10 Ide Desain Impian Kamar Tidur untuk Anak

0
122
10 Ide Desain Impian Kamar Tidur untuk Anak
10 Ide Desain Impian Kamar Tidur untuk Anak

Anak adalah anugerah Tuhan yang luar biasa diberikan Tuhan pada orang tua. Tak khayal, banyak orang tua yang selalu berupaya memberikan kenyamanan bagi anak-anaknya. Hal itu penting bagi perkembangan imajinasi dan kreatifitas anak. Salah satu cara yang dapat dilakukan orang tua guna menunjang hal tersebut adalah melalui pemberian kamar pribadi pada anak. Namun bagi sebagian anak, tidur sendirian di kamar pribadi justru menjadi sesuatu yang menakutkan. Akibatnya, timbullah imajinasi yang menakutkan karena kamar tidur mereka tidak menarik. Oleh karena itu, sebagai orang tua yang bijak, Anda perlu membantu mereka agar menemukan kenyamanan di dalam kamar tidurnya. Sebagai langkah awal, orang tua harus mengetahui hal yang paling disukai oleh anak. Sehingga anak akan merasa nyaman ketika dikelilingi dengan apa yang disukainya. Berikut 10 ide desain kamar tidur spektakuler untuk anak yang dapat Anda wujudkan agar mereka lebih nyaman dalam beristirahat dan perkembangan imajinasinya pun makin baik.

10. Hemat Ruang, Perkaya Fungsi

Hemat Ruang, Perkaya Fungsi
Hemat Ruang, Perkaya Fungsi

Anda perlu menghapus paradigma bahwa kamar tidur anak harus mewah dan penuh perhiasan. Karena yang paling penting adalah bagaimana menciptakan suasana kamar tidur yang sederhana namun kaya fungsi. Ingat, tujuan utamanya adalah membuat anak Anda merasa nyaman. Di kamar sederhana ini, semuanya perlu pertimbangan kebermanfaatan bagi anak. Mulai dari meja dan kursi untuk belajar, dan tempat tidur dengan beberapa laci di bawahnya yang bisa digunakan untuk tempat penyimpanan tambahan. Daybed juga didorong ke dinding untuk menciptakan lebih banyak ruang di tengah. Anda juga bisa memberikan sentuhan warna hijau dan putih pada dinding agar mengubah visual mereka terhadap ruangannya. Kehadiran wallpaper bergaris hijau-putih di belakang rak dinding, juga dapat menciptakan ilusi ruang yang luas dan lapang.

9. Area Panjat Dinding

Area Panjat Dinding
Area Panjat Dinding

Anak-anak – terutama anak laki-laki – selalu penuh energi. Mereka suka beraktivitas fisik seperti melompat, berlari, dan memanjat untuk mengeluarkan tenaga. Lantas, mengapa Anda tidak memberikan ruang agar mereka tetap bisa melakukan kegiatan tersebut di kamarnya?

Memasukkan trampolin ke dalam kamar tidurnya mungkin merupakan awal yang baik untuk mereka. Bak menemukan harta karun, mereka tentu akan bergembira dengan hal itu. Anda bisa menambahkan banyak batu panjat dinding di dinding sehingga ia bisa memanjat dinding untuk mencapai tempat tidur susun atau area yang lebih tinggi. Jangan lupa untuk meletakkan beberapa kasur di lantai. Tentunya, penambahan arena tersebut telah Anda pertimbangkan baik dari segi tempat, keselamatan, keamanan, dan kenyamanan buah hati Anda.

BACA JUGA:  Tips & Trick Melepas Penat Setelah Seharian Kerja di Taman Pelangi

8. Kamar Tidur dengan Ruang Bermain

Kamar Tidur Dengan Ruang Bermain
Kamar Tidur Dengan Ruang Bermain

Banyak anak yang suka bermain di dalam kamarnya. Oleh karena itu, mereka suka membawa semua mainannya ke dalam kamar dan meninggalkannya berserakan. Karena itu, Anda perlu berinvestasi dengan menambahkan beberapa rak penyimpanan dan kubus sehingga mereka bisa belajar cara menyimpan mainannya sendiri.
Letakkan rak dan keranjang dalam jangkauan anak, sehingga mereka bisa mendapatkan mainan dan menyimpannya kembali tanpa bantuan orang lain. Akan lebih baik jika Anda juga menyertakan harmoni dalam dekorasi kamarnya, seperti kubus penyimpanan berkain biru yang cocok dengan sofa kecil dan tirai, seperti yang Anda lihat di gambar ini.

