10 Ide Furnitur Praktis untuk Kamar Tidur Sempit

0
130
10 Ide Furnitur Praktis untuk Kamar Tidur Sempit
10 Ide Furnitur Praktis untuk Kamar Tidur Sempit

Kamar adalah tempat paling privasi bagi Anda. Di sana Anda akan menghabiskan waktu untuk beristirahat dan mempercantik diri sebelum berangkat beraktivitas. Namun, kamar yang sempit sering terlihat berantakan karena terbatasnya ruang gerak Anda akibat penggunaan furnitur yang kurang efektif. Berikut 10 ide furnitur bermanfaat yang bisa melengkapi kamar tidur sempit Anda dan tentunya sangat penting untuk membuat kamar Anda makin nyaman.

10. Meja Rias Wall-Mounted

Meja Rias Wall Mounted
Meja Rias Wall Mounted

Cara terbaik untuk membuat kamar tidur kecil tampak lebih besar adalah dengan menjaga lantai tetap bersih. Oleh karena itu, Anda perlu menyingkirkan kesan kacau dalam ruangan dan mengubahnya menjadi lebih rapi dengan menggunakan furnitur yang tepat. Sebagai contohnya, cobalah meletakkan furnitur seperti meja rias yang terpasang di dinding ini.
Meja rias ini tentu sangatlah berguna. Bagian tepi meja yang bersih mampu memberikan tampilan minimalis gaya modern. Kehebatan lain dari meja ini adalah adanya dua laci yang dapat digunakan untuk menyembunyikan perlengkapan rias wajah Anda dan beberapa pengait di bawahnya untuk menggantung dompet Anda. Anda bisa mendapatkan meja yang luar biasa ini di IKEA. Tetapi jika ingin lebih menghemat, Anda dapat membuatnya sendiri dengan panduan membuat meja-DIY di internet.

9. Manfaatkan Headboard sebagai Rak

Headboard Dengan Rak
Headboard Dengan Rak

Anda perlu cermat memanfaatkan tiap cela yang ada di dalam kamar sempit Anda, termasuk ruang canggung di belakang kepala tempat tidur. Ruang ini sebenarnya adalah tempat yang sempurna untuk menyimpan barang-barang Anda. Jadi, yang perlu Anda lakukan adalah mendapatkan headboard dengan rak bawaan. Di IKEA Anda akan menemukan headboard semacam ini yang memiliki rak tersembunyi untuk menyimpan buku atau barang apa pun yang Anda inginkan tetap berada dalam jangkauan yang mudah.
Jika kondisi keuangan sedang terbatas, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Yang Anda perlukan untuk membuat headboard ini adalah papan, paku, palu, dan minyak siku.

8. Ruang Penyimpanan di Bawah Tempat Tidur

Penyimpanan Di Bawah Tempat Tidur
Penyimpanan Tersembunyi di Bawah Tempat Tidur

Jangan sia-siakan ruang di bawah tempat tidur Anda karena di sini Anda bisa menambahkan beberapa laci di dalamnya yang tentunya sangat mudah dibuat dari laci yang sudah tidak digunakan atau peti kayu bekas. Kemudian, pastikan bahwa ukuran peti tersebut sesuai dengan ruang di bawah tempat tidur Anda. Setelah itu, ampelaslah kotak secara menyeluruh dengan hati-hati hingga permukaannya halus. Lalu catlah dengan warna yang selaras dengan bingkai ranjang Anda. Agar lebih mudah digunakan, tambahkan empat roda kastor di bagian bawah kotak sehingga Anda akan lebih mudah untuk menariknya keluar dan mendorongnya ke dalam kolong ranjang Anda.

BACA JUGA:  Kilauan Indah Pemandangan Air Mancur Jembatan Suroboyo

7. Rak Pojok Serbaguna

Siapa yang bisa menduga bahwa bagian sudut ruang dapat diubah menjadi ruang penyimpanan yang fantastis? Rak sudut ini tentu telah membuktikan bahwa Anda tidak boleh mengabaikan sudut ruang sempit di kamar tidur Anda.

Rak Pojok
Rak Pojok Serbaguna

Untuk membuat rak ini, Anda membutuhkan standar rak, braket rak, papan kayu dengan lebar 7″dan 12″, mata bor 1/8″ dan sekrup untuk memasang standar rak ke dinding.
Setelah bahan dan perlengkapan sudah siap, pasang standar rak ke stud dinding menggunakan sekrup. Kemudian, pasang braket rak setelah Anda menentukan desain rak yang ingin Anda terapkan di sana. Langkah selanjutnya, letakkan papan di atas braket rak. Setelah itu rak sudut ini pun dapat menampung buku-buku, pernak-pernik, dan file lain tanpa mengorbankan ruang berharga yang Anda miliki di kamar tidur Anda.

6. Rak Pojok Stand TV 

Jika Anda hobi menonton TV di dalam kamar, ide ini tentu sangat cocok untuk Anda. Dari pada membeli dudukan TV besar yang membutuhkan banyak ruang, Anda cukup meletakkan TV dan dudukannya di sudut kamar dengan cara yang lebih praktis.

Pojok TV Stand
Rak Pojok Stand TV

Untuk mengaplikasikan ide tersebut, Anda dapat membuat rak sudut TV ini dengan cara yang sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan dua papan kecil dan kurung siku L untuk mendukung papan. Jika Anda mengencangkan braket dan papan dengan benar, tentu rak ini cukup kokoh untuk menampung DVD player dan CD Anda. Selain itu, untuk meletakkan TV di salah satu sudut kamar seperti ini, Anda pun dapat membeli braket pemasangan TV sudut yang dapat disesuaikan dengan keinginan Anda.

