Spirulina, Makanan Super yang Kaya Nutrisi dan Baik Untuk Kesehatan

0
86
Spirulina 1829080 960 720
Spirulina 1829080 960 720

SPESIAL.NET – Spirulina, Makanan Super yang Kaya Nutrisi dan Baik Untuk Kesehatan. Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan. Beberapa orang menyiksa diri sendiri dengan menjalankan diet ketat yang ternyata tidak selalu baik untuk tubuh mereka. Pada saat yang sama, ada orang yang berpikir bahwa olahraga adalah semua yang mereka butuhkan untuk menjadi sehat, apa pun yang mereka makan. Yang benar dalam menerapkan pola hidup sehat adalah menemukan keseimbangan antara apa yang Anda makan dan juga olahraga yang Anda lakukan. Melakukan aktivitas fisik beberapa kali selama seminggu dan makan makanan bergizi adalah kunci mendapatkan berat badan yang ideal. Salah satu makanan tinggi gizi yang baik untuk kesehatan Anda adalah spirulina.

Apa Itu Spirulina?

Spirulina adalah jenis ganggang biru-hijau yang dapat dikonsumsi manusia sebagai suplemen makanan. Spirulina dianggap sebagai makanan super karena kandungan nutrisi dan manfaat spirulina sangat baik untuk kesehatan.

Spirulina memiliki kandungan protein dan vitamin yang tinggi, yang membuatnya menjadi suplemen diet yang sangat baik bagi orang-orang yang melakukan diet vegetarian atau vegan. Penelitian menunjukkan bahwa spirulina memiliki sifat antioksidan dan peradangan, serta kemampuan untuk membantu mengatur sistem kekebalan tubuh.

Jika diolah, spirulina bisa dibuat atau dicampurkan ke dalam suplemen makanan, kosmetik, susu, sari buah, minuman serbuk, dan bahkan makanan untuk para astronot saat berada di luar angkasa. Ada anggapan bahwa makanan atau minuman yang mengandung spirulina akan menjadi lebih bernutrisi.

BACA JUGA:  Yogurt Biasa atau Yogurt Rendah Lemak? Mana yang Baik Untuk Diet?

Manfaat Spirulina

  1. Kaya akan nutrisi penting bagi tubuh

Biasanya ketika seseorang merasa lapar di antara waktu makan, itu merupakan pertanda bahwa tubuh kekurangan gizi. Ketika Anda makan makanan dengan nilai gizi rendah atau kualitas buruk, Anda akan merasa kurang kenyang dan cenderung makan secara berlebihan.

Spirulina bertindak sebagai katalis nutrisi dan melancarkan pencernaan. Spirulina kaya akan kandungan vitamin, seperti vitamin C, B kompleks, dan E. Spirulina juga mengandung mineral, seperti seng, tembaga, mangan, dan magnesium, serta enzim tertentu. Vitamin dan mineral ini mempercepat metabolisme Anda dan mencegah penyerapan lemak yang tidak perlu.

  1. Mengandung protein

Begitu banyak orang masih percaya bahwa protein hanya ditemukan dalam daging. Namun, sebenarnya ada banyak sayuran yang mengandung protein dalam jumlah besar yang sama baiknya dengan protein hewani. Spirulina adalah salah satunya. Bahkan, protein dalam spirulina empat kali lebih mudah diserap daripada protein dari daging. Spirulina mengandung protein sebesar 55% hingga 75%. Karena itu, spirulina adalah makanan yang sempurna untuk Anda yang sedang menjalankan diet rendah karbohidrat.

  1. Rendah kalori

Satu sendok teh spirulina mengandung hanya 20 kalori saja. Makan makanan rendah kalori sangat penting saat menjalankan diet penurunan berat badan. Mengonsumsi spirulina secara teratur memenuhi sebagian besar kebutuhan nutrisi tubuh Anda, tanpa harus mengonsumsi banyak kalori.

  1. Mengurangi tekanan darah dan gula darah
BACA JUGA:  Tips Menghilangkan Jerawat Membandel di Wajah

Spirulina sangat dianjurkan untuk orang dengan tekanan darah tinggi. Spirulina dapat mengatur trigliserida dalam darah dan juga membantu memproses kolesterol jahat. Ketika Anda mengonsumsi spirulina sambil berolahraga, tubuh Anda membakar lemak lebih mudah.

Spirulina sangat baik untuk penderita diabetes atau gula darah tinggi. Karena tingginya kadar asam lemak, seperti omega 3 dan asam gamma linoleat, mengonsumsinya secara teratur dapat mengatur produksi insulin. Kadar insulin yang tepat dapat membantu mencegah obesitas.

Untuk menurunkan berat badan, spirulina jauh lebih baik daripada mengonsumsi suplemen buatan yang dibeli di toko. Namun, perlu diingat bahwa Anda tetap harus menerapkan pola makan sehat dan menjalankan olahraga secara rutin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here