7. Kamar Tidur untuk Pembalap Wannabe

Kamar Tidur Untuk Pembalap Wannabe
Kamar Tidur Untuk Pembalap Wannabe

Tempat tidur ala mobil balap berwarna merah dengan tambahan tempat tidur di bagian garasi seperti ini tentu sangatlah menarik perhatian anak, terutama bagi mereka yang suka dengan dunia balap mobil. Penambahan tangga di sisi lain merupakan akses yang bisa digunakan mereka untuk bermain di atas loteng.

Model kamar ini membutuhkan ruang yang lebih ekstra sehingga memungkinkan pula anak melakukan aktivitas lain seperti main bola. Pertimbangkan pula tempat penyimpanan tersembunyi yang dapat digunakan anak untuk menyimpan barang-barang kecil seperti kaus kaki, celana, dan mainan tanpa mengurangi ruang yang tersisa.

6. Kamar Tidur Sporty untuk Anak Laki-laki

Kamar Tidur Sporty Untuk Anak Laki Laki
Kamar Tidur Sporty Untuk Anak Laki Laki

Apakah anak laki-laki Anda tumbuh lebih cepat dari yang Anda kira? Itulah mengapa minat mereka terus berubah, yang berarti Anda pun perlu memperbarui kamar mereka dengan lebih sering. Tentu hal itu akan terlalu merepotkan.

Tetapi Anda dapat menghemat lebih banyak uang dan waktu dengan menerapkan skema warna netral karena masih sesuai dengan usia putra Anda. Membuat kamar tidur yang tak lekang oleh waktu, bukan berarti Anda akan membuang semua permainan dalam ruangan. Anak laki-laki akan selalu anak laki-laki. Jadi, meskipun mereka sudah dewasa, mereka akan tetap suka bermain. Oleh karena itu pilihlah aksesori sporty daripada yang kiddish. Gantungkan karung pasir tinju di sudut, dan pasang cincin basket di loteng tempat tidur sehingga anak kecil Anda dapat memoles keterampilannya sambil bersenang-senang di kamar.

BACA JUGA:  10 Ide Desain Kamar Tidur dengan Anggaran Terjangkau

5. Kamar Tidur Putri Kecil

Kamar Tidur Putri Kecil
Kamar Tidur Putri Kecil

Hei, Gadis? Apa yang Anda impikan ketika Anda masih kecil? Sebagian besar dari Anda pasti bermimpi menjadi seorang putri yang tinggal di kastil yang indah dan sedang menunggu seorang pangeran. Ya! Kebanyakan gadis kecil ingin menjadi seorang putri suatu hari nanti, dan begitu pula putri Anda. Dan Anda bisa mewujudkan mimpinya.

Dapatkan tempat tidur kastil secara online atau membelinya di toko mainan terdekat. Atau, jika Anda seorang tukang kayu dan punya banyak waktu, Anda bisa membuat ranjang susun ini sendiri. Dan yang satu ini bisa menjadi inspirasi Anda.

Tempat tidur susun ini dengan mengemas banyak kesenangan hanya dalam satu tempat. Tangga putih di sisi kiri menyediakan akses mudah ke tempat tidur atas, sementara itu juga ada seluncuran di sisi yang lain. Selain itu, pilar ini juga memiliki rak bawaan yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan buku dan pernak-pernik kesukaan anak Anda.

4. Bajak Laut dari Kamar Tidur

Bajak Laut Dari Kamar Tidur
Bajak Laut Dari Kamar Tidur

Ahoy, Matey! Biarkan bajak laut kecil Anda menjelajahi imajinasinya dengan tempat tidur perahu ini. Gurita dan hiu adalah media yang membawa petualangan menjadi hidup. Gunakan skema warna putih dan lautan terutama untuk mendekorasi kamar. Tambahkan pula segala sesuatu yang berkaitan dengan dunia bajak laut, seperti jaring, kotak harta karun, dan beberapa miniatur kapal laut. Tetap pertahankan warna-warna yang menyejukkan visual anak, sehingga mereka tetap merasakan kenyamanan dalam ruang tidurnya.

