Langkah Mudah Cara Menghilangkan Bau Ketiak Dalam Sekejap

0
123
Bau Badan Spesial.net
Bau Badan Spesial.net

SPESIAL.NET – Jika anda sedang bingung mencari cara menghilangkan bau ketiak yang efektif sebaiknya kenali dulu penyebab munculnya bau. Sebab banyak orang yang beranggapan bahwa bau keringat timbul akibat keringat. Anggapan yang kurang tepat ini menyebabkan tak sedikit orang yang menjaga gerak tubuhnya agar tidak berkeringat.

Keringat merupakan proses alami tubuh dalam menjaga kesehatan. Keringat ini akan diproduksi dan dikeluarkan jika tubuh mengalami peningkatan suhu. Suhu tubuh akan meningkat jika kita melakukan gerakan fisik, seperti pada kegiatan olah raga. Selain itu tubuh juga bisa menjadi panas karena penyakit, pengaruh obat, ataupun faktor penyebab lainnya.

Mengenal Penyebab Bau Ketiak

Tubuh memiliki ribuan kelenjar termasuk yang terdapat dalam lapisan kulit. Kelenjar keringat yang terdapat dalam kulit inilah yang kerap dianggap sebagai biang bau badan maupun ketiak. Padahal bau bukan karena keringat itu sendiri melainkan akibat ulah bakteri yang mengubah keringat menjadi asam.

Selain pada daerah kulit yang terbuka, keringat juga kerap muncul di bagian lipatan tubuh, termasuk di area yang ditumbuhi rambut seperti di ketiak. Keringat di ketiak ini diproduksi oleh kelenjar apokrin dan lebih sering diproduksi saat tubuh mengalami stress atau tekanan. Hal ini berbeda dengan kelenjar ekrin yang terdapat di daerah terbuka yang mengeluarkan keringat saat suhu tubuh meningkat karena olah raga atau cuaca.

Walaupun berkeringat merupakan gejala alamiah yang dialami semua orang namun keringat juga bisa terjadi akibat adanya gangguan kesehatan. Penderita sindrom karsinoid ataupun penyakit kelenjar tiroid biasanya malah mengalami hiperhidrosis atau berkeringat secara berlebih.

4 Langkah Mudah Menghilangkan Bau Ketiak

Nah, setelah mengetahui penyebab timbulnya bau ketiak anda bisa mulai melakukan langkah yang diperlukan untuk mengatasinya. Di bawah ini beberapa langkah mudah yang bisa anda lakukan untuk mencegah maupun menghilangkan bau ketiak yang mengganggu.

1. Pilih Pakaian dengan Bahan Berkualitas

Untuk membantu mempercepat penguapan keringat agar tidak dihinggapi bakteri yang menyebabkan bau ketiak salah satunya adalah dengan mengenakan pakaian yang berkualitas. Bahan pakaian seperti katun yang mudah menyerap keringat merupakan cara yang cukup efektif.

BACA JUGA:  Kenali Daftar Makanan Kolesterol Tinggi yang Baik dan Buruk

Sebaliknya, hindari pakaian berbahan plastik atau nilon yang malah bisa memancing produksi keringat berlebih. Bahan jenis ini juga membuat sirkuliasi udara dalam tubuh kurang optimal dan mudah mengundang datangnya bakteri.

2. Mandi dengan Sabun Antibakteri

Cara terbaik lainnya yang bisa mengatasi bau ketiak adalah dengan mandi secara rutin dan teratur setidaknya dua kali sehari. Mandi pagi hari untuk memberishkan keringat yang dihasilkan selama proses tidur dan mandi sore untuk membersihkan tubuh yang kotor setelah seharian beraktivitas.

Untuk mengatasi bau ketiak yang timbul sebaiknya anda mandi dengan menggunakan sabun antibakteri. Gunakan terutama pada bagian ketiak untuk mengatasi bakteri penyebab timbulnya bau ketiak.

3. Keringkan Keringat di Ketiak

Pentingnya mengeringkan badan tidak hanya dilakukan sesudah mandi tapi juga saat ketiak memproduksi keringat berlebih. Jangan biarkan keringat mengendap terlalu lama pada ketiak anda agar tidak dihinggapi bakteri. Karena itu sebaiknya anda menyiapkan selalu handuk kecil atau sapu tangan dengan bahan yang halus dan berkualitas untuk mengeringkankeringat di ketiak tersebut.

4. Memilih Asupan Makanan

Makanan yang masuk ke dalam tubuh juga ikut mempengaruhi produksi keringat berlebih. Minuman beralkohol, minuman berkafein, bawang, ataupun makanan pedat lainnya umumnya bisa merangsang produksi keringat berlebih. Mengurangi jenis makanan itu bisa mengurangi problem bau ketiak. Sebaliknya, banyak orang tuaa yang menyarankan agar banyak makan daun kemangi untuk mengatasi bau ketiak dan agar bau keringat terasa lebih wangi.

Meskipun berkeringat merupakal hal yang alami, namun setidaknya langkah mudah cara menghilangkan bau ketiak ini semoga bisa mengurangi problem yang anda hadapi.
Ilustrasi: tipspengobatanbaubadan.blogspot.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here