5 Gejala Diabetes Yang Kerap Diabaikan Orang

0
43
Gejala Diabetes
Gejala Diabetes

SPESIAL.NET – Mengenali adanya gejala diabetes merupakan langkah bijak yang sebaiknya anda lakukan sebelum semuanya menjadi terlambat. Dalam banyak kasus, penyakit diabetes baru dikenali atau diketahui setelah kondisinya cukup parah. Akibatnya, proses pengobatannya pun bukan saja menjadi sulit dan mahal namun tak jarang juga terasa mustahil.

Diabetes termasuk jenis penyakit yang belum bisa disembuhkan hingga saat ini. Penanganan yang bisa dilakukan adalah dengan mengontrol agar kondisinya tidak semakin memburuk atau mengganggu aktivitas. Diperlukan proses edukasi yang berkelanjutan, aktivitas fisik, pengaturan menu makanan, hingga pemberian obat-obatan dalam penanganan penyakit ini.

Kadar gula dalam darah sebenarnya dibutuhkan sebagai sumber energi utama bagi tubuh. Baik untuk beraktivitas maupun dalam proses pembentukan otot dan jaringan, serta otak. Namun jika kadar glukosa darah berlebihan dan melewati ambang batas normal inilah yang kemudian memicu timbulnya penyakit gula darah atau diabetes. Nah, gaya hidup yang salah ataupun pola makan yang tidak sehat inilah yang umumnya ditengarai sebagai penyebab penyakit diabetes.

Parahnya, Indonesia masuk dalam 10 negara yang memiliki jumlah penderita diabetes terbesar di dunia. Menariknya, hanya sedikit saja dari jumlah penderita diabetes yang menyadari atau mengetahui bahwa mereka terserang penyakit berbahaya ini. Penyakit ini juga tidak hanya menyerang yang telah berusia lanjut, tak sedikit juga yang berusia di bawah 25 tahun sudah terkena penyakit ini.

Inilah Beberapa Gejala Diabetes Yang Perlu Diwaspadai

Sejumlah gejala diabetes memperlihatkann tanda yang mirip atau bahkan serupa dengan gejala penyakit biasa. Karena itulah banyak orang yang mengetahui jika mereka sedang menderita penyakit mematikan ini. Lantas bagaimana sih cara mendiagnosis atau mengenali gejala diabetes? Berikut ini beberapa yang sebaiknya anda waspadai.

1. Sering Buang Air Kecil

Buang air kecil merupakan hal lumrah terutama jika kita sering minum air putih. Apalagi minum banyak air putih baik untuk kesehatan. Namun jika anda mengalami sering buang air kecil dan itu berlangsung terus menerus sebaiknya anda waspada. Apalagi jika anda mengalami kondisi ini terutama saat malam, lebih baik segera periksanakan diri ke dokter.

BACA JUGA:  Ingin Menurunkan Berat Badan? Jauhi 7 Pantangan Ini!

2. Nafsu Makan Tiba-tiba Meningkat

Banyak orang yang merasa senang saat bisa makan dengan lahap. Namun jika peningkatan nafsu makan ini datang tiba-tiba dan berlangsung tidak hanya sekali dua kali namun berulang kali, bisa jadi ini merupakan gejala awal diabetes. Kondisi ini terjadi akibat sel darah membutuhkan banyak asupan glukosa terutama 7dari makanan.

3. Saat Terjadi Luka Tidak Mudah Sembuh atau Kering

Penurunan system imun dan kekebalan tubuh yang dialami penderita gula darah adalah akibat kadar gula dalam darah yang berlebihan. Hal ini bisa menyebabkan saat tubuh terluka akibat jatuh atau benturan akan sulit sembuh atau kering. Karena itu waspadalah jika anda terluka namun sulit keringnya karena bisa jadi ini merupakan gejala penyakit diabetes.

4. Timbul Infeksi Jamur di Mulut dan Bagian Tubuh Lain

Terjadinya infeksi jamur atau sariawan di sekitar mulut kerap menimpa wanita yang menderita diabetes. Apalagi jika infeksi itu juga muncul di sekitar vagina dan bagian lipatan tubuh lainnya sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk memastikannya.

5. Sering Mengalami Kesemutan

Kesemutan merupakan hal yang lumrah terjadi, khususnya jika anda duduk dengan posisi tetap dalam jangka waktu cukup lama. Namun jika anda merasa kesemutan tanpa sebab sebaiknya anda perlu waspada. Apalagi jika diserta dengan kebas atau mati rasa bisa jadi itu merupakan gejala diabetes stadium lanjut akibat adanya kerusakan pada serabut saraf.

Itulah beberapa gejala diabetes yang kerap diabaikan orang namun perlu diwaspadai dan perlu diperiksakan ke dokter untuk memastikannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here