3. Lampu Sangkar Burung DIY

Lampu Sangkar Burung DIY
Lampu Sangkar Burung DIY

Cahaya malam yang imut ini akan membuat kamar tidur anak Anda makin syahdu. Untuk mengurangi lebih banyak biaya, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Untuk membuat lampu sangkar burung yang cantik ini dibutuhkan sangkar burung dan minyak siku. Anda dapat membeli rumah burung atau membuatnya sendiri dari papan kayu bekas yang ada di sekitar Anda. Langkah selanjutnya adalah membuat lubang di bagian belakang untuk menempelkan lampu dan satu lubang yang lebih besar di bawah sangkar burung sehingga bias cahaya lampu dapat terlihat. Jika Anda ingin memberikan sentuhan bias cahaya lain dengan pola yang lebih bervariasi, cobalah membuat banyak lubang kecil di bagian kanan atau kiri sangkar. Dan hasilnya, ketika Anda menyalakan lampu, cahaya akan terlihat melalui lubang-lubang dengan sangat cantik.

BACA JUGA:  5 Rekomedasi Tahu Campur Terenak Yang Ada di Kota Surabaya

2. Bedframe DIY

Bedframe DIY
Bedframe DIY

Tempat tidur kanopi ini bisa menjadi alternatif lain jika Anda ingin membuat anak Anda tersenyum. Tempat tidur ini terbuat dari papan pinus. Anda hanya perlu memasang papan menggunakan sekrup untuk struktur yang lebih kokoh. Agar terlihat lebih indah, gantung tirai tipis atau lampu senar di tempat tidur kanopi. Wal hasil, Anda pun akan melihat kamar tidur anak dengan gaya senderhana namun tetap menyajikan kenyamanan bagi siapapun yang beristiharat di dalamnya.

1. Kamar Tidur Nuansa Frozen Sumber 2 Kamar Tidur Nuansa Frozen

A. Kamar Tidur Nuansa Frozen
A. Kamar Tidur Nuansa Frozen

Hampir semua gadis kecil saat ini sangat mengidolakan Elsa. Dia adalah putri cantik dengan kekuatan magis yang luar biasa yang dapat membuat istana dari es. Luar biasa, bukan? Lalu, pernahkah Anda sekali waktu melihat putri kecil Anda bergaya seolah-olah seperti Elsa dalam cerita itu? Berpakaian dan menghentakkan kakinya untuk mewujudkan dunia es yang seperti ia inginkan? Ya, Anda dapat melakukan sihir dengan menambahkan aksesoris Frozen di kamarnya. Tentu ini akan menjadi kejutan kecil dan membuatnya tersenyum dengan gembira.

B. Kamar Tidur Nuansa Frozen
B. Kamar Tidur Nuansa Frozen

Anda dapat menggunakan wallpaper bertema Frozen dengan Elsa dan Anna di dalamnya. Agar terlihat lebih asli, buatlah tempat tidur anak bergaya kastil. Dan untuk terlihat mirip, cobalah membuat lampu gantung beku DIY dari lingkaran kawat yang disemprot warna biru dan dihiasi dengan karangan bunga es dan ornamen mini lainnya. Catlah dinding kamar dengan warna senada. Lalu, lihatlah senyum putri kecil Anda saat melihat perubahan yang telah Anda buat pada kamar tidurnya.

Itulah 10 ide desain impian kamar tidur anak yang bisa Anda wujudkan. Cobalah untuk mewujudkan salah satu dari ide-ide di atas untuk menunjukkan perhatian dan kasih sayang Anda pada mereka. Cocokkan dengan impian, keinginan, dan kepribadian anak Anda. Dengan begitu, kamar tidak hanya sebagai tempat untuk beristirahat, melainkan tempat untuk mengasah keterampilan dan imajinasi anak agar menjadi pribadi yang berkualitas di kemudian hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here