Menu Favorit Berbuka Puasa Paling Populer dan Sangat Disukai

0
164
Menu Favorit Berbuka Puasa
Menu Favorit Berbuka Puasa

SPESIAL.NET – Setiap masyarakat dan negara memiliki menu favorit berbuka puasa, begitupun dengan masyarakat kita di Indonesia. Puasa merupakan ibadah tahunan yang berlangsung selama sebulan dan dilaksanakan kaum muslimin di berbagai belahan dunia.

Selain berbuka bersama keluarga di rumah, sebagian besar masjid juga menyediakan makanan takjil gratis yang disediakan untuk jamaahnya. Makanan ini terdiri dari makanan ringan ringan untuk membatalkan puasa dan makanan berat dengan nasi.

9 Pilihan Menu Favorit Berbuka Puasa

Apa saja sih makanan dan menu favorit berbuka puasa yang sangat populer dan disukai masyarakat? Yuk langsung simak saja di bawah ini.

Menu Favorit Berbuka Puasa
Menu Favorit Berbuka Puasa

1. Minuman Teh Manis

Teh merupakan minuman khas yang sangat disukai semua orang. Minuman teh manis merupakan sajian yang wajib ada saat berbuka puasa, baik disajikan hangat maupun dingin. Bahkan anak-anak pun banyak yang menyukai minuman manis ini karena sangat baik untuk segera mengembalikan tenaga.

2. Buah Kurma

Buah kurma juga merupakan cemilan yang sangat disukai saat berbuka puasa. Selain untuk menjalankan perintah dansunnah Rasulullah SAW, buah yang banyak mengandung gula dan serat ini sangat baik untuk mengembalikan tenaga setelah seharian berpuasa. Kurma juga kaya dengan kandungan kalium, kalsium, dan kalori yang cukup tinggi. Makan dua atau tiga butir kurma saat berbuka sudah mampu memberikan asupan nutrisi yang cukup banyak untuk tubuh.

BACA JUGA:  Kreasi Keripik Pisang Aneka Rasa yang Nikmat untuk Cemilan di Rumah

3. Kolak Pisang Kolang-Kaling

Menu favorit berbuka puasa lainnya yang juga sangat disukai adalah kolak pisang. Makanan berkuah manis ini biasanya dicampur dengan kolang-kaling, ubi, singkong, buah labu, ataupun dawet. Rasanya yang manis menyegarkan ini juga nikmat disantap dengan es batu agar dingin menyegarkan. Buah pisang, ubi, dan labu juga diketahui kaya nutrisi yang baik untuk tubuh.

4. Minuman Es Buah atau Es Campur

Setelah seharian berpuasa, makanan atau minuman yang sangat diinginkan biasanya berupa minuman yang menyegarkan. Es buah atau es campur merupakan minuman menyegarkan yang sangat favorit bagi masyarakat untuk berbuka puasa. Selain mengandung buah-buahan yang kaya gizi, minuman es ini biasanya ditambah dengan cendol, dawet, rumput laut, atau bahan lainnya. Lebih nikmat dan bergizi jika ditambah susu kental manis.

5. Es Kelapa Muda

Minuman air kelapa muda atau es degan juga sangat disukai orang untuk berbuka. Air kelapa yang menyegarkan maupun daging buahnya yang lembut dan enak juga biasa dibuat menjadi es kopyor. Apalagi ditambah sirup…ehm sangat nikmat dan menyegarkan. Apalagi air dan daging buah kelapa juga diketahui kaya mineral yang sangat dibutuhkan tubuh setelah seharian tak mendapat asupan. Air kelapa juga bermanfaat dalam mencegah dehidrasi.

6. Cemilan Gorengan

Well, menu yang satu ini memang dikategorikan makanan yang paling banyak dicari. Mulai dari bakwan, tahu isi, tempe, pisang goreng, dan aneka jenis gorengan lainnya nggak pernah tertinggal untuk dikonsumsi saat berbuka tiba. Selain simple, rasa makanan ini yang selalu bikin ketagihan. Bahkan sebagian orang pun beranggapan bahwa gorengan mampu menggantikan rasa lapar seharian dibandingkan langsung makan makanan berat.

BACA JUGA:  Sensasi Makan Kuliner Khas Surabaya Nasi Empal Pengampon Yang Menggugah Selera

7. Sup Ayam Sayur

Masakan sop sayur merapakan favorit yang disukai masyarakat orang untuk makan malam setelah berbuka. Sayuran berkuah ini umumnya dimasak bening tanpa santan dengan aneka jenis sayur didalamnya. Sayuran yang kaya nutrisi sangat baik untuk menyuplai kebutuhan tubuh setelah seharian berpuasa. Tak jarang ditambahka juga dengan suwiran daging ayam atau telur ayam untuk menambah kalori makanannya.

8. Tumis Buncis atau Kangkung

Masakan yang ditumis juga termasuk favorit dan sangat disukai untuk berbuka puasa. Selain menggunakan buncis banyak juga yang suka dengan bahan kangkung. Anda bisa memilih salah satu. Selain itu juga bisa ditambah dengan ikan, cumi, udang, atau suwiran daging ayam.

9. Ayam Goreng Tepung

Makanan lauk yang juga favorit sebagai menu berbuka adalah ayam goreng tepung. Selain gurih dan kriuknya, lauk ini juga mengandung kalori yang penting untuk memberikan tenaga buat tubuh.

Itulah berbagai jenis makanan untuk menu favorit berbuka puasa yang paling populer dan sangat disukai yang semoga bermanfaat buat Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here