BACA JUGA:  Harga dan Review Nasi Bebek Sayang Anak Cak Yudi Surabaya

5. Cermin dengan Ruang Penyimpanan Tersembunyi

Sebuah cermin pasti akan mendatangkan banyak manfaat jika diletakkan di kamar Anda. di situ Anda dapat memeriksa ulang penampilan Anda sebelum pergi ke pesta atau jalan-jalan santai ke luar rumah. Selain itu, cermin dengan ukuran yang cukup besar juga akan memantulkan lebih banyak cahaya yang akan membuat kamar tidur Anda tampak lebih terang dan lapang.

Cermin Dengan Penyimpanan Tersembunyi
Cermin dengan Ruang Penyimpanan Tersembunyi

Namun, jika Anda bosan dengan model cermin yang menggantung atau menyandarkannya ke dinding, Anda dapat mencoba menggunakan cermin dengan desain seperti ini yang sekaligus menambahkan ruang penyimpanan tersembunyi di dalamnya. Jadi, saat Anda membuka pintu cermin, Anda akan menemukan banyak pengait dan rak yang dapat digunakan untuk menyimpan perhiasan atau aksesoris cantik Anda lainnya dengan lebih rapi dan aman.

4. Meja Kerja yang Unik

Meja Kerja
Meja Kerja yang Unik

Anda ingin tetap bisa melakukan pekerjaan dengan nyaman tanpa meninggalkan tempat tidur Anda? Sepertinya Anda perlu mendapatkan meja kerja di tempat tidur ini yang bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Meja ini memiliki beberapa sambungan yang dapat diatur sesuai dengan ukuran ranjang apa pun. Jika Anda membutuhkan ruang ekstra untuk bekerja dengan komputer Anda atau hanya menikmati sarapan di atas tempat tidur, meja ini juga menyediakan baki yang dapat menyempurnakan keinginan Anda tersebut.

3. Meja Samping dengan Roda Kastor

Meja Samping Dengan Kastor
Meja Samping dengan Roda Kastor

Meja samping kecil ini adalah pilihan terbaik untuk digunakan di kamar tidur kecil Anda. Ini bukan hanya meja samping biasa karena di situ juga memiliki ruang penyimpanan yang cukup. Di meja ini terdapat kubus dan kantong samping yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan koran dan majalah. Sedangkan kantong di bagian atasnya juga dapat dimanfaatkan untuk meletakkan ponsel dan remote pada tempatnya. Jika Anda membutuhkan ruang ekstra untuk meletakkan minuman Anda, daun meja ini juga bisa ditarik keluar secara fleksibel. Selain itu, hal lain yang paling mengagumkan dari meja samping ini adalah adanya roda kastor yang akan memudahkan Anda saat ingin memindahkan meja tersebut di mana pun Anda mau.

BACA JUGA:  Harga Tiket Waterboom Raksasa Caribbean Island Water Park dan Keunikannya

2. Tempat Tidur Murphy

12 DIY Murphy Bed Projects For Every Bud Collection Of Diy Queen Murphy Bed
Tempat Tidur Murphy

Tinggal di apartemen yang sempit memang akan membatasi ruang Anda dalam gerak. Dan jika tempat tidur Anda terlalu kecil, jangan berkecil hati! Dengan membeli atau membuat tempat tidur Murphy ini, Anda tetap dapat beristirahat dengan nyaman. Saat Anda ingin mendapatkan ruang yang lebih lapang untuk beraktivitas di sana, ranjang ini juga dapat dilipat ke dinding dengan cara yang mudah.
Beberapa model tempat tidur Murphy yang lain juga menyediakan rak yang dapat dimanfaatkan untuk mengatur buku ataupun barang dekoratif Anda. Ini sebenarnya adalah proyek ramah-DIY yang bisa Anda buat di rumah. Tetapi jika Anda tidak punya waktu untuk melakukannya, Anda bisa mendapatkan tempat tidur Murphy ini di toko mebel terdekat.

1. Rak di Bawah Langit-langit

Rak Bawah Langit Langit
Rak di Bawah Langit-langit

Membuat rak yang menempel di dinding, tepat di bawah langit-langit kamar adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk mengubah ruangan makin terlihat lapang. Seperti yang Anda tahu, ruang di bawah langit-langit seperti ini memang sering dibiarkan tidak digunakan. Padahal ruang kosong ini bisa menjadi tempat yang sempurna untuk memasang rak yang dapat mempercantik kamar tidur Anda. Di sana Anda bisa memajang koleksi boneka, mainan, buku, ataupun aksesoris ruangan lainnya yang akan memperindah kamar Anda. Dengan cara ini tentu akan membuat siapa pun yang masuk ke dalam kamar sempit Anda berpikir bahwa kamar Anda terasa lebih lapang, menawan, dan berbeda dari sebelumnya.

Memiliki kamar tidur yang kecil tidak terlalu buruk, bukan? Dengan memiliki furnitur yang praktis terutama yang memiliki lebih dari satu fungsi, Anda pasti dapat menikmati kenyamanan yang lebih baik di kamar Anda. Jadi, ide manakah yang berhasil memikat hati Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here