Menu Buka Puasa Murah dan Enak Namun Tetap Bergizi

0
31
Menu Buka Puasa Murah Dan Enak
Menu Buka Puasa Murah Dan Enak

SPESIAL.NET – Menu buka puasa murah dan enak merupakan alternatif makanan yang tidak akan menguras anggaran Anda. Namanya jugga sedang puasa, memilih menu berbuka sebaiknya juga dilakukan dengan hemat.

Namun meskipun murah, namun makanan yang dimasak tetap harus enak dan tentunya mengandung nutrisi seimbang yang cukup untuk mendukung kekuatan tubuh saat berpuasa.

Pilihan menu buka puasa yang murah semacam ini juga cocok untuk andaa yang sedang merantau menuntut ilmu di daerah lain atau sedang melakukan tugas kantor yang jauh dari rumah. Selain menggunakan bahan yang murah, makanan ini juga mudah bikinnya kok.

7 Pilihan Menu Buka Puasa Murah Dan Enak

Yuk langsung saja simak 7 pilihan menu buka puasa murah dan enak berikut ini.

Menu Buka Puasa Murah Dan Enak
Menu Buka Puasa Murah Dan Enak

1. Nasi Pecel

Sayuran merupakan bahan makanan yangn dikenal kaya nutrisi sehingga tepat untuk menu berbuka. Selain murah, makanan ini juga fleksibel untuk dijadikan apa saja, termasuk untuk lauk nasi pecel yang enak. Untuk bumbu pecelnya tinggal beli saja karena simpel dan murah.

Untuk bahan sayurnya tinggal pilih bayam atau kangkung, kacang panjang, taoge, ataupun ditambah kecipir. Tinggal dibersihkan dan direbus dan taburi dengan sambel pecel yang telah dicairkan dengan air panas. Agar lebih nikmat tinggal goreng tempe sebagai cemilannya.

2. Tumis Sayuran Tempe

Masakan tumisan juga termasuk favorit yang enak disantap  saat berbuka puasa. Anda bisa memilih sayuran hijau dengan tambahan tempe untuk ditumis. Sayuran kangkung, bayam, brokoli, sawi, dan tauge kaya nutrisi dan baik untuk mengembalikan tenaga setelah berpuasa. Begitu juga dengan tempe yang juga kaya dengan gizi.

BACA JUGA:  Cemilan Sehat untuk Diet yang Simpel, Enak dan Bikin Kenyang

Bumbu tumisnya juga murah, seperti bawang putih, bawang merah, merica, garam, tambahkan sedikit kecap asin. Agar lebih enak bisa ditambahkan saus tiram instan yang tidak mahal.

3. Bihun Telur Goreng

Masakan simpel lainnya yang murah namun tetap enak untuk berbuka adalah dengan bihun goreng. Namun agar lebih mantap tinggal tambahkan telur ayam. Cara bikinnya juga mudah kok, tinggal menggoreng bihun seperti mnembuat nasi goreng.

Dengan bahan bawang putih, bawang merah, kecap manis, garam, merica, minyak goreng, mie bihun, dan telur. Tinggal rebus bihunnya lalu masak dengan bahan yang ada.

4. Tempe Goreng Sambel Terasi

Menu buka puasa murah dan enak dan juga simpel lainnya adalah dengan tempe goreng dan sambal terasi. Tempe termasuk makanan kaya gizi yang sangat baik untuk berbuka puasa. Menu ini termasuk favorit yang ssuka dengan makanan pedas namun tak ingin repot dalam membuatnya.

5. Sayur Bening Jagung

Masakan yang satu ini juga sangat populer dan menyegarkan sehingga cocok untuk berbuka puasa. Bahan-bahan yang diperlukan juga murah dan mudah didapatkan, seperti bayam dan jagung. Untuk bumbunya adalah bawang merah, bawang putih, rempah-rempah, gula, garam, dan merica yang cukup murah. Sedangkan untuk lauknya tinggal goreng telur dadar atau tempe saja. Murah, enak, namun tetap bernutrisi.

6. Telur Dadar Penyet

Olahan telur goreng tentu sangat mudah bikinnya. Namun kurang mantap jika tanpa ada rasa pedas dari sambal. Biar tidak repot, bikin saja sambal terasi yang mudah. Nah, setelah jadi sambelnya tinggal di penyet telur yang sudah didadar dalam sambel dan tinggal disajikan dan disantap dengan nasi hangat.

BACA JUGA:  Cara Membuat Cemilan Berbahan Mie Instan yang Murah Meriah

7. Sup Sayur Kacang Merah

Untuk Anda yang ingin masakan berbuah bisa membuat menu sup dengan bahan sayur dan kacang merah. Selain menandung gizi yang sangat tinggi, makanan ini juga murah dan tidak ribet dalam membuatnya, seperti kacang merah segar, brokoli, buncis, dan wortel, bawang merah.

Untuk bumbunya dengan bawang putih, garam, merica, dan penyedap rasa dengan kaldu ayam atau sapi.
Cara membuatnya tinggal merebus 1 liter air yang dicampur kaldu instan. Tumis juga bawang hingga harum. Lalu tuang ke dalam rebusan air kaldu bersama sayuran dan kacang merah.

Itulah beberapa menu buka puasa murah dan enak yang bisa menjadi alternatif untuk Anda yang sedang menghemat pengeluaran, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here