Quinoa, Biji-Bijian Populer yang Kaya Nutrisi

0
93
Ella Olsson 1299906 Unsplash
Ella Olsson 1299906 Unsplash

SPESIAL.NET – Quinoa, Biji-Bijian Populer yang Kaya Nutrisi. Quinoa adalah makanan yang memiliki banyak penggemar karena padat nutrisi. Quinoa adalah benih yang menyerupai biji-bijian, yang dapat dimasak seperti nasi. Quinoa dapat ditambahkan ke dalam smoothie, salad, yogurt, dan juga makanan lainnya. Pada quinoa mentah, terkandung protein tinggi dan sembilan asam amino esensial. Quinoa juga bebas gluten atau gluten free, serta mengandung serat, magnesium, vitamin B, kalium, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin E, dan antioksidan.

Makanan yang bebas gluten sangat ideal untuk meningkatkan kesehatan jantung dan pencernaan. Quinoa juga dapat membantu menjaga kadar gula darah dan membantu penurunan berat badan yang berkelanjutan. Para ahli dan praktisi kesehatan sering merekomendasikan untuk memasukkan quinoa dalam menu diet untuk penurunan berat badan sebagai pengganti biji-bijian tinggi karbohidrat.

Quinoa Untuk Menurunkan Berat Badan

Quinoa adalah sumber protein lengkap karena dikemas dengan semua asam amino esensial. Protein dalam quinoa membantu menstabilkan gula darah Anda. Karena protein membutuhkan lebih banyak energi untuk dipecah daripada karbohidrat atau lemak, Anda sebenarnya akan membakar lebih banyak kalori selama pencernaan. Secangkir quinoa mengandung 8 gram protein berkualitas tinggi. Selain protein, quinoa juga kaya akan kandungan serat. Serat membutuhkan waktu lama untuk terurai dan dicerna, sehingga membuat Anda kenyang lebih lama dan mencegah Anda makan berlebihan. Quinoa mengandung jumlah serat yang jauh lebih tinggi dibandingkan kebanyakan biji-bijian lainnya. Serat juga bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan. Pencernaan yang sehat adalah komponen penting dalam hal penurunan berat badan.

BACA JUGA:  Tips Mengonsumsi Daging Untuk Menurunkan Berat Badan

Ada beberapa studi yang mempelajari hubungan quinoa dengan penurunan berat badan. Satu studi, yang diterbitkan dalam Journal of Food Science and Technology pada 2015, mengamati efek quinoa terhadap nafsu makan pada tikus laboratorium. Penulis penelitian menemukan bahwa tikus yang diberi quinoa makan lebih sedikit makanan dibandingkan tikus yang tidak makan quinoa.

Penelitian lain menunjukkan bahwa 20-hydroxyecdysone, salah satu senyawa yang ditemukan di quinoa, dapat membantu mengontrol berat badan. Satu studi pada hewan, yang diterbitkan dalam Physiology & Behavior, menemukan bahwa tikus yang diberi ekstrak quinoa tinggi dalam 20-hydroxyecdysone membakar lebih banyak kalori sepanjang hari, dan mereka menyerap lebih sedikit lemak dari makanan mereka. Studi lain, dari edisi Obesity pada 2012, menemukan bahwa tikus yang diberi ekstrak quinoa tinggi dalam 20-hydroxyecdysone lebih kecil kemungkinannya menambah berat badan dengan diet tinggi lemak daripada tikus yang tidak mendapatkan ekstrak quinoa. Meskipun penelitian ini menjanjikan, masih terlalu dini untuk mengatakan apakah quinoa memiliki manfaat yang sama bagi orang-orang.

Manfaat Quinoa

Selain menurunkan berat badan, quinoa juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan, di antaranya:

  • Melawan radikal bebas

Kandungan mineral pada quinoa, seperti mangan, bermanfaat membantu tubuh melawan radikal bebas dan menjaga tulang tetap kuat. Kandungan besi dan fosfor juga bermanfaat memproduksi energi dan mencegah kanker.

  • Mengontrol kadar gula darah
BACA JUGA:  Susu Almond dan Susu Skim? Mana yang Lebih Cocok Untuk Menurunkan Berat Badan?

Kandungan serat yang tinggi pada quinoa baik untuk kesehatan saluran pencernaan. Dengan mengonsumsi quinoa, Anda dapat merasa kenyang lebih lama dan kadar gula darah dalam tubuh dapat terkontrol dengan baik. Hal ini karena quinoa termasuk makanan dengan indeks glikemik rendah.

  • Meningkatkan kadar kolesterol baik

Jangan lupa, quinoa pun mengandung lemak sehat, yaitu lemak tak jenuh tunggal dan ganda, serta asam lemak omega-3, yang dapat membantu meningkatkan kolesterol baik atau HDL.

Jangan ragu untuk mengonsumsi quinoa karena ada banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Anda bisa memasak quinoa untuk sarapan, makan siang, makan malam, dan bahkan juga camilan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here