Anda Ingin Selalu Sehat? Perhatikan Tips Kesehatan Gigi Ini!

0
273
Tips Kesehatan Gigi
Tips Kesehatan Gigi

SPESIAL.NET – Jika anda ingin selalu sehat sebaiknya memperhatikan tips kesehatan gigi yang akan dikupas dalam dalam postingan kali ini. Mungkin anda penasaran, loh apa hubungan kesehatan tubuh dengan gigi? Bukankah gigi hanya bagian yang sangat kecil dari tubuh dan lebih berkaitan dengan penampilan ketimbang kesehatan?

Gigi yang putih, bersih, dan rapi memang merupakan idaman semua orang. Dengan susunan gigi yang baik akan sangat menunjang penampilan seseorang. Tak jarang pula gigi yang bersinar dan indah dapat meningkatkan rasa percaya diri. Pergaulan pun akan lebih harmonis dengan senyum manis dari gigi yang indah.

Gigi yang sehat juga akan membuat kita nyaman saat menikmati makanan. Dari makanan pedas, asin, hingga minuman dingin dapat dinikmati tanpa adanya gangguan. Sebaliknya, saat gigi berlubang, gusi bengkak, atau gigi sedang sakit tentunya anda merasakan dunia sedang terancam. Emosi pun bisa naik turun tak menentu.

Parahnya lagi, adanya gangguan pada gigi dan gusi ternyata juga bisa merangsang dan menyebabkan timbulnya penyakit pada bagian tubuh secara keseluruhan.

Waspadai Gangguan pada Kesehatan Gigi

Struktur otot maupun bentuk wajah sangat ditentukan oleh gigi, gusi, ataupun tulang yang menyangga gigi. Begitu juga rahang bawah terkait dengan rahang bagian atas yang statis dimana gerakan rahang bagian bawah bisa terjadi karena adanya temporo mandibular, yaitu tulang sendi yang ada di depan telinga. Tanpa susunan struktur wajah yang kuat akan membuat wajah terlihat kurus dan lesu, pipi menjadi cekung dan kempot, serta bibir yang kendur.

BACA JUGA:  Tips Menurunkan 1 Kilogram Berat Badan dalam Waktu Seminggu

Struktur gigi tersebut ternyata berkaitan dengan jaringan syaraf yang ada di bagian tubuh lainnya. Bahkan tak jarang jika ada gangguan pada gigi dan gusi, maka bisa menyebabkan timbulnya penyakit ataupun gangguan kesehatan pada bagian tubuh lainnya. Begitu juga sebaliknya, suatu penyakit atau gangguan kesehatan pada tubuh juga bisa menyebabkan timbulnya gangguan pada gigi dan gusi. Karena itulah seorang dokter akan memeriksa kondisi gigi, gusi, dan rongga mulut pasien untuk memastikan jenis penyakit yang terjadi.

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa beragam penyakit mematikan, seperti stroke, penyakit jantung, hingga kelahiran premature berkaitan dengan kesehatan pada bagian gigi dan gusi. Karena itu jika anda mengalami infeksi pada gusi ataupun ada kerusakan gigi sebaiknya segera periksakan ke dokter agar tidak menjalar dan memancing penyakit berbahaya lainnya.

Penelitian lainnya juga menemukan adanya korelasi antara penyakit diabetes dengan gangguan pada gusi. Seorang penderita diabetes memiliki risiko 3 kali lebih besar terkena serangan jantung jika memiliki gangguan pada gusinya dibandingkan yang tidak menderita penyakit gusi. Penyakit malnutrisi ataupun penyakit kelamin juga bisa dikenali dari gangguan yang ada dalam rongga mulutnya.

Tips Perawatan untuk Menjaga Kesehatan Gigi

Salah satu tips kesehatan gigi paling penting yang harus diperhatikan adalah dengan selalu menjaga kebersihan mulut. Berikut ini sejumlah tips penting menjaga kesehatan gigi dan kebersihan mulut.

  1. Setiap kali selesai makan segera bersihkan sisa makanan di sela gigi dan gusi dengan menggunakan sikat gigi. Pastikan juga karang gigi selalu dalam kondisi bersih dan bebas dari plak.
  2. Sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan yang manis ataupun makanan yang terbuat dari tepung atau gula, khususnya pada malam hari sebelum tidur.
  3. Jangan lupakan menu makanan yang banyak mengandung kalsium untuk menjaga dan memperkuat kesehatan gigi dan gusi.
  4. Jika Anda mengalami sakit atau gangguan pada gusi, segera lakukan langkah berikut sebelum memeriksakan ke dokter gigi, yaitu :
  • Berkumurlah dengan air garam yang hangat yang dicampur dengan garam. Saat berkumur, diamkan beberapa saat campuran air garam itu di dalam mulut. Lakukan ini beberapa kali sehari, khususnya setelah makan.
  • Jika anda mengalami gusi bengkak yang menimbulkan rasa sakit minumlah obat pereda sakit.
  • Agar tidak memperparah gusi yang bengkak, waktu makan sebaiknya jangan menggunakan gigi di sekitar gusi yang sakit.
  • Segera pergi dan periksakan ke dokter jika pembengkakan pada gusi disertai dengan keluarnya nanah. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya komplikasi yang lebih parah.
BACA JUGA:  8 Alasan Mengapa Kecambah Baik Untuk Menurunkan Berat Badan

Demikianlah beberapa tips kesehatan gigi yang sebaiknya anda perhatikan untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here