Makanan Khas di Bulan Ramadhan yang Hanya Muncul Saat Ngabuburit

0
277
Makanan Khas Di Bulan Ramadhan
Makanan Khas Di Bulan Ramadhan

SPESIAL.NET – Berburu makanan khas di bulan Ramadhan merupakan salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan saat ngabuburit. Tak sedikit kawasan yang sebelumnya biasa saja atau malah sepi, berubah menjadi tempat nongkrong orang-orang yang menunggu waktu berbuka puasa. Di tempat itulah biasanya banyak orang yang ikut berjualan aneka menu berbuka yang khas dan unik.

Klik Saja Sepuasnya!

Bulan Ramadhan memang snagat unik dan khas. Aktivitas puasa yang berlangsung selama sebulan penuh setiap tahun ini dilaksanakan umat Islam dengan berbagai aktivitas yang berbeda dari hari biasa. Selain kegiatan ibadah seperti sholat taraweh di masjid, masyarakat juga melaksanakan beragam aktivitas yang unik dan khas, seperti membunyikan bedug menjelang sahur dan ngabuburit saat menjelang berbuka puasa.

Makanan Khas di Bulan Ramadhan yang Bikin Kangen

Keunikan yang sangat terasa saat puasa Ramadhan adalah munculnya banyak jenis jajanan dan makanan berbuka yang banyak ditawarkan dan dijajakan masyarakat. Jajanan ini pun seakan menjadi seperti makanan khas yang munculnya hanya setahun sekali, yaitu saat bulan Ramadhan.

Makanan Khas Di Bulan Ramadhan
Makanan Khas Di Bulan Ramadhan

Berikut ini berbagai jenis makanan khas di bulan Ramadhan yang sering bikin kangen karena rasanya yang unik dan lezat.

1. Buah Kurma

Buah yang berasal dari Arab ini memang identik dengan Ramadhan dan akan makin mudah diperoleh saat puasa. Apalagi Rasulullah SAWW pun sangat menganjurkan untuk berbuka dengan buah kurma sehingga buah manis berdaging tebal ini menjadi primadona saat bulan puasa.

BACA JUGA:  Keripik Nangka dan Cara Membuatnya Tanpa Mesin alias Secara Manual

2. Kolak

Kolak juga termasuk makanan yang identik dan pasti akan muncul saat puasa. Pada pedagang dadakan yang banyak berjualan menjelang berbuka selalu menyediakan kolak sebagai menu utamanya. Kolak ini ada yang dibuat dari buah pisang, ubi, labu, serta ditambah kolang-kaling.

3. Es Blewah

Es blewah juga merupakan jenis minuman khas Ramadhan yang banyak ditawarkan dan dijual menjelang berbuka. Buah blewah yang dikerok pipih panjang dan bulat ini sangat disukai untuk berbuka karena rasanya yang manis dan menyegarkan.

4. Es Cendol atau Dawet

Minuman khas ini juga menjadi favorit masyarakat untuk berbuka puasa. Tak sedikit tempat ngabuburit yang menjual minuman yang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan gula merah, santan, dan es batu. Selain rasanya yang manit dan menyegarkan, cita rasa cendol juga sangat lembut dan khas.

5. Es Kelapa Muda (Kopyor)

Minuman lainnya yang juga sering muncul saat puasa Ramadhan adalah es kelapa muda. Daging kelapa muda yang sajikan dengan air degannya ini menawarkan cita rasa yang khas dan sangat cocok diminum saat berbuka. Apalagi kandungan nutrisi dan elektrolit minuman ini bermanfaat untuk mengembalikan tenaga setelah kita berpuasa seharian.

6. Bubur Mutiara

Jenis jajanan pasar ini sebenarnya banyak dijual padagang di pasar. Namun makanan ini menjadi begitu melimpah dan dijual pedagang dadakan. Makanan yang dibuat dari tepung mutiara dan santan ini memang memiliki tampilan yang menarik dan rasanya juga manis.

BACA JUGA:  Peluang Bisnis Makanan Ringan Rumahan Yang Menguntungkan

7. Bubur Biji Salak

Bubur yang dibuat dari tepung ubi ini termausk makanan khas yaang banyak muncul saat puasa Ramadhan. Rasanya yang agak kenyal dengan campuran gula jawa yang manis membuatnya banyak disukai orang.

8. Kicak

Makanan khas ini kabarnya merupakan jajanan tradisional Jogja dan sering dijajakan di sekitar Masjid Kauman Yogyakarta sataa menjelang waktu berbuka. Makanan ini tak akan bisa dijumpai kecuali saat Ramadhan saja sehingga banyak orang yang menyerbu dan membelinya karena rasanya yang enak dan sering bikin kangen dengan suasana Yogyakarta.

9. Kue Serabi

Jajanan pasar ini juga termasuk makanan yang menanjak pamornya saat puasa Ramadhan. Beberapa daerah memiliki cara yang berbeda dalam menyajikannya, ada yang dengan kuah kinca seperti serabi Bandung atau dilipat daun seperti serbi Solo. Rasanya yang lembut yang enak membuatnya sangat disukai masyarakat.

Itulah beberapa jenis makanan khas di bulan Ramadhan yang sangat populer dan banyak dijajakan saat ngabuburit jelang waktu berbuka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here