Jamur, Makanan Pengganti Daging Untuk Diet Sehat Anda

0
54
Delicious Food Fresh 129465
Delicious Food Fresh 129465

SPESIAL.NET – Jamur, Makanan Pengganti Daging Untuk Diet Sehat Anda. Percaya atau tidak, jamur adalah makanan yang sangat bergizi. Biasanya, orang yang tidak mengonsumsi daging sering menggunakan jamur sebagai alternatif untuk memperkaya hidangan mereka karena teksturnya yang mirip dengan ayam. Jamur yang kaya akan nutrisi ini ternyata bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh, di antaranya adalah membantu menurunkan berat badan. Beberapa jenis jamur yang paling sering dikonsumsi untuk diet vegetarian, di antaranya:

  • Jamur tiram

Jamur ini mudah ditemukan di Indonesia dan banyak dijual di pasar dengan harga terjangkau. Jamur ini sering tumbuh di daerah hutan dan gunung, sangat lezat diolah menjadi menu lauk rumahan.

  • Jamur merang

Jamur ini juga cukup diminati oleh masyarakat. Bentuknya yang kecil dan bulat sering dijadikan sebagai bahan membuat sup, tumis, dan sebagainya.

  • Jamur kuping

Jamur ini sesuai namanya berbentuk seperti kuping, dengan tekstur kenyal dan empuk sering dijadikan sebagai makanan olahan rumah seperi sup dan tumisan.

Banyak juga jenis jamur lainnya yang dikonsumsi seperti jamur kancing, jamur shitake, jamur maitake, dan jamur enokite.

Manfaat Jamur Untuk Kesehatan

Jamur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jika selama ini Anda masih jarang mengonsumsi jamur, coba pikirkan lagi setelah mengetahui beberapa manfaatnya berikut ini.

  1. Jamur adalah sumber antioksidan yang baik
BACA JUGA:  Manfaat Rumput Laut: Menurunkan Berat Badan Hingga Mencegah Penyakit Jantung

Jamur memiliki banyak nutrisi penting. Salah satunya adalah selenium, mineral dengan sifat antioksidan yang bisa membantu menjaga elastisitas kulit, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan menangkal logam berat yang bisa ditemukan di lingkungan akibat polusi. Oleh karena itu, kita dapat mengatakan bahwa, secara umum, jamur membantu menjaga kulit Anda tetap sehat, terutama untuk mencegah penuaan dini.

  1. Jamur mengandung kalium dan fosfor

Jamur juga kaya akan dua mineral penting, yaitu kalium dan fosfor. Kalium membantu tubuh memiliki fungsi neurologis dan otot yang teratur, menjaga tekanan darah normal, dan menghantarkan listrik yang penting untuk fungsi jantung dan kontraksi otot. Jamur juga berperan dalam keseimbangan osmotik dan produksi protein dari asam amino. Sementara itu, tubuh membutuhkan fosfor untuk menghasilkan protein untuk pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan sel dan jaringan. Fosfor juga berperan dalam pembentukan tulang dan gigi dan juga membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit Anda. Selain itu, fosfor berkontribusi pada fungsi ginjal, sinyal saraf, dan kontraksi otot yang sehat.

  1. Jamur kaya akan vitamin B

Jamur kaya akan vitamin B, zat yang berperan dalam metabolisme sel sehingga tubuh bisa mendapatkan energi yang dibutuhkannya. Selain itu, jamur juga kaya vitamin B3 (niacin), vitamin B6 (pyridoxine), dan cobalamin (vitamin B12).

Jamur Untuk Menurunkan Berat Badan

Mereka yang ingin menurunkan berat badan mungkin ingin memasukkan jamur ke dalam makanan mereka. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Appetite’s edisi bulan Oktober menemukan bahwa jamur ternyata dapat memberikan efek kenyang yang sama dengan daging.

BACA JUGA:  Ciri-Ciri Diabetes yang Membedakan Jenis Kering dan Basah

Selama 10 hari, 17 wanita dan 15 pria yang berpartisipasi dalam studi ini diberi dua porsi jamur irisan atau 93 persen daging tanpa lemak/7 persen dari daging sapi giling. Penelitian ini menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi sarapan kaya jamur merasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan mereka yang makan daging.

“Studi baru ini menambah bukti yang menunjukkan bahwa jamur dapat membantu manajemen berat badan dan rasa kenyang, dan dengan demikian berkontribusi terhadap kesehatan secara keseluruhan,” kata Mary Jo Feeney, koordinator penelitian nutrisi dari Mushroom Council, sebuah organisasi jamur segar berbasis di Amerika Serikat.

Untuk mempercepat proses penurunan berat badan, Anda bisa menambahkan jamur ke dalam salad. Cobalah untuk menggabungkan jamur dengan sayuran hijau dan biji-bijian. Hal ini bisa membuat Anda menghindari makan berlebihan.

Secara keseluruhan, makan jamur membantu menyelesaikan diet seimbang dan juga membantu mencegah ngemil di antara waktu makan. Jamur kaya akan nutrisi, mudah dibuat, dan sangat fleksibel. Konsumsilah sebanyak mungkin dalam resep yang berbeda untuk menikmati manfaat jamur yang sangat sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here