Tips Memilih Menu Masakan Sehat Di Bulan Puasa (Buka dan Sahur)

0
31
Menu Masakan Sehat Di Bulan Puasa (buka Dan Sahur)
Menu Masakan Sehat Di Bulan Puasa (buka Dan Sahur)

SPESIAL.NET – Memilih menu masakan sehat di bulan puasa (buka dan sahur) merupakan langkah yang mesti dilakukan agar tubuh cukup kuat menjalani puasa selama lebih dari 12 jam. Makan makanan yang asal-asalan dan tidak mengandung nutrisi seimbang akan membuat tubuh cepat lemas. Akibatnya, ibadah lain pun jadi kurang optimal dijalankan.

Ada banyak sekali manfaat puasa untuk kesehatan tubuh. Apalagi pelaksanaannya yang cukup lama, yaitu mencapai 30 hari, bukan saja akan membersihkan tubuh dari berbagai toksin dan racun yang selama masuk akibat gaya hidup yang kita jalani. Dengan puasa pula tubuh melakukan rehabilitasi terhadap asupan gizinya. Karena itulah penting sekali merencanakan dan mengatur menu makanan baik untuk berbuka maupun saat sahur agar manfaat puasa bisa lebih optimal.

Tips Mengatur Menu Masakan Sehat di Bulan Puasa

Untuk mengoptimalkan manfaat puasa bagi kesehatan tubuh, sangat penting agar Anda mengatur menu masakan sehat di bulan puasa. Penting sekali bagi orang yang berpuasa untuk memilih menu masakan sehat, baik saat berbuka maupun sahur.

Menu Masakan Sehat Di Bulan Puasa (buka Dan Sahur)
Menu Masakan Sehat Di Bulan Puasa (buka Dan Sahur)

Ada sejumlah pertimbangan kenapa penting memilih makanan sehat saat berpuasa, antara lain:

1. Perhatikan Gizi Seimbang

Pola gizi seimbang harus menjadi patokan dalam memilih makanan, baik untuk berbuka maupun saat sahur. Makanan seperti ini harus mengandung protein, karbohidrat, maupun lemak. Begitu juga dengan kandungan mikronutrien dari sayuran dan buah jangan sampai ketinggalan.

BACA JUGA:  8 Tips Makan Sehat untuk Mahasiswa yang Super Sibuk

Mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang bukan saja untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh namun juga memberikan energi yang cukup agar kita bisa menjalankan berbagai ibadah selama puasa dengan baik dan lancar.

Sedangkan untuk mendukung kekuatan tubuh saat berpuasa, makan sahur sebaiknya dengan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang akan menjadi sumber energi utama untuk tubuh. Karbohidrat banyak terdapat dalam nasi, roti, dan pasta.

2. Makan dengan Porsi yang Cukup

Makan dengan porsi yang cukup, khususnya saat sahur karena tak berbeda seperti makan siang. Hal ini penting untuk memberikan kecukupan energi dalam menjalani puasa. Porsi yang cukup juga menyangkut lauknya dengan kandungan nutrisi yang juga variatif untuk menyuplai kebutuhan tubuh.

Begitu juga saat berbuka puasa sebaiknya jangan langsung makan besar agar tidak membuat kaget perut yang justru bisa menyebabkan pencernaan terganggu. Mengatur porsi makan pada setiap tahapan penting dipahami agar optimal dalam memberikan manfaat untuk tubuh.

3. Berbuka dengan yang Manis Alami

Berbukalah dengan yang manis, begitu sabda Rasulullah SAW. Karena itu makanlah makanan manis saat berbuka karena juga berguna agar lambung tidak kaget dan juga untuk mengisi perut yang kosong. Namun makanan manis ini sebaiknya dari kurma, salad, atau buah alami lainnya.

4. Perhatikan Asupan Cairan

Karena tubuh kekurangan cairan setelah berpuasa seharian, asupan cairan sebaiknya juga dijaga dan diperhatikan. Minumlah air sebanyak 2 liter perhari dan bagi waktu minum air ini saat berbuka, waktu malam, maupun saat sahur agar tubuh tidak kekurangan cairan.

BACA JUGA:  Kurma, Si Manis yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

5. Hindari Makanan yang Merugikan

Puasa merupakan momentum yang sangat baik bagi tubuh dalam memperbaiki diri. Karena itu sebaiknya kurangi dan hindari konsumsi makanan yang kurangbaik untuk kesehatan, seperti garam, gula buatan, maupun kafein. Jauhkan bahan makanan terutama saat sahur karena justru akan mempercepat pembentukan urin dan menarik cairan dalam tubuh.

Itulah berbagai hal yang sebaiknya Anda perhatikan saat menjalani puasa Ramadhan yang berlangsung selama sebulan penuh. Dengan memperhatikan berbagai tips dalam mengatur dan memilih menu masakan sehat di bulan puasa (buka dan sahur), diharapkan tubuh menjadi jauh lebih bersih dan sehat setelah bulan puasa dilewati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here