5 Kebiasaan Ketika Rabu Wekasan di Masyarakat Indonesia Untuk Tolak Bala

0
63
Rabu Wekasan IG
Rabu Wekasan IG

SPESIAL.NET – 5 Kebiasaan Ketika Rabu Wekasan di Masyarakat Indonesia Untuk Tolak Bala Masyarakat Indonesia memang mayoritas penganut mazhab Imam Syafi’i dan yang paling terkenal berorganisasi kan Nahdlatul Ulama yang masih menjaga kearifan lokal dan juga beberapa fatwa ulama salah satunya adalah masalah Rabu wekasan atau yang biasa dikenal sebagai Rebo wekasan atau di dalam istilah Islam nya disebut sebagai Arba mustamir. Ketika Rabu wekasan tiba, seluruh umat muslim bermazhab kan Imam Syafi’i dan beberapa penganut madzhab lainnya kerap melakukan beberapa kegiatan atau ritual keagamaan supaya di hari Rabu tersebut yang menjadi hari Rabu terakhir di bulan Safar terhindar dari malapetaka atau mereka suka melakukan doa tolak bala.

Rabu wekasan adalah salah satu hari terakhir di bulan Safar atau yang biasa dikenal sebagai Arba mustamir di mana pada hari Rabu tersebut dipercaya menjadi salah satu hari ketika Allah Subhanahu Wa Ta’Ala menurunkan ratusan ribu penyakit sampai bala atau bencana kepada seluruh penghuni dunia, sehingga tidak aneh apabila bagi umat muslim yang sangat mempercayai hal tersebut kerap melakukan beberapa kegiatan seperti lima kegiatan yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Dari beberapa keterangan kitab kuning apabila pada Arba mustamir dipastikan menjadi hari Rabu yang turun 320.000 bala, penyakit dan marabahaya, selanjutnya turunnya 20.000 bencana yang pastinya harus diwaspadai oleh seluruh umat manusia sehingga hampir seluruh masyarakat di dunia termasuk Indonesia kerap melakukan beberapa ritual keagamaan supaya Tuhan menjauhkan mereka dari bala.

Sehingga sampai sekarang ini ada beberapa kebiasaan yang dilakukan di beberapa pelosok tanah air untuk melakukan kegiatan yang bertujuan supaya pada hari Rabu wekasan dijauhkan dari seluruh marabahaya yang turun dari langit dengan melakukan kegiatan ritual keagamaan walaupun hal tersebut kerap mengundang kontroversi dari para penganut madzhab lain.

BACA JUGA:  Profil dan Fakta Hanum Salsabiela Rais Putri Amien Rais

5 Kebiasaan Ketika Rabu Wekasan di Masyarakat Indonesia Untuk Tolak Bala

Sedikitnya ada 5 kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat di Indonesia supaya terhindar dari malapetaka yang turun pada Rabu wekasan diantaranya sebagai berikut.

  1. Melakukan salat Sunnah mutlak disertai beberapa doa kepada Alloh untuk dijauhkan dari bala
  2. Untuk menyelamatkan isi kampung biasanya ulama setempat membuat wafak di atas piring ataupun kertas selanjutnya dicampur dengan air dan dimasukkan kedalam sebuah wadah yang nantinya akan diminum oleh masyarakat tersebut dengan tujuan dijauhkan dari bala.
  3. Mandi Safar untuk membersihkan dari dan terhindar dari beberapa penyakit dan beberapa hal yang sangat tidak baik malahan di beberapa wilayah di Indonesia, mandi di bulan Safar tersebut langsung menjadi objek wisata yang sangat mumpuni dan bisa menjadi pramuwisata.
  4. Tidak melakukan atau bepergian jauh saat rabu wekasan tiba
  5. Tidak melakukan beberapa hal yang memang menjadi pantangan dan lainnya ketika datangnya Arba mustamir.

Selain 5 kegiatan di atas, di beberapa daerah lain ternyata pada hari Rabu wekasan atau Arba mustamir atau hari Rabu terakhir di bulan Safar ada beberapa sebagian masyarakat untuk menjauhkan bala yaitu melakukan ziarah ke beberapa makam wali untuk lebih mengingat kehidupan setelah kematian sehingga Tuhan menjauhkan diri, keluarga, dan masyarakat dari bala.

5 kegiatan tolak bala pada Rabu wekasan tersebut banyak sekali dilakukan oleh masyarakat di Indonesia dengan tujuan supaya terhindar dari marabahaya ketika Rabu wekasan atau Arba mustamir. Itulah penjelasan yang bisa kami bahas pada artikel kali ini, semoga bisa menjadi referensi untuk anda dan keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here