Minyak Zaitun, Superfood yang Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

0
75
Agriculture Blur Close Up 33783
Agriculture Blur Close Up 33783

SPESIAL.NET – Minyak Zaitun, Superfood yang Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kesehatan. Minyak zaitun adalah makanan super yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya lezat untuk dijadikan saus salad atau campuran dalam pasta, minyak zaitun juga memiliki khasiat untuk menurunkan berat jika dikonsumsi sebanyak tiga sendok makan atau sekitar 50 ml sehari. Ini adalah pendapat ahli gizi Amerika Serikat dan profesor kedokteran klinis, Dr Mary Flynn, yang telah mempelajari efek dan manfaat kesehatan dari minyak zaitun sejak tahun 1990-an.

“Badan penelitian umum mengatakan bahwa mengonsumsi dua sendok makan atau lebih minyak zaitun dalam sehari dapat meningkatkan tekanan darah, kadar glukosa dan kolesterol baik Anda,” kata Flynn. “Tapi saya telah menemukan bahwa efek penurunan berat badan berperan pada tiga sendok makan, jadi itulah yang saya rekomendasikan. Ini adalah makanan yang luar biasa – minyak zaitun melakukan semua hal yang membantu tubuh Anda, dan rasanya enak. ”

Penting untuk dicatat bahwa ketika Flynn mengacu pada minyak zaitun, ia berbicara tentang extra-virgin olive oil, atau dikenal sebagai EVOO. Extra-virgin olive oil merupakan jenis minyak zaitun berkualitas paling tinggi dan memiliki citarasa terbaik. Pasalnya minyak zaitun jenis ini melewati sangat sedikit berbagai proses pengolahan pabrikan yang rumit, bahkan mungkin tidak sama sekali. Extra virgin olive oil dihasilkan dari proses cold pressing satu kali ekstraksi buah zaitun. Berbanding terbalik dari proses pembuatan minyak zaitun biasa yang mengandalkan panas, cold pressing bergantung hanya pada gaya tekanan. Proses ini tidak melibatkan panas dan bahan-bahan kimia. Oleh karena itu, kualitas minyaknya lebih murni, berkelas tinggi, dan mengandung antioksidan paling banyak dibandingkan minyak zaitun jenis lainnya.

BACA JUGA:  Detoksifikasi Tubuh dengan Buah Pepaya dan Nanas

Kombinasi Sayuran dan Minyak Zaitun

Flynn mengatakan kunci keberhasilan diet minyak zaitun adalah memasak sayuran Anda dalam minyak zaitun. Ada dua alasan utama untuk ini. Yang pertama adalah bahwa karotenoid, antioksidan kuat yang memberi warna oranye, kuning, merah, dan juga ditemukan berlimpah di sayuran hijau, membutuhkan lemak untuk diserap. Dia juga percaya nutrisi dalam sayuran seperti brokoli dan kol lebih baik diserap dengan minyak, tetapi itu masih belum terbukti secara meyakinkan.

Alasan kedua bisa dibilang lebih penting. Sayuran terasa lebih enak dengan minyak zaitun, sehingga orang cenderung makan lebih banyak. “Aturan praktis saya adalah satu sendok makan minyak zaitun untuk satu cangkir sayuran,” kata Flynn. Menumis atau memanggang sayuran adalah pilihan yang tepat, ditambah metode ini dapat mempertahankan banyak nilai gizi sayuran. Mengonsumsi banyak sayuran bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan serat dalam sayuran juga bisa melancarkan sistem pencernaan. Jika Anda tidak terbiasa makan sayuran, Anda bisa mencoba tiga kali dalam seminggu di mana Anda menggabungkan sayuran, minyak zaitun, dan kentang, roti gandum, atau quinoa.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Minyak zaitun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah dan sensitivitas kadar insulin. Pola diet Mediterania telah membantu orang-orang di kawasan tersebut memiliki risiko penyakit diabetes tipe 2.

  • Menjaga kesehatan jantung
BACA JUGA:  Diet Kentang Selama 15 Hari Untuk Menurunkan Berat Badan

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa penyakit jantung jarang terjadi di negara-negara sekitar kawasan Mediterania. Penelitian tersebut didukung dengan penelitan selanjutnya yang membuktikan bahwa manfaat minyak zaitun bisa untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan, minyak zaitun bisa melindungi lemak ‘jahat’ yaitu LDL dari oksidasi, meningkatkan fungsi lapisan pembuluh darah, dan mencegah penggumpalan darah.

  • Melawan penyakit alzheimer

Penyebab dari penyakit alzheimer adalah adanya penumpukan plak beta amiloid di dalam sel otak manusia. Sebuah penelitian membuktikan bahwa minyak zaitun berkhasiat untuk menghilangkan plak-plak tersebut dari sel otak. Pola diet yang menggunakan minyak zaitun sebagai minyak utama bisa menurunkan risiko dan mengobati penyakit alzheimer.

Meski kaya manfaat, usahakan tidak mengonsumsi minyak zaitun lebih dari 5 sendok makan sehari. Karena, terlalu banyak yang masuk ke tubuh, justru akan menimbulkan reaksi buruk, seperti diare dan gula darah terlalu rendah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here