Hati-Hati! 5 Kebiasaan di Pagi Hari Ini Bisa Membuat Anda Gemuk

0
85
Blossom Caffeine Card 2072152
Blossom Caffeine Card 2072152

SPESIAL.NET – Hati-Hati! 5 Kebiasaan di Pagi Hari Ini Bisa Membuat Anda Gemuk. Untuk menghindari obesitas, kuncinya adalah menjalankan pola makan sehat, olahraga teratur, dan menghilangkan kebiasan buruk yang bisa memicu bertambahnya berat badan. Namun, terkadang meskipun mempertahankan kebiasaan baik tersebut, Anda tidak melihat hasil yang signifikan. Bahkan mungkin berat badan Anda malah bertambah beberapa kilogram. Situasi tersebut bisa membuat Anda frustasi dan akhirnya menyerah untuk melanjutkan pola hidup sehat.

Hal tersebut bisa saja terjadi karena Anda melakukan kebiasaan yang dianggap baik, padahal justru bisa menyebabkan bertambahnya berat badan. Meskipun Anda tidak selalu menyadarinya, namun hal itu bisa menjadi hambatan besar untuk mencapai berat badan yang ideal. Berikut ini beberapa kebiasaan di pagi hari yang mungkin sering Anda lakukan yang berdampaknya pada kenaikan berat badan.

  1. Melewatkan sarapan

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa melewatkan sarapan adalah cara yang baik untuk mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Sayangnya, yang terjadi justru kebalikannya. Sarapan sangat penting agar metabolisme tubuh Anda berfungsi dengan baik. Orang yang melewatkan sarapan sering menggantinya dengan mengonsumsi makanan yang rendah nilai gizinya. Hal ini justru cenderung menambah berat badan. Anda bisa mengonsumsi biji-bijian utuh untuk sarapan, seperti quinoa, roti gandum, chia seed, dan sebagainya.

  • Sarapan adalah makanan utama hari itu dan tidak boleh diganti dengan secangkir kopi dan kue.
  • Harus mengandung sumber karbohidrat, serat dan asam amino.
  • Total kalori harus mengandung 25% dari kebutuhan harian tubuh.
  1. Sarapan terlambat
BACA JUGA:  Ragam Kacang-Kacangan dan Manfaatnya yang Belum Banyak Diketahui

Penting untuk belajar menjaga jadwal makan untuk tubuh Anda. Idealnya, sarapan yang baik dilakukan satu jam setelah bangun tidur. Tubuh membutuhkan sumber energi untuk mempertahankan fungsi optimal dari organ utama. Saat baru bangun tidur, ada baiknya Anda langsung minum air putih agar tubuh Anda kembali terhidrasi.

  1. Makan camilan olahan

Banyak produk makanan ringan yang diberi label “camilan diet” beredar di pasaran. Padahal, jika dilihat lebih teliti, produk makan tersebut biasanya mengandung gula, garam, dan bahan-bahan kimia yang justru bisa menambah berat badan Anda. Sebagai alternatif camilan di selang waktu makan, Anda bisa mengonsumsi buah, yogurt, atau popcorn. Anda juga bisa membuat smoothie sendiri, seperti smoothie brokoli yang sehat dan bisa membantu menurunkan berat badan.

  1. Terlalu banyak tidur

Bangun kesiangan bisa menjadi salah satu alasan bertambahnya berat badan Anda. Sebuah studi tahun 2014 mengemukakan bahwa orang yang tidur lebih dari 10 jam akan sulit untuk menghilangkan lemak di tubuhnya. Waktu ideal untuk tidur adalah 7 hingga 9 jam setiap hari tanpa gangguan.

  1. Kurang minum

Menghidrasi tubuh di pagi hari adalah salah satu kebiasaan penting untuk meningkatkan metabolisme yang optimal. Minum sedikit air atau tidak minum sama sekali dapat memperlambat kerja organ tubuh yang bertugas membakar lemak. Anda dianjurkan untuk minum segelas air hangat setelah bangun dari tidur. Selain air putih, Anda juga bisa membuat ramuan lemon dan jahe, teh hijau dan madu, atau teh mint. Setelah sarapan, ada baiknya Anda minum sebanyak 3 hingga 4 gelas air putih.

BACA JUGA:  Konsumsi 3 Minuman Ini Sebelum Tidur untuk Turunkan Berat Badan dengan Cepat

Apakah Anda masih sering melakukan kebiasan-kebiasaan buruk di atas? Sekarang adalah waktunya untuk memperbaiki kesalahan yang Anda buat dan memanfaatkan pagi hari untuk meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Menerapkan kebiasaan baik di pagi hari bisa membuat diet penurunan berat badan yang Anda lakukan lebih optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here