Menu Buka Puasa Irit dengan Masakan Simpel Tapi Bergizi

0
126
Menu Buka Puasa Irit
Menu Buka Puasa Irit

SPESIAL.NET – Menu buka puasa irit tak jarang merupakan alternatif terbaik untuk tetap bisa menjalankan ibadah terutama pada masa-masa saat tanggal tua atau buat Anda yang sedang kuliah dan jauh dari rumah. Mahasiswa yang sedang kost di daerah lain dan menuntut ilmu tak jarang juga harus pandai menyiasati keadaan agar uang kiriman orang tua tak cepat habis.

Selain untuk menyiasati dan mengatur keuangan, menyiapkan menu berbuka hemat juga merupakan aktivitas yang menantang. Dengan dana yang terbatas, Anda tetap diharapkan mampu membuat atau menyajikan makanan yang sehat, bergizi, dan tentu saja juga harus enak.

Menu Buka Puasa Irit Pilihan

Meskipun irit dan hemat, namun tak sedikit bahan makanan yang tetap menawarkan nutrisi tinggi dan enak kok. Apa saja menu buka puasa irit yang bisa menjadi makanan berbuka terbaik? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Menu Buka Puasa Irit
Menu Buka Puasa Irit

1. Sayur Bayam Jagung

Sayuran bayam dan wortel menawarkan nutrisi yang sangat penting untuk tubuh yang seharian berpuasa. Masakan sayur bening merupakan alternatif terbaik untuk menu berbuka maupun sahur hemat namun bergizi. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain bayam, wortel, jagung, bawang merah, bawang putih, rempah-rempah, gula, garam, dan merica. Selain murah dan gampang bikinnya, rasanya juga sangat menyegarkan.

2. Tumis Sayuran

Untuk masakan yang tak berkuah, Anda bisa memilih tumisan sayuran sebagai pilihan menu hemat lainnya. Anda bisa memilih sayur kangkung, bayam, brokoli, tauge, dan sawi sebagai bahan utamanya. Sayuran ini diketahui kaya nutrisi dan sangat baik untuk orang yang berpuasa. Sedangkan untuk bumbunya dengan bawang putih, bawang merah, cabe atau merica, garam, dan sedikit kecap asin.

BACA JUGA:  Tips Bijak Memilih Menu untuk Sahur

3. Omelet

Buat Anda yang sedang atau pernah kuliah, omelet bisa jadi merupakan makanan favorit saat kiriman uang dari orang tua terlambat datang. Dengan kocokan telur dan mie instan serta sedikit tambahan sayuran Anda tetap bisa berbuka dengan menu yang berprotein. Apalagi cara bikinnya sangat simpel sehingga cocok juga untuk menu sahur saat terlambat bangun tidur.

4. Telur Penyet Sambal Terasi

Menu makanan yang menawarkan protein hewani lainnya yang praktis adalah telur penyet yang dipadu dengan sambal terasi. Menu yang juga banyak dibuat kedai atau warung pinggir jalan ini biasanya berupa telur dadar yang dipenyet atau diulek dalam sambal terasi atau sambal matang. Selain simpel, menu hemat ini juga sangat nikmat terutama buat Anda yang suka pedas.

5. Nasi Goreng Telur Ceplok

Nasi goreng juga bisa menjadi menu alternatif saat keuangan Anda menipis. Dengan bahan bawang putih, bawang merah, kecap manis, garam, merica, dan nasi putih Anda sudah bisa membuat nasi goreng yang enak. Jika tak ingin repot, Anda juga bisa menggunakan resep nasi goreng instan yang harganya cukup murah. Dengan telor mata sapi sebagai lauknya, menu hemat ini tetap terasa nikmat dan enak disantap untuk berbuka maupun menu sahur.

6. Pecel Lele Sambal Tomat

Anda tentu kenal dan suka dengan masakan pecel lele yang banyak dijual warung kaki lima. Dengan resep serupa Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah untuk keluarga Anda. Hanya dengan ikan lele 1 kg, Anda bisa menyediakan menu ikan lele goreng. Untuk sambalnya Anda tinggal menyediakan cabe merah, bawang putih, tomat. Menu ini enak disantap dengan dicocol bersama nasi putih hangat dan lalapan.

BACA JUGA:  Resep Cemilan Sehat dari Kedelai yang Lezat dan Nikmat

7. Nasi Pecel Sayur

Menu buka puasa irit lainnya yang bisa menjadi pilihan sehat adalah pecel sayur. Anda tinggal merebus bahan sayuran murah, seperti kangkung, kacang panjang, tauge, dan kecipir. Jika tak ingin repot, beli saja sambal pecelnya yang cukup murah dan tinggal dicairkan. Agar lebih nikmat, sediakan juga tempe dan tahu goreng dan peyek kacang.

Itulah beberapa pilihan menu buka puasa irit dengan masakan yang simpel tapi tetap bergizi dan nikmat, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here