10 Ide Makeover Ruang Tamu Kecil

0
159
10 Small Living Room Makeover Ideas Via Simphomefeatured 696x392
10 Ide Makeover Ruang Tamu Kecil

Ruang tamu adalah ruang yang tepat apabila Anda ingin menerima tamu-tamu spesial Anda. Tapi, apakah ruang tamu Anda terkesan sempit dan terbatas? Jika iya, beberapa orang memang tidak punya pilihan lain kecuali bertahan dengan ruang terbatas tersebut. Namun, Anda tidak perlu khawatir dan jangan melihat ruang tamu kecil Anda sebagai sesuatu yang membosankan dan kurang sempurna untuk menerima tamu karena dengan mencermati 10 ide makeover ruang tamu kecil berikut, tentu Anda akan menemukan ispirasi yang tepat untuk mengubah ruang tamu Anda menjadi lebih menarik. Berikut ulasan selengkapnya untuk Anda!

Klik Saja Sepuasnya!

10. Gunakan Furnitur Multiguna

Gunakan Furnitur Multiguna
Gunakan Furnitur Multiguna

Anda mungkin sering mendapatkan saran tentang pilihan penggunaan perabotan untuk ruang tamu Anda yang kecil. Salah satunya adalah penyederhanaan furnitur. Menyingkirkan beberapa furnitur justru membuat ruangan tidak terasa nyaman dan itu adalah pilihan yang kurang tepat. Oleh karenya, solusi terbaik yang bisa Anda adopsi adalah berinvestasi pada furnitur serbaguna. Mengganti meja ruang tamu utama Anda dengan ottoman besar akan menjadi pilihan yang tepat. Anda pun dapat menyimpan barang-barang kecil untuk menjaga ruang tamu Anda tetap rapi. Ketika kaki sudah mulai lelah, Anda dapat meregangkan kaki dan beristirahat sejenak di antara ruang yang kini sudah terasa lapang dan nyaman.

9. Pilih Furnitur Tepat untuk Tempat yang Tepat

Pilih Furnitur Tepat Untuk Tempat Yang Tepat
Pilih Furnitur Tepat untuk Tempat yang Tepat

Hal paling menantang dan perlu ditangani dengan segera untuk ruang tamu yang terbatas adalah mengamati tipe ruang tamu Anda terlebih dahulu, kemudian pilihlah furnitur yang tepat. Jika Anda sempat berpikir bahwa hanya akan meletakkan furnitur minimalis dalam ruang, maka Anda perlu menyingkirkan ide itu terlebih dahulu. Karena untuk model ruang tamu terbatas dengan sisi terowongan seperti ini, sofa sectional besar yang menempel ke dinding dan satu atau dua kursi simple di sudut yang lain akan menjadi sisi paling menarik di ruangan Anda. Pemanfaatan kursi tersebut dapat menjadi tempat yang cocok untuk mempertahankan percakapan Anda dengan orang terkasih, meskipun ada TV di ruang tamu tersebut.

BACA JUGA:  Ingin Melihat Meriam Secara Langsung? Datang Saja ke Museum Loka Jala Crana Surabaya

8. Biarkan Cahaya Alami Masuk

Biarkan Cahaya Alami Masuk
Biarkan Cahaya Alami Masuk ke Dalam Ruangan

Ketika masuk ke dalam ruang terbatas, pencahayaan yang sempurna memiliki peran yang sangat penting untuk menciptakan rasa yang lebih hangat. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memamerkan jendela di ruangan itu. Caranya, tarik kembali tirai sehingga cahaya alami bisa masuk ke ruang tamu dan biarkan senyum cahaya itu menerobos ke setiap sisi di dalam ruangan. Jika memungkinkan, buka jendela tersebut sehingga udara segar bisa masuk di dalam ruang tamu dan mengubah suasana ruang menjadi lebih sejuk.

7. Beri Sentuhan Berbeda pada Langit-langit

Beri Sentuhan Berbeda Pada Langit Langit
Beri Sentuhan Berbeda pada Langit-langit

Apa pun yang ada di ruangan yang sempit tentu dapat menarik perhatian setiap orang yang masuk ke dalam ruang tersebut. Nah, untuk menciptakan ilusi ruang yang lebih besar dari kenyataannya, Anda perlu memberikan perhatian yang lebih untuk langit-langit ruang tamu Anda. Caranya, Anda dapat menambahkan sentuhan yang berbeda dengan menerapkan seni lukis atau menempelkan wallpaper di langit-langit ruangan. Melalui warna dan pola wallpaper tersebut tentu akan berhasil menghipnotis tatapan mata tamu Anda untuk fokus pada langit-langit selama beberapa detik dan berpikir bahwa ruang tamu Anda lebih besar daripada yang sebenarnya.

