Cara Diet Sehat Ini Tidak Akan Membuat Anda Loyo

0
110
Diet Sehat
Diet Sehat

SPESIAL.NET – Merencanakan program diet sehat yang baik dan efektif perlu dilakukan dengan mengenali dan menyesuaikan kebutuhan kalori tubuh. Ada banyak sekali mitos diet di internet yang menyuruh kita untuk menjauhi dan berpantang makanan. Mengikuti cara atau tips menurunkan berat badan yang tidak dibarengi dengan pengetahuan yang memadai tentunya bukan cara yang bijak.

Sebuah program diet yang benar dan sehat mestinya dilakukan dengan perencanaan yang matang dan pengetahuan yang memadai. Termasuk dengan mengenali kebutuhan asupan tubuh. Program diet yang sehat dan berhasil adalah yang tidak akan membuat tubuh menjadi loyo dan mengganggu aktivitas anda namun efektif menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan kesehatan anda.

5 Tips Diet Sehat yang Terbukti Efektif

Prinsip penting dalam program diet yang sehat adalah menyesuaikan antara masukan dari asupan makanan dengan output melalui aktivitas yang anda lakukan. Berikut ini beberapa tips diet sehat yang terbukti efektif untuk menurunkan berat badan.

1. Rencanakan Menu Diet

Kaum wanita umumnya membutuhkan kalori yang lebih rendah dibandingkan pria. Jika kebutuhan kalori wanita rata-rata 2.200 kalori perhari, maka pria membutuhkan kalori rata-rata 2.500 kalori per hari. Jumlah ini bisa meningkat sesuai aktivitas fisik yang dilakukan.

Salah satu tips diet yang sangat penting adalah mengenali kebutuhan tubuh yang disesuaikan dengan aktivitas keseharian anda. Karena itu sebelum memulai program diet, sebaiknya rencanakan dan susun menu diet sesuai aktivitas anda. Jika anda banyak beraktivitas secara fisik, menu makanan yang mengandung karbohidrat atau lemak sebaiknya tidak dikurangi. Namun jika profesi anda lebih sering duduk, maka itu yang perlu dikurangi.

2. Memilih Makanan Tepat untuk Diet Sehat

Dalam menyusun menu makanan untuk program diet menurunkan berat badan, pilih menu makanan dengan gizi seimbang. Berikut ini kandungan gizi yang sebaiknya diperhatikan dalam program diet anda, yaitu :

Zat Tenaga

Untuk makanan sumber tenaga, anda bisa mengganti konsumsi beras dengan ubi jalar ungu. Ubi jenis ini sangat kaya dengan vitamin A namun rendah kolesterol (bahkan mendekati nol), rendah gula, dan juga rendah sodium yang akan sangat berguna untuk menurunkan berat badan dengan lebih efektif.

BACA JUGA:  Kenali Penyebab Jantung Berdebar dan Tips Mengatasinya

Zat Pengatur

Untuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin sebagai zat pengatur dalam tubuh sebaiknya pilih wortel dan buah apel sebagai menu diet sehat anda. Wortel diketahui kaya protein, hidrat arang, kalsium, fosfor, vitamin B dan C, dan zat besi namun rendah kalori. Sedangkan apel adalah buah yang rendah kalori namun kaya vitamin A, B, C, protein, kalsium, zat besi, fosfor, hidrat arang, dan pectin.

Zat Pembangun

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan zat pembangunan tubuh anda bisa memilih susu dan produk turunan hewani yang rendah lemak dan makanan dari jenis kacang-kacang yang kaya serat. Lemak tetap dibutuhkan tubuh namun untuk mendukung sukses diet anda sebaiknya pilih makanan yang mengandung lemak baik saja.

3. Lakukan Olah Raga Pagi dan Sore

Jika anda ingin menurunkan berat badan yang berhasil, maka anda perlu disiplin untuk bangun tidur lebih pagi dari biasanya. Setelah itu lakukan olah raga ringan setidaknya selama satu jam, seperti dengan jogging, senam, ataupun sekedar berjalan kaki di sekeliling rumah. Udara pagi yang bersih akan menyehatkan badan, dan aktivitas fisik akan membantu membakar lemak tubuh.

4. Jangan Lupakan Sarapan Pagi

Awali aktivitas harian anda dengan sarapan pagi secukupnya sesuai menu diet yang sudah anda susun sesuai aktivitas yang akan anda lakukan. Jangan pernah meninggalkan sarapan karena asupan makanan pada pagi hari akan sangat mendukung kinerja pekerjaan anda. Selain itu sarapan pagi juga membantu anda untuk tidak balas dendam saat makan siang.

5. Makan Malam Sebelum Pukul 18

Secara biologis, makanan yang masuk ke dalam tubuh akan mengalami proses pencernaan selama sekitar 3 hingga 5 jam. Jika anda makan malam pada jam 7 malam dan tidur pukul 9 malam, maka program diet anda bisa gagal. Karena itu membatasi waktu makan malam sebelum pukul 6 petang akan membuat tubuh mencerna makanan secara sempurna sebelum anda tidur.

Itulah sejumlah tips diet sehat dengan prinsip gizi seimbang yang akan menurunkan berat badan tanpa mengganggu aktivitas harian anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here