6 Sumber Karbohidrat Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan

0
74
Cereal Diet Dry 1166387
Cereal Diet Dry 1166387

SPESIAL.NET – 6 Sumber Karbohidrat Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan. Karbohidrat telah dianggap sebagai musuh besar bagi yang sedang mencoba untuk menurunkan berat badan. Namun, kini banyak yang membuktikan bahwa anggapan di atas kurang tepat. Pada kenyataannya, tidak semua karbohidrat buruk, justru beberapa makanan sumber karbohidrat dapat membantu Anda mencapai tujuan penurunan berat badan.

Sumber karbohidrat, seperti tepung putih, mungkin dapat menghalangi Anda untuk mencapai berat badan ideal. Namun, makanan seperti biji-bijian, yang juga kaya akan kandungan karbohidrat, justru sangat baik bagi tubuh Anda. Maka dari itu, jika Anda sedang menjalankan diet, memilih dengan bijak sumber karbohidrat yang harus dimasukkan ke dalam menu makan sehari-hari sangatlah penting. Berikut ini adalah beberapa sumber karbohidrat yang baik untuk dimasukkan ke dalam menu makan Anda untuk mencapai berat badan sesuai dengan yang diinginkan.

  1. Gandum

Dianggap sebagai salah satu makanan paling lengkap dari sudut pandang gizi, gandum adalah sumber karbohidrat yang sangat baik untuk menurunkan berat badan. Gandum mengandung sejumlah besar serat larut, nutrisi yang larut dalam tubuh dan mempercepat proses metabolisme Anda. Gandum juga membantu sistem pencernaan bekerja dengan baik dengan membantu membuang racun dan lemak yang tersimpan dalam tubuh Anda. Mengonsumsi gandum secara rutin dapat menghilangkan lemak yang menumpuk dan mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

  1. Pasta gandum utuh
BACA JUGA:  5 Camilan Tinggi Serat Untuk Anda yang Sedang Diet

Menambahkan pasta gandum utuh dapat menjadi alternatif bagi Anda yang menyukai pasta. Pasta gandum merupakan sumber karbohidrat yang menjaga lemak agar tidak menumpuk ketika dimakan dalam jumlah sedang. Pasta gandum utuh cocok dimasak dengan sayuran dan daging tanpa lemak.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan yang mengandung nutrisi penting untuk jantung dan pencernaan Anda. Kandungan seratnya dapat mengontrol kadar kolesterol dan juga melancarkan proses pencernaan. Kacang-kacangan juga kaya akan protein dan zat besi yang baik untuk kesehatan. Selain itu, kacang-kacangan juga rendah kalori dan membantu Anda merasa kenyang lebih lama dibandingkan sumber karbohidrat lainnya.

  1. Pisang

Banyak orang yang tidak mau mengonsumsi pisang karena khawatir akan kandungan gula, karbohidrat, dan kalorinya yang dianggap bisa membuat bertambahnya berat badan. Namun, pendapat tersebut keliru karena pisang justru merupakan buah yang sangat bergizi dan cocok untuk semua jenis diet. Pisang mengandung serat dan pati resisten, sejenis pati yang dapat dicerna oleh tubuh Anda sepenuhnya. Pisang dapat membuat Anda merasa lebih kenyang lebih lama, meningkatkan tingkat energi, dan juga membantu melancarkan pencernaan.

  1. Quinoa

Quinoa adalah “makanan super” yang telah mendapatkan ketenaran di seluruh dunia. Quinoa bukan hanya sumber karbohidrat yang baik, namun juga merupakan sumber protein dan asam amino esensial, yang membantu membangun otot tanpa lemak. Sebagai bagian rutin dari diet Anda, quinoa dapat mempercepat metabolisme tubuh, meningkatkan pembakaran kalori, dan mendorong penurunan berat badan. Quinoa juga mengoptimalkan penggunaan energi dalam tubuh sehingga meningkatkan kinerja mental dan fisik Anda sepanjang hari.

  1. Barley
BACA JUGA:  Manfaat Air Kelapa, Melancarkan Pencernaan Hingga Melawan Tanda Penuaan

Karbohidrat kompleks seperti barley sangat sempurna untuk memuaskan nafsu makan saat Anda mengidam makanan karbohidrat ini mudah diubah menjadi “bahan bakar” bagi tubuh dan menurunkan risiko memiliki kadar gula darah yang tinggi. Barley sangat rendah kalori dan dapat ditambahkan pada berbagai makanan, seperti salad, sup, dan hidangan lainnya.

Ternyata, tidak semua karbohidrat buruk bagi diet Anda, bukan? Beberapa sumber karbohidrat justru bisa membantu Anda untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here