Honda CB125R Mesin Kecil Bodi Moge

0
148
2018 CB125R
2018 CB125R

Setelah merilis CB300R dan CB1000R, perusahaan asal jepang ini telah merilis motor baru bernama “Honda CB125R”. Motor ini sama – sama telah diperkenalkan di ajang EICMA 2017 dan  memiliki konsep desain “Neo Sport Cafe”. Motor yang bergaya retro ini telah dilengkapi dengan berbagai macam fitur modern yang tidak dimiliki motor lain dikelasnya. Bahkan motor ini memiliki desain yang lebih baik dari Honda CB300R yang memiliki kapasitas mesin yang lebih besar.

Karena memiliki kapasitas mesin yang kecil maka harga Honda CB125R ini lebih murah. Meskipun begitu, Honda tetap memberikan fitur – fitur unggulan yang dimiliki oleh CB300R. Salah satunya adalah suspensi upside down yang terpasang di Honda CB125R. Untuk mengetahuinya secara lengkap seperti apa motor ini kita simak langsung ulasannya.

 

  • Desain Honda CB125R

 

Meski motor ini memiliki kapasitas mesin yang tidak besar, tapi Honda CB125R terlihat berisi, hal ini karena Honda menggunakan rangka tubular baru yang menghiasi bagian tengah CB125R. Di Bawah mesin terpasang engine cover dan knalpot underbelly yang menambah kesan sporty motor Honda ini. Untuk bagian depan terpasang headlamp berbentuk bundar yang sudah menggunakan LED bahkan lampu belakang pun menggunakan full LED.

Bagian bodi belakang terlihat kecil, dan ukurannya tidak beda jauh dengan Yamaha Xabre. Tapi secara keseluruhan desain Honda CB125R ini lebih baik jika dibandingkan dengan Yamaha Xabre. Keduanya sama – sama menggunakan suspensi upside down berwarna silver, maka Yamaha Xabre berwarna emas. Untuk dimensinya sendiri Honda Cb125R memiliki panjang 2.015 mm, lebar 820 mm dan tinggi 1.055 mm dengan bobot mencapai 126 kg.

Dengan bobot yang ringan, maka motor ini sangat mudah untuk dikendarai dan mampu meningkatkan akselerasi dari Honda Cb125R. Lalu untuk jarak antara sumbu rodanya mencapai 1.345 mm dan jarak terendahnya mencapai 140 mm. Motor ini bisa dibilang memiliki ukuran jok yang tinggi, sehingga untuk orang yang memiliki tinggi 170 cm harus jinjit jika menggunakan motor ini.

 

  • Performa Mesin Honda CB125R
BACA JUGA:  Honda Mengeluarkan CBR150R Terbaru Dengan Fitur ABS

 

Untuk performa mesin 125cc yang dimiliki Honda CB125R ini sangatlah bagus. Meski kapasitasnya kecil, mesin ini dapat mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 9.8 kw pada putaran 10.000 rpm. Sedangkan untuk torsinya sendiri mencapai 10 Nm pada 8.000 rpm. Semakin kecil kapasitas mesin, maka konsumsi bahan bakarnya semakin irit. Terlebih Honda CB125R ini sudah menggunakan sistem injeksi yang membuat pembakaran semakin efisien.

Untuk ukuran tangki bahan bakar pun cukup besar mencapai 10.1 liter, sehingga motor ini dapat menempuh jarak 488.84 km. Hal ini karena konsumsi bahan bakarnya mencapai 48.4 km/liter. Honda CB125R menggunakan transmisi manual 6 percepatan yang membuat akselerasinya semakin meningkat. Lalu terpasang pula pendingin cairan (liquid cooled) yang dapat menjaga suhu mesin 1 silinder ini lebih stabil.

 

  • Fitur Honda CB125R

 

Untuk harga kemungkinan besar akan sedikit mahal dibandingkan dengan motor sport sekelasnya. Karena motor ini dilengkapi dengan suspensi upside down 41 yang membuat motor ini lebih berisi dan menambah kestabilan dalam berkendara. Di Bagian belakang Honda memakai satu buah monoshock yang digabungkan dengan swing arm baja cross-irregular steel.

Ada pula Honda CB125R sudah menggunakan sistem pengereman ABS yang mendukung teknologi IMU (inertial measurement unit). Teknologi ini berfungsi mengoptimalkan kemampuan rem cakram dalam menghentikan laju kendaraan. Lalu, Honda CB125R memiliki rem depan tipe floating disk dengan kaliper nissin 4 buah piston. Sedangkan bagian belakang menggunakan rem cakram single piston berukuran 220 mm.

Bagian speedometer sudah menggunakan instrumen full digital dan knalpot underbelly yang sudah standar regulasi Euro 4.

Itulah beberapa informasi mengenai Honda CB125R. Yang sampai saat ini belum dipasarkan di Indonesia, tapi semoga saja desain motor ini dapat diaplikasikan kepada Honda CB150 Streetfire yang sudah lebih dulu mengaspal di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here