Inilah Beberapa Makanan yang Bisa Menekan Nafsu Makan dan Membantu Mengurangi Berat Badan

0
502
Berries Blueberries Bread 86753
Berries Blueberries Bread 86753

SPESIAL.NET – Inilah Beberapa Makanan yang Bisa Menekan Nafsu Makan dan Membantu Mengurangi Berat Badan. Ketika Anda sedang menjalankan diet penurunan berat badan, wajar untuk merasakan keinginan makan makanan tertentu, seperti makanan yang manis, berlemak, dan tinggi kalori. Untuk menghindari situasi yang bisa membuat diet Anda gagal, Anda harus bijak dalam memilih makanan.

Ada suatu waktu ketika Anda merasa lapar padahal baru saja mengonsumsi makanan berat. Hal tersebut bisa saja terjadi karena Anda sedang merasa bosan, gelisah, atau stres. Akibatnya, Anda bisa menghabiskan camilan tanpa menyadarinya.

Advertisement

Jika ingin diet Anda berhasil, Anda harus bisa mengontrol jenis dan porsi makanan yang dikonsumsi. Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa membantu memuaskan nafsu makan Anda. Perlu diingat, makanan ini bukanlah makanan ajaib yang bisa langsung menurunkan berat badan secara instan. Namun, mengonsumsi makanan ini bisa membantu Anda dari makan secara berlebihan.

  1. Greek yogurt

Tidak seperti yogurt biasa, greek yogurt telah disaring untuk menghilangkan cairan sehingga teksturnya lebih kental. Greek yogurt kaya akan protein. Ada 15-20 gram protein yang terkandung dalam 6 ons greek yogurt, jumlah ini setara dengan protein dalam 3 ons daging tanpa lemak. Itulah mengapa greek yogurt bisa jadi alternatif sumber protein yang baik, bagi Anda yang sedang menghindari makan daging. Greek yogurt mengandung gula yang lebih rendah daripada yogurt pada umumnya, maka otomatis total karbohidrat yang terkandung dalam greek yogurt pun akan lebih sedikit pula. Maka dari itu, greek yogurt merupakan salah satu pilihan makanan sehat untuk Anda yang sedang menjalani diet rendah karbohidrat.

  1. Keju
BACA JUGA:  Manfaat Rumput Laut: Menurunkan Berat Badan Hingga Mencegah Penyakit Jantung

Keju ternyata bisa menjadi salah satu alternatif camilan diet Anda. Keju dapat memberikan efek kenyang lebih lama, sebab komposisinya yang kompleks membuat keju sulit dicerna. Persentase lemak jenuhnya juga lebih rendah, sehingga baik untuk jantung. Makan keju tidak meningkatkan kolesterol dan dapat menurunkan berat badan secara signifikan. Orang yang makan lebih banyak mengonsumsi produk susu juga cenderung memiliki indeks massa tubuh lebih rendah.

  1. Kopi hitam

Bagi beberapa orang, meminum kopi di pagi hari sebelum beraktivitas adalah sebuah kewajiban. Jika Anda adalah salah satunya, mengonsumsi kopi hitam tanpa gula bisa menjadi alternatif saat sedang menjalankan diet. Kopi dapat membantu mempercepat metabolisme Anda dan menekan rasa lapar. Efeknya dapat berlanjut hingga tiga jam setelah Anda meminumnya.

  1. Alpukat

Alpukat adalah sumber vitamin C, E, K, dan B-6, serta riboflavin, niasin, asam folat, asam pantotenat, magnesium, dan kalium. Alpukat juga menyediakan lutein, beta-karoten, dan asam lemak omega-3. Meskipun sebagian besar kalori dalam alpukat berasal dari lemak, Anda tidak perlu khawatir. Alpukat penuh dengan lemak sehat yang bermanfaat untuk mengendalikan kadar kolesterol serta membantu Anda tetap kenyang. Bila Anda mengonsumsi lemak, otak Anda menerima sinyal untuk mematikan nafsu makan Anda. Mengonsumsi lemak juga bisa memperlambat pemecahan karbohidrat dalam tubuh, yang membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Dengan mengonsumsi alpukat, Anda bisa merasa kenyang lebih lama. Anda bisa menambahkan alpukat pada salad, sandwich, atau smoothie.

  1. Minyak zaitun
BACA JUGA:  7 Alasan Pentingnya Mengonsumsi Bayam Setiap Hari

Sama seperti alpukat, minyak zaitun juga mengandung lemak baik yang bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah dapat menekan rasa lapar. Saat dikonsumsi, minyak zaitun akan membantu otak untuk menghasilkan hormon leptin. Hormon ini akan menstimulus tubuh agar merasa lebih cepat kenyang. Ketika sudah merasa kenyang, secara otomatis Anda akan mengurangi porsi makan, sehingga kalori yang masuk ke tubuh pun dapat terkontrol.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here