Menu Makanan Buka Puasa Untuk Ibu Hamil Sebaiknya Perhatikan Hal Ini

0
86
Menu Makanan Buka Puasa Untuk Ibu Hamil
Menu Makanan Buka Puasa Untuk Ibu Hamil

SPESIAL.NET – Menu makanan buka puasa untuk ibu hamil sebaiknya diperhatikan dengan baik agar tidak berdampak pada janin. Begitu juga porsi makannya karena yang membutuhkan asupan bukan hanya sang ibu namun terlebih dalgi adalah janin yang sedang dikandungnya.

Ibu yang sedang hamil sebenarnya memiliki keringanan untuk tidak berpuassa saat bulan Ramadhan. Namun jika kondisi kesehatan ibu dan janin sehat dan normal, berpuasa akan memberikan manfaat yang tidak sedikit. Baik terhadap kesehatan ibu dan janin maupun kondisi psikis keduanya.

Namun karena ibu hamil membutuhkan asupan makanan dengan nutrisi yang cukup dan seimbang, maka sangat penting untuk mengatur menu makanan buka puasa maupun saat sahur. Lantas apa saja menu makanan buka puasa untuk ibu hamil yang sebaiknnya dikonsumsi?

Menu Makanan Buka Puasa Untuk Ibu Hamil
Menu Makanan Buka Puasa Untuk Ibu Hamil

Memilih Menu Makanan Buka Puasa Untuk Ibu Hamil

Berikut ini tips memilih menu makanan buka puasa untuk ibu hamil yang sebaiknya diperhatikan.

1.Memilih Makanan dengan Gizi Seimbang

Sama seperti orang yang sedaang berpuasa lainnya, makanan dengan gizi seimbang harus menjadi menu tetap saat berbuka maupun sahur. Selain untuk memenuhi kebutuhan tubuh setelah seharian tanpa asupan, makanan sehat semacam ini juga agar tubuh tidak lemas sehingga ibadah lain bisa dilaksanakan dengan baik dan lancar.

Gizi makanaan berbuka harus seimbang karbohidrat, protein nabati, protein hewani, vitamin, lemak, maupun kandungan mineralnya. Nutrisi ini bisa berasal dari nasi, ikan, tempe atau tahu, sayuran hijau, buah, dan susu.

BACA JUGA:  Resep Makanan Ringan Kekinian dengan Bahan Tempe yang Unik

2.Konsumsi Makanan Berserat dan Karbohidrat Kompleks

Bagi ibu hamil sebaiknya juga melengkapi menu makanan berbuka puasa maupun sahur dengan makanan yang kaya serat maupun kandungan karbohidrat kompleks.

Karbohidrat kompleks bisa diperoleh dari nasi merah, oatmeal, roti gandum, ataupun pasta gandum. Sedangkan makanan berserat banyak terdapat dalam kacang-kacangan, biji-bijian, gandum, serta dari sayuran dan buah. Makanan jenis ini juga lama dicernanya sehingga akan membuat tubuh cukup kuat dalam menjalani puasa.

3.Pilih Makanan yang Kaya Kalsium

Mineral dari kalsium sangat penting dan dibutuhkan ibu hamil untuk perkembangan janin. Karena itu masukkan makanan yang kaya kalsium dalam menu berbuka ibu yanng sedang hamil, seperti susu, yoghurt, keju, ikan, sayuran hijau, dan lainnya.

4.Perbanyak Minum Air Putih

Sebagian besar penyusun tubuh kita adalah cairan. Karena itulah penting bagi siapapun yang menjalanakan ibadah puasa, khususnya ibu yang sedang hamil untuk minum air putih yang cukup. Kebutuhan konsumsi air putih ini ssetidaknya antara 1,5 hingga 2 liter sehari yang bisa dibagi saat berbuka dan sahur.

Menu Makanan Buka Puasa Yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil

Spenting untuk memperhatikan elain menu makanan buka puasa untuk ibu hamil di atas, ibu juga harus mengurangi atau menghindari sejumlah pantangan berikut:

1.Hindari Minuman Berkafein

Minuman yang mengandungn kafein, seperti kopi dan teh yang bersifat diuretik sebaiknya dihindari ibu hamil, khususnya saat sahur. Minuman ini justru bisa menyebabkan ibu kehilangan banyak cairan akibat terlalu sering buang air kecil.

BACA JUGA:  Resep Makanan Ringan Snack yang Simpel Tapi Lezatnya Bakal Nagih

2.Kurangi Makanan Manis

Makanan dan minuman manis dari gula dan pemanis buatan sebaiknya dijauhi ibu yang sedang hamil. Untuk berbuka ibu yang sedang hamil bisa makan buah kurma maupun buah-buahan lainnya yang manis alami dan susu. Kalaupun perlu minuman manis sebaiknya dibatasi dan secukupnya saja. Hal ini agar tubuh ibu tidak lemas saat berpuasa.

3.Jauhi Makanan Berlemak

Makanan gorengan maupun yang berlemak sedikit sekali manfaatnya untuk ibu hamil yang berpuasa. Selain gorengan, makanan seperti kulit ayam, jeroan, daging berlemak, pizza, burger, maupun makanan berlemak lainnya sebaiknya dihindari. Selaain tidak baik tubuh ibu, makanan itu juga buruk untuk tumbuh kembang janin selama dalam kandungan. Sebagai gantinya sebaiknya pilih lemak baik yang banyak terdapat dalam makanan ikan, keju, minyak ikan, buah alpukat, ataupun kacang.

Itulah berbagai tips memilih menu makanan buka puasa untuk ibu hamil yang sebaiknya diperhatikan untuk kebaikan ibu dan janinnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here