Motor Moge Adventure Khas Eropa, Honda X-ADV

0
139
Timthumb
Timthumb

Pertama kali Honda memperkenalkan motor ini pada saat ajang EICMA 2017 yang berlangsung di Milan, Italia. Honda X-ADV namanya yang langsung menjadi bahan perhatian pengunjung dari seluruh dunia, karena motor ini memiliki desain dengan konsep bergaya adventure. Motor ini bisa menjajal semua medan dengan menggunakan mesin 745cc yang digabungkan dengan transmisi hydraulic dual clutch (DCT).

Adanya teknologi hydraulic dual clutch (DCT) memungkin Honda X-ADV memiliki dua mode transmisi yang terdiri dari matic dan manual. Teknologi ini mirip dengan yang diterapkan oleh Honda CRF1000L Africa Twin dan Honda NM Vultus. Ketiga motor ini termasuk moge milik Honda yang berkapasitas mesin besar, jadi wajar jika motor ini memiliki harga yang sangat mahal.

Dengan desain futuristik dan digabungkan dengan berbagai macam teknologi canggih menjadikan Honda X-ADV mampu mengalahkan motor adventure asal Eropa. Terbukti Honda X-ADV ini dapat mengalahkan BMW G1200GS yang menjadi motor terlaris di Italia. Hal ini tidak lepas dari inovasi yang melakukan inovasi terhadap Honda X-ADV sebagai matic berkonsep adventure yang canggih dan nyaman dikendarai.

Meskipun ini adalah motor matic, tapi Honda X-ADV memiliki kemampuan untuk menjelajah semua medan yang didukung dengan berbagai macam teknologi canggih yang disematkan di motor ini. Seperti apa detail dari motor ini kita simak ulasannya.

 

  • Desain bodi Honda X-ADV
BACA JUGA:  Fakta – Fakta Menarik Yang Perlu Diketahui Tentang Honda PCX Electric

 

Honda X-ADV bisa dibilang sebuah SUV. Motor ini dapat menjelajah berbagai macam medan, baik itu jalanan kota ataupun offroad. Desain khusus yang dirancang memiliki ground clearance 162 mm. Lalu, untuk dimensinya sendiri memiliki panjang 2.245 mm, lebar 910 mm, dan tinggi 1.375 mm dengan bobot mencapai 238 kg.

Meskipun memiliki bodi yang bongsor, motor ini termasuk memiliki bobot yang ringan. Motor ini memiliki manuver yang baik dan handling yang ringan saat melewati semua medan jalan, Honda X-ADV memiliki jok dengan tinggi 820 mm yang dibuat dengan bahan premium sehingga tetap nyaman saat berkendara jauh. Tingginya pun proporsional dan bisa digunakan berboncengan.

Bodi motor ini memiliki tampilan futuristik dan modern. Dibagian depan terpasang lampu LED dengan desain sporty. Lalu ada pula windshield yang bisa dinaik – turunkan secara elektrik ditambah ada handguard untuk melindungi tangan dari batu atau puing – puing dijalan.

Pijakan kakinya pun luas sehingga akan menambah kenyamanan dalam berkendara baik jauh atau dekat. Motor ini dirancang khusus oleh tim R&D Honda yang berada di Italia, sehingga desainnya sangat khas dengan gaya eropa. Bisa dibilang dengan Honda X-ADV ini adalah sebuah karya seni, karena desainnya futuristik, modern, dan sangat kental dengan adventure.

 

  • Performa Mesin Honda X-ADV

 

BACA JUGA:  Fitur Varian Termahal dari Honda CBR250RR Lawan Kawasaki Ninja 250

Pindah ke dapur pacu, Honda X-ADV menggunakan mesin 2 silinder SOHC dengan pendingin cairan (liquid cooled). Kapasitas mesin sebesar 745cc dan mampu mengeluarkan tenaga maksimal 40.3 kw pada 6.250 rpm dan torsi maksimal 68 Nm pada 4.750 rpm. Motor ini pun sudah menggunakan sistem injeksi sehingga mesin menjadi efisien dan hemat bahan bakar.

Dengan mesin 2 silinder memberikan torsi besar untuk menambah kemampuan akselerasi Honda X-ADV. Motor Honda ini termasuk irit di kelasnya dengan satu liter bensin dapat menempuh jarak 27.5 km. Untuk transmisi sendiri menggunakan kopling wet multiple hydraulic dual clutch (DCT) yang digabungkan dengan gearbox 6 – percepatan.

Dengan adanya (DCT) Honda X-ADV memiliki dua mode transmisi, yakni matic dan manual.

  • Fitur Andalan Honda X-ADV

Dengan dibekali teknologi yang canggih membuat motor ini menjadi lebih bertenaga. Salah satu teknologinya adalah dual clutch transmission dengan 4 mode berkendara yang bisa dipilih sesuai dengan kondisi jalan, seperti D mode kendara otomatis, S mode sport yang akan meningkatan performa mesin, MT mode adalah manual dan terakhir G-switch untuk meningkatkan kemampuan offroad Honda X-ADV.

Honda X-ADV pun memiliki teknologi HSTC (Honda selectable torque control system). Teknologi ini berguna untuk mengatur torsi ban belakang tidak kehilangan traksi, sehingga tidak terjadi selip yang membuat motor kehilangan kendali. Fungsinya hampir sama dengan ABS untuk pengereman.

Motor ini memiliki harga 199 jutaan di Eropa jika masuk Indonesia ada kemungkinan harganya bisa mencapai 2 kali lipat lebih mahal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here