Yogurt Biasa atau Yogurt Rendah Lemak? Mana yang Baik Untuk Diet?

0
52
Berries Bowl Cream 162757 (1)
Berries Bowl Cream 162757 (1)

SPESIAL.NET – Yogurt Biasa atau Yogurt Rendah Lemak? Mana yang Baik Untuk Diet? Yogurt adalah salah satu makanan tertua di dunia. Yogurt sering dikonsumsi karena nilai gizinya yang tinggi dan berbagai manfaatnya untuk kesehatan. Selain itu, yogurt juga diketahui baik untuk kesehatan kulit wajah dan sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat masker.

Bagi orang yang ingin menikmati nilai nutrisinya, ada beberapa keraguan yang biasanya muncul ketika akan membeli yogurt, dikarenakan munculnya produk yogurt rendah lemak. Pertanyaannya adalah, “Apakah yogurt biasa atau yogurt rendah lemak yang lebih baik untuk kesehatan?” “Mana yang terbaik untuk dimasukkan dalam menu diet?”

Apa Itu Yogurt?

Yogurt adalah produk susu yang melalui proses fermentasi. Selama proses ini, ratusan juta bakteri yang baik bagi tubuh diproduksi. Secara umum, yogurt kaya akan kandungan kalsium yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang, asupan vitamin B12 dan asam folat yang membantu melancarkan aliran darah Anda, serta kaya akan kandungan bakteri baik yang menyehatkan pencernaan. Karena itu, yogurt sering didaulat sebagai camilan sehat yang tidak akan bikin gemuk.

Yoghurt alami umumnya dibuat dengan cara tradisional dan ditandai dengan tidak mengandung pewarna, pengawet, atau perasa tambahan, dan khususnya dengan menjaga lemak alami.

3 Mitos Mengenai Yogurt

Ada banyak mitos di luar sana tentang yang mungkin membuat Anda bingung. Berikut ini adalah 3 mitos umum mengenai yogurt.

  1. Yogurt biasa mengandung lebih banyak lemak ketimbang yogurt rendah lemak
BACA JUGA:  Tips Memilih Cemilan Diet yang Murah Meriah dan Mengenyangkan

Secara harfiah, hal tersebut benar adanya. Untuk menghasilkan produk yogurt rendah lemak, mereka menggunakan susu rendah lemak, yang jelas memiliki kandungan kalori yang jauh lebih rendah.

Jadi apa masalahnya? Nah, masalahnya adalah Anda berasumsi bahwa lemak ini “buruk”. Jika yogurt terbuat dari susu sapi, maka lemaknya tidak berbahaya untuk arteri, tidak meningkatkan kadar kolesterol, atau membuat Anda bertambah gemuk.

  1. Lebih baik menambahkan rasa pada yogurt dengan pemanis buatan

Mitos ini merupakan konsekuensi langsung dari mitos sebelumnya. Pasalnya, dengan menghilangkan lemak dari yogurt, ia akan kehilangan rasa dan konsistensi. Akibatnya, perlu menambahkan pemanis buatan untuk membuatnya lebih kaya akan rasa.

Kebanyakan orang berpikir bahwa tidak ada yang salah dengan pemanis buatan. Ini tampaknya baik-baik saja tetapi banyak penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara pemanis dan kanker. Lebih lanjut, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2006 mengaitkan pemanis buatan dengan diabetes dan obesitas. Mungkin lebih baik bagi kesehatan Anda untuk memilih yogurt biasa saat berbelanja. Pilih produk yang paling alami. Jika Anda ingin menambahkan buah ke dalam yogurt, pilihlah buah yang segar.

  1. Mengonsumsi yogurt dalam jumlah banyak itu dibolehkan

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari makanan bergizi, rendah kalori, dan mudah dicerna ini, Anda hanya perlu mengonsumsinya secangkir sehari. Dengan cara ini Anda akan memenuhi asupan kalsium harian Anda. Mengonsumsi yogurt terlalu banyak juga tidak baik untuk kerja sistem pencernaan Anda.

BACA JUGA:  4 Kombinasi Makanan yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan dengan Mudah

Yogurt Terbaik Untuk Diet

Yogurt terbaik untuk diet Anda pastinya adalah yogurt yang penuh lemak dan alami. Kenyataannya adalah bahwa tidak ada gunanya mengonsumsi yogurt rendah lemak. Jenis ini cenderung menggantikan lemak dengan bahan lain seperti gula dan pengawet. Selain yogurt biasa, ada juga beberapa yogurt yang baik untuk dikonsumsi saat diet, di antaranya:

  • Greek yogurt

Greek yogurt sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yogurt biasa, hanya teksturnya lebih kental. Jenis yogurt ini memiliki kandungan whey dan laktosa yang jauh lebih rendah dibandingkan yogurt biasa. Jadi bagi Anda yang memiliki intoleransi laktosa, greek yogurt merupakan pilihan yang bagus untuk camilan.

  • Kefir

Kefir adalah minuman kental yang dibuat dengan cara fermentasi susu dan biji kefir, biasanya dibuat dari susu sapi atau kambing. Sedangkan biji kefirnya dibuat dari bakteri asam laktat, ragi, dan zat polisakarida. Meski kefir dibuat dari susu, proses fermentasi yang digunakan dalam proses pembuatannya menjadikannya bebas dari bakteri laktosa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here