Detoksifikasi Tubuh dengan Buah Pepaya dan Nanas

0
26
Apples Bananas Close Up 1300975
Apples Bananas Close Up 1300975

SPESIAL.NET – Detoksifikasi Tubuh dengan Buah Pepaya dan Nanas. Detoksifikasi tubuh penting untuk dilakukan, terlebih jika Anda sedang menjalankan program penurunan berat badan. Ada banyak makanan atau minuman yang bisa Anda konsumsi untuk mendetoksifikasi tubuh, di antaranya ramuan lemon dan jahe, bawang putih dan madu, dan ramuan cuka apel. Namun, ternyata ada buah-buahan yang bisa memiliki manfaat untuk detoksifikasi, yaitu pepaya dan nanas. Selain rasanya yang lezat, buah-buahan ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya membakar lemak dan membuang sisa-sisa makanan dalam tubuh.

Diet Detoksifikasi dengan Pepaya dan Nanas

Berkat kandungan seratnya yang tinggi, pepaya dan nanas akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Pepaya dan nanas juga sangat rendah kalori, membuatnya sempurna untuk mengendalikan nafsu makan. Ini akan membantu Anda mencapai berat badan yang ideal.

Diet detoksifikasi harus berlangsung antara tiga hingga enam hari sebagai permulaan dari pola makan sehat Anda. Saat sedang menjalankan diet detoksifikasi, Anda dilarang mengonsumsi daging merah, produk susu, lemak jenuh, dan karbohidrat olahan.

Sumber nutrisi utama adalah smoothie yang dibuat dari pepaya dan nanas, yang dapat disertai dengan sumber serat rendah lemak lainnya. Selain itu, Anda juga harus minum banyak air. Minumlah smoothie ini di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari.

BACA JUGA:  Kurma, Si Manis yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan Gizi Pepaya

Pepaya mengandung banyak sekali nutrisi, bahkan sangat kaya akan vitamin C. Satu buah pepaya setidaknya mengandung 235 mg vitamin C. Jumlah tersebut 2-3 kali lebih banyak dari rekomendasi harian yang disarankan. Tidak hanya itu, pepaya juga mengandung nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu vitamin A, vitamin B1, B3, B5, vitamin E, vitamin K, likopen, serat, kalsium, potasium, folat, dan magnesium. Pepaya memiliki manfaat untuk memperlancar pencernaan. Hal ini karena pepaya mengandung enzim papain yang membuat protein lebih mudah dicerna. Menurut penelitian, mengonsumsi pepaya selama 40 hari diduga dapat menyembuhkan konstipasi dan perut kembung.

Kandungan Gizi Nanas

Gizi yang bisa Anda dapatkan dari nanas antara lain, vitamin C, vitamin B6 dan vitamin B1, serta folat. Selain gizi tersebut bermanfaat, ada unsur lain dari nanas yang berperan baik untuk sistem pencernaan manusia. Kandungan enzim bromelain dalam nanas dapat membantu usus Anda memecah dan menyerap protein lebih banyak. Manfaat lain dari bromelain ini juga mampu meringankan masalah perut seperti, sakit perut dan diare. Manfaat buah nanas untuk pencernaan ini tidak sampai situ saja, nanas memiliki sejumlah kandungan vitamin dan mineral yang mampu menyerap air pada usus Anda. Untuk sistem penceranaan yang normal , Anda perlu mengonsumsi 14 gram total serat dari 1000 kalori perharinya, dan itu bisa Anda dapatkan pada buah nanas.

BACA JUGA:  Manfaat Air Kelapa, Melancarkan Pencernaan Hingga Melawan Tanda Penuaan

Smoothie Pepaya dan Nanas Untuk Menurunkan Berat Badan

Bahan-bahan:

  • 1 mangkuk pepaya
  • 1 mangkuk nanas
  • 2 cangkir susu almond (atau air putih)
  • 1 sendok makan madu
  • Es, sesuai kebutuhan
  • Mentimun atau lidah buaya, jika diinginkan

Cara membuat:

Setelah mencuci semua bahan, masukkan ke dalam blender dan proses hingga Anda memiliki minuman yang homogen. Minumlah smoothie ini selama enam hari, saat sarapan dan sebelum tidur.

Selain dijadikan smoothie, pepaya dan nanas juga dapat dikonsumsi dengan cara lainnya. Anda bisa langsung mengonsumsinya, memanggangnya terlebih dahulu, atau Anda bisa menambahkannya pada salad buatan sendiri. Jangan lupa untuk mengganti dressing salad Anda dengan minyak zaitun atau yogurt untuk hasil diet yang maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here