi susu kedelai atau susu sapi sebagai minuman yang lebih mengenyangkan, minuman yang bisa menggantikan camilan di antara waktu makan.

Kalsium Untuk Menurunkan Berat Badan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Obesity Research pada tahun 2004, mendapatkan cukup kalsium dalam diet Anda dapat membantu mencapai tujuan penurunan berat badan. Studi ini mengamati penurunan berat badan pada dua kelompok orang dewasa yang mengalami obesitas. Satu kelompok mendapatkan kalsium dari produk susu lebih banyak dibandingkan kelompok lainnya. Pada akhir 24 minggu, kelompok kalsium tinggi kehilangan berat badan dan lemak tubuh secara signifikan, termasuk lemak perut, daripada kelompok kalsium rendah.

Susu sapi mengandung kalsium yang tinggi, yaitu dapat memenuhi sekitar 30% dari asupan harian per cangkirnya. Sementara susu kedelai atau susu almond lebih sedikit mengandung kalsium.

BACA JUGA:  Makan Pizza Ketika Sedang Diet? Kenapa Tidak?

Tetap Terhidrasi untuk Menurunkan Berat Badan

Jangan mengandalkan susu sebagai sumber hidrasi utama Anda. Air putih seharusnya merupakan mayoritas dari cairan yang Anda minum, baik untuk penurunan berat badan maupun kesehatan secara keseluruhan. Air putih adalah minuman yang bebas gula dan kalori, yang berarti Anda dapat meminumnya sepanjang hari tanpa khawatir jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Jika Anda menginginkan minuman yang memiliki rasa, tambahkan beberapa irisan jahe, lemon, atau mint ke dalam air putih Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here