5 Biji-Bijian yang Harus Dimasukkan dalam Menu Diet Anda

0
68
Almonds Bright Close Up 971078
Almonds Bright Close Up 971078

SPESIAL.NET – 5 Biji-Bijian yang Harus Dimasukkan dalam Menu Diet Anda. Ada berbagai macam biji-bijian yang dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Meskipun biji-bijian bukanlah makanan ajaib yang dapat membuat berat badan Anda turun dengan drastis, namun mengonsumsi biji-bijian dapat mengoptimalkan diet yang sedang Anda jalankan.

Biji-bijian memiliki sifat pembakaran lemak, karena dapat merangsang fungsi metabolisme untuk membantu mengurangi berat badan. Biji-bijian juga kaya akan serat dan nutrisi penting yang dapat memaksimalkan proses penurunan berat badan. Selain itu, biji-bijian juga memiliki rasa yang enak dan dapat dikombinasikan dengan bahan makanan lain.

Biji-Bijian yang Cocok Untuk Menu Diet

Biji-bijian telah dikonsumsi dari zaman dahulu karena kaya akan nutrisi bergizi yang penting untuk kesehatan tubuh. Dalam beberapa tahun terakhir, biji-bijian kembali menjadi tren sebagai makanan untuk diet karena kandungannya yang dapat mendukung proses penurunan berat badan. Bahkan, biji-bijian juga direkomendasikan untuk alasan kesehatan karena dapat mengontrol kolesterol tinggi dan mencegah diabetes.

  1. Biji Chia

Salah satu varietas biji-bijian yang dapat membantu mempercepat penurunan berat badan adalah biji chia atau chia seed. Chia seed dikenal karena kandungan serat larut dan tidak larutnya yang tinggi, selain antioksidannya. Karena mengandung omega 3 dan asam amino esensial, chia seed telah dikategorikan sebagai superfood. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari chia seed.

  • Mengonsumsi chia seed secara rutin dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit. Selain itu, chia seed dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi penumpukan lemak perut.
  • Karena kandungan lemak tak jenuhnya, chia seed dapat membantu melawan tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
  • Chia seed kaya akan kandungan protein, namun rendah kalori, sehingga baik untuk mempertahankan tingkat energi yang optimal.
  1. Biji Bunga Matahari
BACA JUGA:  Bawang Putih dan Madu, Home Remedies Untuk Menurunkan Berat Badan

Beberapa orang berpikir bahwa biji bunga matahari adalah makanan untuk burung. Namun,  kini banyak orang yang rutin mengonsumsi biji bunga matahari karena manfaatnya untuk penurunan berat badan. Selain menurunkan berat badan, berikut ini adalah beberapa manfaat lain dari biji bunga matahari.

  • Biji bunga matahari mengandung sejumlah besar vitamin E, nutrisi antioksidan yang membantu melawan efek radikal bebas pada kulit.
  • Kandungan mineral dan vitamin B dalam biji bunga matahari dapat memperkuat otot dan mengurangi kelelahan.
  • Biji bunga matahari mengandung asam amino dan karbohidrat yang dapat membantu Anda mempertahankan ritme metabolisme yang baik.
  • Asam lemak tak jenuh dalam biji bunga matahari bisa membantu merangsang pembersihan arteri dan mengurangi kehadiran lipid berbahaya dalam darah.
  1. Biji Ketumbar

Ketumbar yang lebih dikenal sebagai bumbu masak ini adalah biji tanaman ketumbar yang dikeringkan. Bentuk aslinya menyerupai bola-bola kecil berwarna putih, biasanya digerus atau ditumbuk menjadi bubuk. Selain dapat memperkaya rasa suatu makanan, biji ketumbar juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

  • Fitonutrien dalam biji ketumbar dapat merangsang aktivitas metabolisme dan membantu mengatur kadar glukosa darah.
  • Biji ketumbar mengandung minyak esensial yang mengoptimalkan produksi insulin, yang merupakan kunci untuk mengubah gula menjadi sumber energi.
  • Manfaat ketumbar pada kesehatan, terutama kesehatan pencernaan, antara lain menangani sakit perut, konstipasi, cacingan, hilang napsu makan, mual, kejang usus, dan buang gas.
  1. Biji Wijen
BACA JUGA:  Cara Menurunkan Berat Badan dengan Konsumsi Terong

Biji wijen sering ditambahkan pada makanan untuk memperkaya rasa. Di balik bentuknya yang mungil, biji wijen ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya.

  • Kandungan niasin pada biji wijen dapat membantu menghentikan keinginan berlebihan.
  • Biji wijen mengandung asam amino yang mendukung pembentukan massa otot sambil meningkatkan kinerja fisik.
  • Biji wijen adalah sumber serat makanan yang direkomendasikan untuk meningkatkan pencernaan dan mengendalikan kolesterol.
  • Minyak alami pada biji wijen memiliki fungsi untuk mengurangi ketegangan pada otot di sistim kardiovaskular. Selain itu, biji wijen juga kaya akan kandungan magnesium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.
  1. Biji Rami

Kini kesadaran hidup sehat semakin meningkat. Konsumsi makanan sehat merupakan fokus utama. Salah satunya adalah biji rami atau lebih dikenal dengan sebutan flaxseed, yang memiliki banyak manfaat, di antaranya:

  • Flaxseed kaya akan kandungan serat, polifenol dan asam lemak esensial yang bermanfaat bagi metabolisme tubuh Anda.
  • Kandngan omega 3 pada flaxseed dapat meningkatkan vitalitas dan kesehatan jantung, karena dapat mengurangi kolesterol.
  • Pada sebuah studi, asupan flaxseed sebanyak tiga kali sehari selama 3 bulan, terlihat dapat membantu menstabilkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.
  • Mengonsumsi flaxseed dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga dapat menghindarkan Anda dari makan secara berlebihan.

Yang mana dari biji-bijian di atas yang ingin Anda coba? Pilih biji-bijian yang Anda suka dan jangan ragu untuk memasukkannya ke dalam salad dan smoothie favorit.

BACA JUGA:  6 Kesalahan yang Membuat Berat Badan Bertambah Saat Sedang Menjalankan Diet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here