Tips Mengonsumsi Daging Untuk Menurunkan Berat Badan

0
235
Beef Chopping Board Fillet 618775
Beef Chopping Board Fillet 618775

SPESIAL.NET – Tips Mengonsumsi Daging Untuk Menurunkan Berat Badan. Daging sapi, unggas, dan ikan merupakan makanan yang bisa masuk dalam menu penurunan berat badan. Selama Anda memilih potongan daging tanpa lemak dan tidak menambah banyak lemak selama memasak, Anda dapat menikmati satu porsi daging dengan kalori sekitar 120 hingga 200. Upaya penurunan berat badan Anda juga akan mendapat manfaat dari tingginya jumlah protein jika Anda memilih ikan, yang kaya asam lemak omega-3 dan dapat membantu mengurangi lemak perut.

Pilih Daging Tanpa Lemak Untuk Menurunkan Berat Badan

Untuk menurunkan berat badan, pilih daging apapun yang tidak mengandung lemak. Departemen Pertanian A.S. mendefinisikan jumlah maksimum total lemak, lemak jenuh dan kolesterol yang terkandung dalam daging dan unggas untuk memenuhi kriteria tanpa lemak. Agar memenuhi syarat sebagai daging tanpa lemak, harus mengandung kurang dari 10 gram lemak total, 4,5 gram atau kurang lemak jenuh, dan kurang dari 95 miligram kolesterol per sajian. Daging tanpa lemak ekstra harus memiliki setengah lemak total dan lemak jenuh dari daging tanpa lemak, masing-masing 5 gram dan 2 gram, tetapi dapat memiliki jumlah kolesterol yang sama.

Perbedaan utama daging biasa dengan yang tanpa lemak ada pada jumlah kandungan kalorinya. Sebagai gambaran, tiap gram lemak mengandung 9 kalori, sedangkan pada tiap gram protein hanya mengandung 4 kalori. Maka jumlah kalori dari lemak daging dapat dipangkas, bila Anda memilih untuk mengonsumsi daging tanpa lemak.

BACA JUGA:  Morning Banana Diet, Cara yang Menyenangkan Untuk Menurunkan Berat Badan

Daging Ikan Tanpa Lemak Mendukung Penurunan Berat Badan

Saat Anda merencanakan menu penurunan berat badan, cobalah mengganti dua porsi daging setiap minggu dengan makanan laut. Jumlah makanan laut ini dapat memasok asam lemak omega-3 sehat yang menurunkan kadar trigliserida dalam darah dan membantu mencegah penyakit jantung. Ikan salmon, ikan trout, dan tuna adalah pilihan yang baik karena mereka tidak mengandung lemak dan rendah merkuri. Tiga ons ikan salmon mengandung 130 hingga 140 kalori dan 20 hingga 26 gram protein.

Para peneliti meninjau semua penelitian yang diterbitkan sebelumnya yang mempelajari asam lemak omega-3 dan penurunan berat badan. Mereka menemukan bahwa omega-3 tidak meningkatkan jumlah total berat badan yang hilang pada peserta penelitian, tetapi itu membantu mereka kehilangan lebih banyak lemak perut.

Tips Menyiapkan dan Memasak Daging

Bagian daging yang berlemak, seperti kulit ayam, memang terasa lebih enak. Tapi agar terhindar dari risiko kesehatan di baliknya, Anda bisa memilih bagian daging yang lebih sehat, seperti di bawah ini.

  • Pilih bagian dengan paling sedikit lemak

Pada daging sapi, bagian lemak paling sedikit berada di bagian dalam, sekitar leher, sirloin atau has luar, dan tenderloin atau has dalam. Sedangkan bagian daging kambing yang paling sedikit mengandung lemak, terdapat pada has dalam, potongan daging di sekitar area punggung, dan kaki. Sementara daging ayam yang paling tak berlemak adalah dada tanpa kulit.

  • Baca label kemasan
BACA JUGA:  Putih Telur dan Beragam Manfaatnya Untuk Kesehatan: Mencerahkan Wajah Hingga Menurunkan Berat Badan

Jika membeli daging dalam kemasan, pilih yang yang memiliki label “daging pilihan”, atau dalam bahasa Inggris “choice”, “select,” dan bukan yang “prime”. Daging jenis “prime” biasanya mengandung lebih banyak lemak.

  • Perhatikan persentase kadar lemak pada daging dalam kemasan

Jika membeli daging yang sudah dalam kemasan atau potongan, pilih yang persentase daging tanpa lemaknya paling tinggi, yaitu 90% atau lebih.

  • Perhatikan kandungan lemak pada daging giling

Daging ayam giling bisa jadi mengandung banyak lemak karena biasanya juga mengandung daging bagian paha dan kulit. Agar lebih sehat, Anda bisa memilih daging dada giling, atau pilih yang 90% daging ayam giling tanpa lemak.

Jika tidak berhati-hati dalam proses persiapan dan memasak, Anda dapat dengan cepat mengubah daging tanpa lemak menjadi makanan berkalori tinggi yang tidak akan membantu menurunkan berat badan. Potong lemak berlebih yang terlihat dari daging dan singkirkan kulitnya jika Anda membeli daging unggas dengan kulit. Jangan menambahkan roti atau adonan protein lainnya karena akan menambah jumlah kalori yang signifikan. Gunakan metode memasak yang bisa mengurangi atau menghilangkan lemak ekstra. Dengan kata lain, daripada menggoreng makanan, sebaiknya Anda merebus atau memanggang daging. Hindari juga penggunaan mentega saat memasak. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan minyak zaitun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here