Ragam Pilihan Makanan Untuk Penderita Diabetes, Enak dan Tetap Manis

0
46
Makanan Untuk Penderita Diabetes
Makanan Untuk Penderita Diabetes

SPESIAL.NET – Masalah pemilihan makanan untuk penderita diabetes merupakal hal yang sangat penting dan harus dilakukan dengan selektif. Selain untuk menjaga agar kadar gula dalam darah tidak naik juga agar kondisi penyakit diabetess tidak semakin parah. Karena itulah membuat menu makanan yang boleh dan tidak harus menjadii bagian dalam proses mengendalikan penyakit berbahaya ini.

Sebaliknya, salah dalam mengkonsumsi suatu makanan bisa langsung berefek pada kondisi kesehatan penderita diabetes. Beberapa dampak yang bisa langsung dirasakan saat salah makan antara lain pusing, merasa lelah, makin rentan terhadap infeksi dan luka, gangguan pada mata, kerusakan saraf, penyakit jantung, gagal ginjal, hingga koma atau kehilangan kesadaran.

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Sebagai orang Indonesia yang terbiasa makan nasi akan mengalami kesulitan kalau harus menghindari nasi putih. Namun karena kadar gulanya yang tinggi nasi putih harus dihindari penderita diabetes. Berikut ini beragam jenis makanan yang harus dihindari penderita diabetes.

  • Roti tawar dan makanan yang dibuat dari tepung terigu
  • Sayuran yang dimasak dengan tambahan garam, keju, mentega, dan saus dalam jumlah banyak.
  • Makanan buah dan sayuran dalam kaleng
  • Daging berlemak
  • Susu dan produk susu yang mengandung lemak.
  • Berbagai makanan yang digoreng
  • Kulit ayam

8 Menu Makanan untuk Penderita Diabetes

Banyak orang yang beranggapan bahwa makanan untuk penderita diabetes tidak boleh manis, tidak enak, atau tidak mengundang selera. Benarkah demikian?? Berikut ini daftar menu makanan sehat untuk penderita diabetes yang dapat menjadi pilihan terbaik untuk mengendalikan kadar gula darah anda.

1. Nasi merah

Nasi merah bisa menjadi pilihan terbaik sebagai pengganti nasi putih yang sudah menjadi tradisi masyarakat kita. Nasi yang ditanak dari beras merah ini diketahui memiliki kadar gula yang lebih rendah dibandingkan nasi putih. Lebih baik lagi pilih beras merah organik yang diketahui memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes.

BACA JUGA:  Ingin Gemuk? Ikuti Cara Menambah Berat Badan yang Cukup Simpel ini!

2. Ubi jalar

Ubi jalar juga bisa menjadi makanan alternative yang baik bagi penderita diabetes. Makanan ini bisa menjadi sumber karbohidrat dengan rasanya yang manis tanpa takut kadar gula darah akan naik. Kadar indeks glikemik ubi jlaar cukup sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

3. Oatmeal

Makanan sumber karbohidrat lainnya yang aman untuk pendrita diabetes adalah outmeal. Untuk menambah cita rasanya agar lebih enak anda bisa menambahkaan buah-buahan seperti strawberry atau pisang.

4. Sayur bayam

Jenis lauk jenis sayuran yang baik untuk penderita diabetes adalah sayur bayam. Bayam diketahui memiliki nutrisi lutein yang bermanfaat untuk penderita diabetes dan bisa diolah menjadi lalapan ataupun sayuran yang enak.

5. Brokoli

Brokoli juga baik untuk penderita diabetes karena sayuran ini diketahui mengandung senyawa sulforaphane yang bermanfaat untuk melindungi sekaligus memperbaiki dinding pembuluh darah dari kerusakan kardiovaskular akibat diabetes.

6. Tomat

Buah tomat ternyata mengandung likopen dan lutein yang berfungsi untuk melindungi pembuluh darah dan ginjal dan mencegah terjadinya penggumpalan darah akibat diabetes. Buat menjadi jus tomat tanpa gula dan minum setiap hari untuk manfaat yang optimal.

7. Ikan laut

Ikan laut diketahui memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk penderita diabetes. Ikan salmon, tuna, ataupun sarden mengandung omega 3. Untuk mempertahankan nilai gizinya sebaiknya ikan diolah dengan cara dikukus atau dipanggang. Hindari makan ikan tongkol atau jenis lainnya yang mengandung kadar merkuri tinggi.

8. Daging

Penderita diabetes juga bisa makan daging. Yang terlarang bagi diabetes adalah bagian lemaknya. Selain itu, daging sebaiknya diolah dengan cara dikukus atau dipanggang dan bukan dimasak biasa.

Itulah sejumlah pilihan makanan untuk penderita diabetes yang bisa tetap manis dan enak tanpa mengganggu aktivitas anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here