6. Gunakan Warna Netral

Gunakan Warna Netral
Gunakan Warna Netral

Warna gelap memang dapat membuat ruang tamu Anda terlihat lebih elegan dan berani. Namun sebenarnya, warna gelap justru akan membuat ruangan terlihat lebih terbatas.
Sebagai penggantinya, Anda dapat memiilih warna yang lebih terang dan netral seperti putih, krem, atau abu-abu muda untuk diterapkan di dinding ruang tamu yang sempit. Skema warna yang lebih terang terutama putih, dapat menghilangkan perasaan ruang tertutup dan mengubahnya menjadi ruang terbuka dan lapang. Tetapi, jika Anda berpikir bahwa hanya akan menggunakan satu atau dua warna malah cenderung membosankan, Anda dapat menambahkan beberapa sentuhan warna yang berbeda namun tidak terlalu mencolok di ruangan tersebut.

BACA JUGA:  Kafe Surga Teddy Bear di Surabaya, One Pose Cafe

5. Jendela yang Lebih Besar

Jendela Yang Lebih Besar
Jendela yang Lebih Besar

Jika ruang tamu Anda telah memiliki jendela yang cukup besar, tentu ruang tamu kecil Anda terlihat luar biasa dan lebih luas. Tetapi jika jendela di ruang tamu Anda tidak sebesar itu, Anda masih bisa memalsukan tampilannya demi menciptakan suasana yang lebih lapang. Oleh karena itu, Anda perlu menampilkan nuansa romawi dengan menambah beberapa inci tirai di atas jendela dan di kedua sisi jendela, yang sedikit lebih lebar dan lebih panjang dari ukuran jendela sebenarnya. Kemudian, gantungkan tirai tipis di kedua ujung naungan itu. Dengan ide ini, Anda pun telah berhasil mengubah ruangan tamu Anda menjadi lebih baik dan kian menakjubkan.

4. Sisi yang Lebih Besar, Lebih Baik

Sisi Yang Lebih Besar, Lebih Baik
Sisi yang Lebih Besar, Lebih Baik

Selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa ruangan tamu yang sempit akan terlihat lebih bagus jika diisi dengan barang-barang yang kecil dan penuh variasi. Padahal, penggunaan perabotan tersebut akan menimbulkan kesan “ramai” di dalam ruangan. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan ide lain, jika ada seseorang menyarankan Anda agar menggunakan interior yang lebih besar untuk diletakkan di ruang tamu kecil Anda. Dan sebagai solusi yang lebih tepat adalah Anda bisa meletakkan sofa single dan armless, sofa tanpa sandaran seperti ini, yang tetap membuat Anda leluasa untuk bergerak. Selain itu seni dinding besar di sisi yang lain, juga dapat mempercantik ruang tamu Anda.

3. Tambahkan Cermin Besar

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan ruangan yang makin menawan. Salah satunya, Anda dapat mencoba menggantung cermin dengan bingkai yang indah untuk membuat seni dinding yang bagus atau menyandarkan cermin panjang ke dinding seperti ini. Penempatan cermin besar dalam ruangan juga membantu pikiran Anda lebih rileks dan jauh dari kejenuhan.

BACA JUGA:  10 Ide Kamar Tidur Nyaman untuk Pemilik Kamar Tidur Kecil
Tambahkan Cermin Besar
Tambahkan Cermin Besar

Cahaya yang cukup –baik alami ataupun buatan- memiliki peran penting untuk membuat ruang tamu yang kecil menjadi lebih lapang. Jadi, Anda pun dapat mengoptimalkannya dengan menggantung cermin besar di ruang tamu Anda. Cermin dapat memantulkan cahaya dengan sempurna sehingga ruang tamu Anda akan terlihat lebih cerah dan membuat ruangan terkesan lebih luas.

2. Investasikan pada Furnitur Terapung

Investasikan Pada Furnitur Terapung
Investasikan Pada Furnitur Terapung

Hadirkan kesan longgar dan rapi di dalam ruang tamu Anda. Maka Anda perlu memasang rak gantung untuk menyimpan buku atau barang-barang yang jarang digunakan di sana. Hal itu juga akan menjaga lantai tetap bersih dan menghadirkan suasana luas dalam ruang tamu Anda. Tanpa meninggalkan kisah, Anda dapat pula memajang beberapa foto yang menampilkan sisi sejarah dalam kehidupan Anda, sekaligus menjadi hiasan dinding yang cantik di ruangan tersebut.

1. Harmonikan Furnitur dengan Dinding

Harmonikan Furnitur Dengan Dinding
Serasikan Warna dalam Ruangan

Memberikan harmoni antara perabotan dan dinding tentu akan membuat suasana dalam ruang mengalir menjadi satu kesatuan yang menarik. Selain itu, keberhasilan Anda dalam memadukan furnitur dan segala sesuatu yang terdapat di dalam ruang tamu tersebut akan membantu Anda menciptakan ilusi ruang tamu yang lebih luas. Hasilnya, Anda pun telah berhasil menghidupkan suasana syahdu dalam ruangan secara lebih komplet.

Harmonikan Furnitur Dengan Dinding B
Harmonisasi Furnitur dengan Dinding

Itulah 10 ide makeover untuk ruang tamu kecil Anda. Ide di atas memang tidak akan menambahkan luas ruangan secara nyata, tetapi kehadirannya akan mengubah suasana sempit menjadi lebih lapang. Selain itu, gaya yang disajikan dalam interior ruangannya pun mampu menciptakan kenyamanan bagi siapapun yang berkunjung dan singgah di sana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here