7 Jenis Buah Untuk Diabetes yang Aman dan Aturan Makannya

0
40
Buah Untuk Diabetes
Buah Untuk Diabetes

SPESIAL.NET – Siapa bilang makan buah untuk diabetes adalah hal yang terlarang? Kandungan serat dan nutrisi yang ada dalam buah juga dibutuhkan penderita diabetes. Meskipun begitu penderita diabetes yang ingin mengkonsumsi buah harus tetap hati-hati dan selektif karena banyak jenis buah yang tidak baik dan bisa mempengaruhi kadar gula darah.

Dalam tulisan kali ini akan dipaparkan buah-buahan apa saja yang bisa dan boleh dimakan oleh penderita diabetes. Namun sebelum membahas tentang ragam buah itu, dibawah ini dipaparkan sejumlah aturan makan buah bagi penderita diabetes yang dikutipkan dari berbagai referensi kesehatan.

Aturan Makan Buah Penderita Diabetes

Pilih Buah yang Indeks Glikemik-nya Rendah

Indeks glikemik (IG) merupakan ukuran tentang efek suatu makanan dalam mempengaruhi kadar gula dalam darah. Makin rendah IG-nya maka makin baik untuk diabetes. Mengenal kadar IG yang terdapat dalam buah atau makanan sangat penting agar anda tidak mengalami gangguan.

Pilih Buah Segar

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari kanduungan serat dan nutrisi buah, sebaiknya pilih buah segar untuk dimakan. Sebaliknya, hindari makan buah yang telah dikeringkan ataupun buah yang dibuat jus.

Buah kering umumnya memiliki kandungan karbohidrat yang jauh lebih tinggi dibanding buah alami, apalagi tak jarang ada tambahan gulanya sebagai pemanis atau pewarna. Begitu juga jus buah juga bisa menyebabkan gula darah naik dan rendah kandungan seratnya.

Mengkombinasikan Buah

Cara lainnya agar buah yang dimakan penderita diabetes tidak sampai mempengaruhi gula darah adalah dengan memadukannya dengan buah atau makanan lain yang rendah gula.

Jangan Berlebihan

Kandungan karbohirat maupun nutrisi dalam buah berbeda-beda tergantung jenis buahnya. Agar tidak mengganggu kadar gula dalam darah sebaiknya batasi konsumsi buah anda agar tidak melebihi 3 porsi setiap harinya. Cek juga kondisi gula darah setiap kali makan untuk mengetahui buah yang dikonsumsi tidak mempengaruhi kadar gula anda.

7 Jenis Buah Untuk Diabetes yang Baik dan Aman Dikonsumsi

Lantas buah apa saja yang baik dan aman dikonsumsi penderita diabetes? Berikut ini tak kurang dari 13 jenis buah untuk diabetes yang baik dan aman dikonsumsi yang sebaiknya anda tahu.

BACA JUGA:  Anda Ingin Selalu Sehat? Perhatikan Tips Kesehatan Gigi Ini!

1. Buah Kiwi

Selain baik untuk mendukung program diet, buah kiwi juga termasuk jenis buah yang baik, aman, dan sangat direkomendasikan untuk penderita diabetes karena bisa menurunkan tingkat gula darah tubuh.

2. Buah Strawberry

Buah berwarna merah menyala ini dikenal rendah gula sehingga aman untuk diabetes. Selain itu , buah strawberry ini juga kaya zat antioksidan dan vitamin C yang cukup tinggi yang sangat penting untuk meningkatkan metabolisme dan sistem kekebalan tubuh

3. Buah Peach

Buah ini juga dikenal rendah gula namun kaya antioksidan dan kandungan seratnya sehingga aman dan baik untuk penderita gula darah. Makan buah ini dalam bentuk segar untuk manfaat yang optimal.

4. Buah Melon

Buah yang manis segar ini kadar gulanya ccukup rendah namun kaya air, potassium, dan vitamin K yang baik untuk melancarkan pencernaan dan membantu menurunkan berat badan. Buat potongan kecil-kecil untuk jadi cemilan yang sehat dan enak.

5. Buah Blackberry

Kadar gula dalam buah ini hanya sebesar 4-5 gr gula saja sehingga cukup aman untuk diabetes. Namun Blackberry juga kaya dengan kandungan vitamin K dan mangan yang penting untuk menjaga kesehatan mulut.

6. Buah Pepaya

Buah pepaya kaya dengan vitamin A dan nutrisinya terbilang lengkap. Selain enak, anda bisa memadukan buah ini dengan buah atau makanan lain saat mengkonsumsinya.

7. Buah Lemon

Selain rendah gula, lemon juga kaya vitamin C yang bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh Anda. Untuk menambah rasa, anda bisa menikmatinya bersama dengan teh hangat.

Itulah beragam jenis buah untuk diabetes yang aman dan baik dikonsumsi beserta aturan makannya yang sebaiknya anda perhatikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here